PERSONAL
Kings Of Convenience adalah duo folk pop india dari Bergen, Norwegia yang terdiri dari Erlend Oye dan Eirik Glambek Boe. Mereka berdua merupakan grup yang terkenal karena musiknya yang kalem serta nada yang mendayu. Keduanya adalah penulis dari semua lagu-lagu mereka sendiri. Mereka berdua sama-sama terlahir di tahun 1975 dan hanya berbeda satu bulan. Awal mula perkenalan mereka adalah saat keduanya berada di kelas yang sama waktu sekolah. Lagu pertama yang diciptakan adalah sebuah komposisi rap tentang seorang guru mereka. Pada usia 16 tahun, keduanya pernah tergabung dalam sebuah band bernama Skog dengan dua orang teman lainnya. Band tersebut sempat merilis sebuah mini album yang diberi nama TOM, TIDS, TALE sebelum akhirnya bubar dan membentuk Kings Of Convenience.

KARIR
Mereka menandatangani kontrak dengan sebuah label Amerika yaitu Kindercore setelah mengisi di beberapa festival musik Eropa sepanjang musim panas 2009. London menjadi tempat singgah mereka pada tahun 2001 dan album debut mereka QUIET IS THE NEW LOUD akhirnya rilis. Produser dari album tersebut adalah Ken Nelson, orang yang juga mengerjakan album dari Coldplay dan materi ini sempat meraih kesuksesan. Duo ini terinspirasi dari permainan Simon & Garfunkel dan selanjutnya memutuskan untuk lebih memasukkan pesan dan nada yang halus.

Album remix dari QUIET IS THE NEW LOUD pun dirilis dengan nama VERSUS tak lama setelahnya. Selepas itu, grup ini jarang terdengar gaungnya. Oye menghabiskan waktu di Berlin untuk menggarap komposisi solo hingga menelurkan album UNREST. Ia juga memiliki side project dengan nama The Whitest Boy Alive. Hingga pada tahun 2004, album kedua mereka diluncurkan, yaitu RIOT ON AN EMPTY STREET. Video klip dari track I'd Rather Dance With You yang merupakan single kedua meraih penghargaan dari MTV sebagai Best Music Video di tahun yang sama.

Duo ini kembali vakum dari dunia musik dan menimbulkan spekulasi bahwa mereka telah bubar. Sedangkan pada 7 November 2007, mereka menggelar konser di Mexico City serta mengerjakan materi baru di sana. Pada Januari 2008, mereka menggelar pertunjukan di beberapa kota di Norwegia Utara dan Swedia. Mereka kemudian melanjutkan tur menuju Amerika Utara, Amerika Latin serta Eropa. Setahun setelahnya, album mereka yang ketiga dirilis, yaitu DECLARATION OF DEPENDENCE pada 20 Oktober 2009. Mereka sempat terlihat bermain di festival Primavera Sound di Barcelona dan Porto pada Juni 2012.

DISKOGRAFI

ALBUM
*2001: QUIET IS THE NEW LOUD
*2001: VERSUS
*2004: RIOT ON AN EMPTY STREET
*2009: DECLARATION OF DEPENDENCE

MINI ALBUM
*2001: MAGIC IN THE AIR
*2000: PLAYING LIVE IN A ROOM
*2010: KINGS OF CONVENIENCE'S LIVE ACOUSTIC SESSIONS

SINGLE
*1999: Brave New World
*1999: Failure
*1999: Toxic Girl
*2001: Failure
*2001: Toxic Girl
*2001: Winning a Battle, Losing the War
*2005: Know How
*2009: Mrs. Cold
*2009: Boat Behind





Komentar