PERSONAL
Pria yang akrab dipanggil Juanes ini lahir di Carolina del Principe, Antioquia, Colombia, pada 9 Agustus 1972 dengan nama lahir Juan Esteban Aristizábal Vásquez. Dia adalah seorang musisi asal Colombia yang sempat menjadi anggota sebuah grup band metal bernama Ekhymosis.

Di balik kesuksesannya berkarir di dunia musik, ia juga sukses dalam membina rumah tangganya. Pada 6 Agustus 2004, dia menikahi seorang aktris yang sekaligus seorang model bernama Karen Martinez yang bertemu dengannya ketika pembuatan salah satu video klipnya, Podemos Hacernos Dano. Dari pernikahannya, keduanya dikaruniai tiga orang anak.

KARIR
Dia mulai merintis karirnya di bidang musik dengan bergabung ke dalam sebuah grup band metal bernama Ekhymosis pada tahun 1988. Pada tahun yang sama, grup band ini merilis album berjudul Nino Gigante. Selama masa jayanya, band ini telah merilis lima album studio dan sempat pula tampil di satu panggung dengan sejumlah artis kenamaan seperti Alejandro Sanz, Aterciopelados, dan Ricky Martin. Pada tahun 1998, ia menyatakan keluar dari grup band ini dan mulai bersolo karir.

Pria berusia 38 tahun ini merilis album solo perdananya, Fijate Bien pada tahun 2000 dan langsung memenangkan tiga penghargaan sekaligus dari Latin Grammy Awards. Album keduanya, Un Dia Normal (A Normal Day) dirilis pada tahun 2002. Album ini diproduksi oleh Gustavo Santaolalla dan meraih sukses di Amerika Latin.

Tak hanya itu, albumnya juga meraih emas di Colombia pada hari pertama penjualannya dan meraih penghargaan platinum dan multi-platinum di beberapa negara seperti Colombia, Mexico, dan Spanyol. Album ini juga mampu mencetak rekor baru di tangga lagu Billboard's Top Latin Albums, yakni menyandang predikat Top 10 selama 92 minggu dan juga mampu bertahan di jajaran lagu selama total dua tahun.

Selain itu, lagunya yang berjudul A Dios le Pido (To God I Pray) juga memberinya sejumlah penghargaan. Lagu ini menduduki peringkat teratas di tangga lagu di 12 negara dan masuk di jajaran musik Billboard Hot Latin Tracks selama 47 minggu berturut-turut. Lagu ini juga mendapat penghargaan Best Rock Song.

Dalam salah satu lagunya dari album kedua yang berjudul Fotografia (Photograph), ia berduet dengan seorang penyanyi pop keturunan Portugis-Canada, Nelly Furtado. Pada tahun 2003, Juanes meraih penghargaan terbanyak di 2003 Latin Grammy Awards, dimana dia mendapatkan lima penghargaan sekaligus, di antaranya Song of the Year, Record of the Year , dan Album of the Year.

Juanes terus dan terus berkarya dan terus meraih penghargaan atas karya-karya. Hingga saat ini, dia telah meraih 17 Latin Grammy yang telah melebihi artis-artis lainnya dan juga memenangkan satu Grammy Award. Tak hanya itu, dia juga mendapatkan penghargaan BMI President's Award pada 2010 BMI Latin Awards. Pada tahun 2010 ini, dia tampil di 2010 FIFA World Cup Kickoff Concert dan juga Macy's Thanksgiving Day Parade di New York.

Tak hanya luar biasa di kancah permusikan, ia juga aktif di beberapa organisasi sosial, hingga pada tahun 2005 dia dinobatkan sebagai satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time. Pada 15 November 2005, dia mendapat penghargaan Goodwill Ambassador di United for Colombia, sebuah organisasi sosial yang memberi penyuluhan tentang dampak adanya tambang batu bara di Colombia. Pada 19 Juli 2006, French Culture Minister Renaud Donnedieu de Vabres memberikan penghargaan kebudayaan tertinggi pada Juanes sebagai "Knight in the order of Arts and Letters" atas andilnya dalam kegiatan sosial.

Pada tanggal 5 Agustus 2009, ia mengumumkan bahwa ia akan menggelar konser Peace Without Borders keduanya di Cuba pada 20 September 2009. Namun, belum sampai konser tersebut digelar, ia mendapat tuduhan bahwa konser tersebut merupakan salah satu wujud dukungan terhadap pemerintahan komunis di Cuba. Juanes membantah tuduhan itu dengan menyatakan bahwa konser yang akan ia gelar sama sekali tak ada kaitannya dengan pemerintahan Cuba.

Pada 20 Agustus 2009, ia menyatakan bahwa ia batal menggelar konser tersebut atas pertimbangan keselamatan. Hal ini terpaksa ia lakukan karena dia sempat menerima sejumlah pesan teror. Namun, karena adanya banyak permintaan dari para penggemarnya, dia akhirnya tetap menggelar konser di Cuba dengan mengusung tema Paz Sin Fronteras (Peace Without Frontiers). Konser itu pun sukses besar dengan lebih dari satu juta orang mengahdiri konser tersebut dan juga 15 artis internasional Cuba yang juga ikut tampil bersamanya.

DISKOGRAFI
Studio Album
2000 FIJATE BIEN
2002 UN DIA NORMAL
2004 MI SANGRE
2007 LA VIDA... ES UN RATICO
2010 P.A.R.C.E


Live Album
2008 LA VIDA... ES UN RATICO (EN VIVO)

Single
2000 Fijate Bien
2001 Nada
2002 A Dios le Pido
2003 Mala Gente
2004 Un Dia Normal
2005 La Camisa Negra
2006 Rosario Tijeras
2007 Me Enamora
2008 Gotas de Agua Dulce
2009 Hoy Me Voy
2010 Yerbatero


Oleh: Lusiana Distika Sari




Komentar