PERSONAL

 

Jflow bernama lengkap Joshua Matulessy lahir pada tanggal 6 april 1980. Namanya mulai didengar ketika ia berkolaborasi dengan Vidi Aldiano pada lagu Nuansa Bening.

 

Nama Joshua sendiri diambil dari Alkitab dan memiliki arti “Sang Penyelamat”. Matulessy adalah nama famili (marga) dari Maluku. Nama JFlow (sebagian orang menulisnya J-Flow atau J Flow) mulai melekat ketika bergabung di grup musik hiphop Saykoji di tahun 2003. Nama itu diberikan oleh Igor a.k.a Saykojikarena karakter cara rapnya yang mengalir mengikuti nada dan tidak terpatah2 seperti pada umumnya rapper lain.

 

Saat berusia 7 tahun, ayah JFlow meninggal dunia. Kejadian ini yang membuat JFlow melihat sosok tegar Ibundanya yang membuat ia menaruh rasa hormat kepada setiap wanita. 

 

Rapper yang khas dengan jas dan penampilan yang rapi ini pernah mendapatkan beasiswa semasa kuliahnya. Dari hal itu, ia belajar untuk menjadi disiplin dan pandai mengatur waktu. Ia pernah aktif dalam sebuah talkshow politik bersama Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika dan Ronald Surapradja.

 
 

KARIR

 

Langkah pertamanya di dunia musik adalah masa dimana ia sedang kuliah dan mengenal Igor Saykoji yang kemudian mengajaknya untuk bergabung dalam Saykoji.  Igor kemudian memberi panggilan rapper bernama lengkap Joshua Matulessy ini JFlow karena cara nge-rap nya yang mengalir atau flow. 

 

Pada tahun 2005, ia memutuskan untuk bersolo karir. Ia berusaha keras untuk membuat lagu ciptaannya diputar di radio. Album pertamanya yang didistribusikan oleh Demajors Indonesia rilis tahun 2008, berjudul FACING YOUR GIANTS. Kemudian ia memutuskan untuk menyudahi kontraknya dengan salah satu perusahaan rekaman yang menaungi album pertamanya.

 

Selepas album pertama, ia yang saat itu sudah keluar dari perusahaan rekaman yang menaunginya memutuskan untuk meluncurkan sebuah single yang awalnya diragukan oleh banyak pihak. Namun, karena kerja kerasnya lah, single WOW akhirnya diputar di radio. Kemudian ia merilis single kedua berjudul Harapan

 

Karena mendapat respon yang positif, ia juga sempat mengisi bagian rap pada lagu Nuansa Bening yang dinyanyikan oleh Vidi Aldiano. Kemudian pada tahun 2011. ia mengeluarkan albumnya yang kedua yang bertajuk DREAMBRAVE. Single yang diandalkan dari album ini adalah We Are One. Singlenya tersebut pernah dinyanyikan pada saat upacara bendera pada hari kemerdekaan Indonesia, tahun lalu.

 

Selain berkolaborasi dengan Vidi Aldiano, JFlow pernah berkolaborasi dengan musisi lainnya seperti Titi DJ dan Darajana dalam lagu Dasar Lelaki. Bersama aktris Hannah Al Rashid ia juga menyumbang suara dalam single terbaru milik Bayu Risa berjudul Desire. Pada bulan Juli 2012 ia juga kembali terlibat dalam proyek duet bersama Sonja Agustina dalam lagu Senyuman Pagi.

 

Dalam rangka menunjukkan kepeduliannya terhadap bencana banjir dan longsor di Ambon pada bulan Juli 2012 lalu, JFlow bersama 22 musisi ternama lainnya seperti Barry Likumahuwa, Melanie Subono, Tompi dan Mike Mohede membentuk proyek E.F.A (Everyone For Ambon). Dalam proyek ini mereka merekam dan menyanyikan lagu Harapan ciptaan JFlow yang diaransemen oleh Barry Likumahuwa. 
 

DISKOGRAFI

 

2008 FACING YOUR GIANTS

2011 DREAMBRAVE

 

 

 

Baca Profil Lengkap JFlow ▼



Show More ▼