PERSONAL
Jessica Hilda Mauboy atau yang lebih dikenal dengan nama Jessica Mauboy adalah seorang penyanyi R&B, pencipta lagu, dan aktris asal Australia. Dia mengenal dunia musik semenjak dia berusia masih sangat muda. Neneknya mengikutkannya dalam sebuah grup paduan suara gereja setempat, dan dari sinilah bakat menyanyinya semakin berkembang, tentunya juga dengan bantuan keluarganya yang juga mengenal dunia musik.

KARIR
Saat Jessica berusia 14 tahun, dia mengikuti sebuah kompetisi menyanyi “ Telstra Road to Tamwoth” pada acara Telstra Country Music Festival 2004. Kemenangannya dalam ajang ini mengantarkannya pada sebuah kontrak kerja dengan Sony BMG Australia untuk pertama kalinya. Dia menyanyikan versi country dari lagu berjudul Girls Just Wanna Have Fun milik Cyndi Lauper.

Pada tahun 2006, dia mengikuti ajang adu bakat Australian Idol 4 dan dia berhasil menjadi runner-up. Keikutsertaannya di dalam ajang ini sempat menuai kontroversi yang disebabkan oleh kontrak kerjanya dengan Sony BMG. Namun, klarifikasi dari Grundy Television berhasil meloloskannya untuk tetap mengikuti ajang ini.

Pada 24 Februari 2007, Jessica Mauboy merilis album perdananya, The Journey. Album ini menempati peringkat keempat di ARIA Albums Chart.

Pada 26 September 2007, Jessica resmi menjadi anggota Young Divas, menggantikan Ricki-Lee Coulter yang menyatakan keluar pada Juni 2007 dan memilih untuk bersolo karir. Lagu pertamanya semenjak ia bergabung dalam Young Divas berjudul Turn Me Loose, yang dirilis pada November 2007 dan menempati peringkat ke-15 ARIA Singles Chart.

Pada pertengahan 2008, dia mulai menciptakan dan merekam album solo perdananya. Pada 22 November 2008, dia merilis album tersebut, dimana di dalam album ini tampak kepiawaiannya bernyanyi R&B. Album ini menempati posisi ke-16 ARIA Albums Chart dan berada dalam ARIA Top 50 selama 59 minggu. Selain itu, album ini juga meraih penghargaan double platinum. Jessica sendiri dinominasikan dalam ARIA Music Awards untuk albumnya Been Waiting.

Pada Mei 2010, Jessica berkolaborasi dengan empat artis internasional yang mewakili empat benua, Sean Kingston (Amerika), Jody Williams (Afrika), Tabitha Nauser (Asia), Steve Appleton (Eropa). Mereka menyanyikan lagu berjudul Everyone yang digunakan sebagai lagu tema Summer Youth Olympics 2010. Mereka tampil pada pembukaan acara tersebut pada 14 Agustus 2010 lalu.

Pada 5 November 2010, Jessica merilis album keduanya, Get 'Em Girls. Dia mengerjakan album ini di Los Angeles, New York, dan Atlanta bersama pencipta lagu dan produser Amerika yang dia belum pernah bekerjasama sebelumnya.

PENGHARGAAN
ARIA Music Awards
2009
*Best Pop Release
*Breakthrough Artist – Album
*Highest Selling Album
Running Back:
*Breakthrough Artist Single (with Flo Rida)
Burn :
*Highest Selling Single
Herself:
*Best Female Artist

APRA Awards
2009
Running Back (with Flo Rida):
Urban Work of the Year
2010
Jessica Mauboy
*Breakthrough Songwriter of the Year
Been Waiting:
*Most Played Australian Work
*Urban Work of the Year

FILMOGRAFI
2010 BRAN NUE DAE

Oleh: Lusiana Distika Sari

Baca Profil Lengkap Jessica Mauboy ▼