PERSONAL
Rapper berikut merupakan salah satu bintang rap yang sejajar dengan rapper-rapper terkenal seperti Dr.Dre dan Drake, ialah Kendrick Lamar.
Kendrick Lamar Duckworth, atau Kendrick Lamar, lahir di Compton, California 17 Juni 1987. Penyanyi Eddie Kendricks menginspirasi ibu Lamar untuk menyematkan nama Kendricks sebagai bentuk penghormatan. Pada umur 8 tahun, Lamar kecil menonton video klip dari idolanya, Tupac Shakur dan Dr. Dre yang berjudul California Love, dan hal tersebut membawa perubahan besar terhadap hidup Lamar. Dari situ, ia menjadi sangat terinspirasi oleh Tupac Shakur, tidak hanya dalam soal musik, tetapi juga kehidupan kesehariannya. Lamar muda menuntut ilmu di Centennial High School di Compton di mana ia dulu adalah seorang murid yang rajin.

 

KARIR

 

Pada tahun 2003, Lamar merilis proyek rekaman yang dikerjakannya sendiri berjudul YOUNGEST HEAD NIGGA IN CHARGE CLUB dengan nama samaran K-Dot. Rekaman tersebut menarik perhatian label rekaman independen, Top Dawg Entertainment dan Lamar pun ditawari kontrak. Dua tahun berselang, rekaman Lamar selesai. Rekaman yang bernama TRAINING DAY tersebut berisikan 26 lagu.

 

Sepanjang tahun 2006 sampai 2007, Lamar melakukan tur bersama rapper sesama pendatang baru, Jay Rock dan Ya Boy. Mereka bersama-sama menjadi opening act untuk rapper West Coast, Game. Pada tahun 2008, Lamar terlihat muncul di beberapa video klip, seperti pada video klip Jay Rock yang berjudul All My Life. Lamar juga muncul di video CHARLES HAMILTON SHOW, dan ia semakin dikenali. Tak lama, Lil Wayne pun mulai mengontraknya dan Lamar merilis rekamannya di tahun 2009, berjudul C4. Setelah rekaman tersebut keluar, Lamar memutuskan untuk tak lagi menggunakan nama K-Dot dan mulai menggunakan nama lahirnya. Lamar mengeluarkan mini album di tahun yang sama, sekaligus membentuk supergrup Black Hippy bersama Jay Rock, Ab-Soul, dan Schoolboy Q.

 

Sepanjang tahun 2010, Lamar melakukan tur bersama Tech N9ne dan Jay Rock, hingga pada September 2010 rekaman keempatnya, OVERLY DEDICATED, mulai muncul. Secara bertahap, OVERLY DEDICATED dimunculkan dimulai dari cover art hingga rilis secara utuh pada 14 September. Lamar menggaungkan gangsta rap dan street crime di album ini. Dr. Dre tertarik dengan salah satu video Lamar dan akhirnya mengajak Lamar bekerjasama. Bersama dengan Snoop Dogg, album COMPLEX pun lahir dari tangan mereka bertiga.

 

Pada Januari 2011, Lamar yang sedang mengerjakan materi baru pada tahun ini menyatakan bahwa ia hampir menyelesaikannya. Belum ada yang tahu akankah materi tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk album atau rekaman mixtape. Baru pada Juni 2011, RONALD REAGAN ERA (HIS EVILS) dirilis sebagai potongan dari materi album yang dinamainya SECTION.80. Juli 2011 barulah SECTION.80 resmi rilis. Album ini dijual secara digital dan terjual 5.300 kopi. Lamar dianugerahi gelar New King of the West Coast oleh rekan sesama rapper West Coast, Snoop Dogg, Dr. Dre dan Game pada konser West Los Angeles

 

Ada beberapa kejadian pada tahun 2012 yang kurang menguntungkan bagi Lamar. Dimulai dari bocornya lagu Cartoon & cereal yang rencananya akan menjadi debut album studio Lamar. Berlanjut pada peristiwa Top Dawg Entertainment yang akan bergabung dengan Interscope Records dan Aftermath Entertainment. Hal tersebut menandai bahwa karir Lamar sebagai artis independen akan segera berakhir. Akhirnya ia menyetujui album debutnya, GOOD KID, M.A.A.D. CITY berada di bawah naungan baru dari gabungan Top Dawg, Interscope, dan Aftermath. Album GOOD KID, M.A.A.D. CITY resmi rilis pada 22 Oktober 2012, dan terjual 242.122 kopi pada minggu pertama. Sampai pada Juli 2013, album tersebut terjual sebanyak 980.000 kopi dan mendapat penghargaan Platinum dari recording Industry Association of America, dan merupakan penghargaan Platinum pertama untuknya.

 

Lamar sempat membuat kontroversi dengan menyebut dirinya sebagai King of New York, akibatnya banyak rapper New York yang tersinggung akan hal itu. Selepas itu, ia ikut berpartisipasi dalam pembuatan album rapper kawakan, Eminem. Ada lima penghargaan yang dimenangkan oleh Lamar di perhelatan BET Hip Hop Awards di tahun ini, diantaranya adalah Album of the Year dan Lyricist of The Year. Lamar juga masuk dalam tujuh nominasi di Grammy Awards ke 56.

 

DISKOGRAFI
*2010: OVERLY DEDICATED
*2011: SECTION.80
*2012: GOODD KID, M.A.A.D. CITY

 

MIXTAPES
*2003: Y.N.I.C. (HUB CITY THREAT; MINOR OF THE YEAR)
*2005: TRAINING DAY
*2007: NO SLEEP 'TIL NYC
*2009: C4

Baca Profil Lengkap Kendrick Lamar ▼



Show More ▼