PERSONAL

Joseph Satriani atau yang lebih dikenal dengan Joe Satriani atau Satch adalah seorang komposer dan salah satu gitaris rock instrumental terbaik di dunia. Lahir di New York, USA pada 15 Juli 1956, ia mulai belajar gitar sejak usia 14 tahun. Tahun 1974 ia mulai belajar musik jazz bersama gitaris Billy Bauer dan pianis jazz Lenni Tristani. Setelah mahir, Satriani kemudian menjadi guru gitar dengan salah satu muridnya yang terkenal adalah Steve Vai. Pada tahun yang sama, ia memperdalam ilmu musiknya di Five Towns College.

Tahun 1978 Satriani pindah ke Berkeley, California untuk melanjutkan karir bermusiknya. Setibanya di California ia segera melanjutkan profesinya sebagai pengajar musik. Selain Steve Vai, beberapa gitaris yang pernah berguru pada Satriani antara lain Alex Skolnick, Kirk Hammet (Metallica),  David Bryson (Counting Crows) dan Kevin Cadogan (Third Eye Blind).

Musik-musik Satriani dipengaruhi oleh gitaris beraliran blues-rock seperti Jimi Hendrix, Eric Clapton, Jimmy Page dan Ritchie Blackmore. Sejak tahun 1988 ia sudah memiliki signature guitar-nya sendiri yaitu Ibanez JS Series.

KARIR

Karir bermusik Satriani berawal dari bergabungnya ia dengan band The Squares di San Fransisco. Setelah itu ia diajak bergabung dengan Greg Khin Band yang meski telah lewat masa kejayaannya namun bersedia membantu Satriani dari lilitan utang untuk produksi album pertamanya. Di tahun 1986, nama Steve Vai mulai melejit setelah berduet bersama David Lee Roth. Dalam beberapa interview media, Vai banyak menyebut nama Satriani sebagai salah satu mentornya. Nama Satriani pun mulai banyak dikenal publik.

Satriani kemudian merilis album SURFING WITH THE ALIEN pada tahun 1987. Album ini merupakan album instrumen pertama yang meraih puncak tangga lagu dunia. Tahun 1988 Satriani turut serta dalam pembuatan album band Possessed berjudul THE EYES OF HORROR. Ia juga direkrut oleh Mick Jagger sebagai lead guitarist dalam tur solo perdana Mick Jagger. Tahun 1989 Satriani kembali merilis album FLYING IN A BLUE DREAM yang terinspirasi dari cerita meninggalnya ayahnya ketika album ini masih dalam proses rekaman.

Selain membuat album instrumental, Satriani juga menjadi backing vocal dalam album band Crowded House. Tahun 1992, Satriani merilis album THE EXTREMIST yang meraih sukses di pasaran dengan single andalan Summer Song, Crying dan Friends. Akhir tahun 1993, ia bergabung dengan Deep Purple menggantikan sementara posisi Ritchie Blackmore ketika tur ke Jepang. Melihat suksesnya konser di Jepang, Deep Purple menawarkan Satriani untuk bergabung sebagai personil tetap namun ia menolak karena telah menandatangani kontrak pembuatan solo album dengan label Sony.

Tahun 1996 ia membentuk G3, sebuah tur konser yang terdiri dari 3 orang gitaris rock instrumental yaitu Satriani, Vai dan Eric Johnson. Dalam perjalanannya, tur konser G3 terus berjalan meskipun personilnya berganti. Beberapa nama yang pernah ikut konser bersama Satriani dan G3 antara lain Yngwie J Malmsteen, John Petrucci, Kenny Wayne Shepperd, Robert Fripp, Andy Timmons, Uli Jon Roth, Michael Schenker, Adrian Legg dan Paul Gilbert.

Tahun 1988 Satriani merilis album CRYSTAL PLANET dan ENGINES OF CREATION. Di tahun 2000, ia juga merekam album live konser LIVE IN SAN FRANSISCO dalam format DVD. Beberapa tahun berikutnya Satriani cukup produktif dalam merilis album. Setelah di tahun 2002 ia merilis STRANGE BEAUTIFUL MUSIC, tahun 2004 ia merilis IS THERE LOVE IN SPACE?. Disusul dengan SUPER COLOSSAL dan SATRIANI LIVE! di tahun 2006.

Tahun 2007, Epic/Legacy Recordings merilis kembali album SURFING WITH THE ALIEN untuk memperingati 20 tahun beredarnya rilisan album tersebut. Satriani juga mengeluarkan album berjudul PROFESSOR SATCHAFUNKILUS AND THE MUSTERION OF ROCK dan DVD live recording berjudul LIVE IN PARIS: I JUST WANNA ROCK.  Pada Mei 2008, Satriani membentuk band beraliran hard rock bernama Chickenfoot bersama mantan personil Van Halen, Sammy Hagar, Michael Anthony, juga Chad Smith (RHCP) dan Hagar. Chickenfoot merilis album perdana mereka berjudul Chickenfoot pada tahun 2009 dengan single andalan Oh Yeah, Soap on a Rope dan Sexy Little Thing.


DISKOGRAFI
NOT OF THIS EARTH (1986)
SURFING WITH THE ALIEN (1987)
FLYING IN A BLUE DREAM (1989)
THE EXTREMIST (1992)
TIME MACHINE (1993)
JOE SATRIANI (1995)
CRYSTAL PLANET (1998)
ENGINES OF CREATION (2000)
STRANGE BEAUTIFUL MUSIC (2002)
IS THERE LOVE IN SPACE? (2004)
SUPER COLOSSAL (2006)
PROFESSOR SATCHAFUNKILUS AND THE MUSTERION OF ROCK (2008)
BLACK SWANS AND WORMHOLE WIZARDS (2010)





Komentar