PERSONAL
Joan Jett terlahir dengan nama lengkap Joan Marie Larkin pada 22 September 1958 di Wynnewood, Philadelphia, Pennsylvania. Dia mengganti namanya menjadi Jett setelah kedua orangtuanya resmi bercerai. Nama Jett ia ambil dari nama ibunya. Joan Jett adalah seorang gitaris musik rock, pencipta lagu, produser, sekalilgus aktris berkebangsaan Amerika.

Wanita yang mengidolakan Suzi Quatro ini mendapatkan gitar pertamanya dari sang ayah sebagai hadiah natal ketika ia berusia 13 tahun. Pemberian gitar ini semakin memberikan semangat baginya, terlebih ketika dia pindah ke West Covina, Los Angeles, yang tentu saja memberinya peluang yang lebih besar untuk berkembang.

KARIR
Ia mengawali karirnya dengan membentuk sebuah bandgirl beraliran rock bernama The Runaways bersama lima orang temannya. Mereka adalah Sandy West, Micki Steele, Jackie Fox, Lita Ford, dan Cherie Currie. Band tersebut berhasil terbentuk pada pertengahan tahun 1970an.

Setelah memiliki sejumlah album, The Runaways melakukan tour ke berbagai negara. Mereka pun menuai kesuksesan terutama di Jepang. Sayangnya, setelah mereka merilis dua album selanjutnya, yakni Waitin' for the Night dan And Now... the Runaways, grup band ini akhirnya bubar pada tahun 1979.

Setelah bubarnya The Runaways, Joan Jett kembali ke Los Angeles. Di sana, dia bertemu dengan seorang produser bernama Kenny Laguna, dimana akhirnya ia merilis album solo perdananya di Eropa pada 17 Mei 1980. Ketika berada di Amerika Serikat, albumnya sempat ditolak oleh 23 perusahaan rekaman, sampai pada akhirnya ia dan Laguna merilisnya di perusahaan rekaman baru milik mereka sendiri, Blackheart Records.

Wanita yang hobi memakai celana kulit ini mulai membentuk band Joan Jett and the Blackhearts. Dia merekrut John Doe, Gary Ryan, Top Jimmy, Eric Ambel, dan Danny untuk bergabung bersamanya. Karir mereka semakin menanjak, hingga Laguna kewalahan mengahadapi permintaan atas album mereka. Dia pun mengajak Neil Bogart untuk bekerjasama dengannya.

Atas prestasi Joan Jett yang luar biasa, media pun menjulukinya sebagai “Godmother of Punk” dan juga “Original Riot Grrrl”. Pada 24 April 2010 lalu, ia menyatakan bahwa dirinya akan mendampingi grup band Green Day di penampilan mereka dalam tur musim panas Eropa. Sedangkan pada Juni 2010 kemarin, Joan Jett and The Blackhearts membuka penampilan Green Day dalam UK tour bersama Frank Turner dan Paramore.

Tak hanya jago di dunia musik, Jett juga cukup mahir di dunia akting. Ia membintangi film pertamanya pada tahun 1981 yang berjudul Urgh! A Music War. Pada tahun 1987, ia beradu akting bersama Gena Rowlands dan Michael J. Fox dalam film garapan Paul Schrader berjudul Light of Day. Ia juga pernah bermain dalam film independen berjudul The Sweet Life dan Boogie Boy. Pada tahun 2002 silam, ia tampil dalam film berjudul By Hook or by Crook.

DISKOGRAFI
Studio Album
1980 JOAN JETT
1981 BAD REPUTATION
1983 ALBUM
1988 UP YOUR ALLEY
1994 PURE AND SIMPLE
2004 NAKED
2006 SINNER

Single
1981 Bad Reputation
1987 Light of Day
1996 Love Is All Around
2002 The Word
2006 Change the World
2007 Androgynous

Oleh: Lusiana Distika Sari

Baca Profil Lengkap Joan Jett ▼