KOREA

10 Lagu K-Pop yang Paling Banyak Mendapatkan Perfect All-Kill (PAK) dalam Sejarah

Minggu, 20 Juni 2021 20:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Big Hit Music, Kakao M, KOZ Entertainment

Kapanlagi.com - Hampir setiap bulan artis Korea melakukan comeback, yang dari situ biasanya lahir title track atau lagu yang berpeluang menjadi hits. Namun, bukan perkara mudah untuk merajai chart musik di Korea. Apalagi ada lebih dari satu platform musik untuk streaming di sana.

Meski begitu, beberapa lagu K-Pop sukses merajai tangga lagu di setiap platform musik. Apabila mampu meraih urutan pertama di semua platform berdasarkan chart realtime, harian dan minggu, maka akan mendapatkan predikat Perfect All-Kill (PAK).

Itulah kenapa PAK ini sendiri dihitung per jam. Bahkan, saking viral dan terkenalnya, beberapa lagu K-Pop mampu bertengger selama ribuan jam di  chart musik di Korea. Lantas, lagu K-Pop aja saja yang paling banyak mendapatkan PAK dalam sejarah?

1. Dynamite - BTS

Di urutan pertama ada Dynamite dari BTS yang sangat populer pada 2020 lalu. Dynamite mampu mencatatkan rekor fantastis sebanyak total 610 jam PAK setelah merajai semua chart musik di Korea.

Menariknya, lagu ini juga menyapu bersih beragam chart musik di berbagai negara di dunia. Popularitasnya makin moncer, setelah menjadi lagu BTS sekaligus lagu K-Pop pertama dalam sejarah yang mampu merajai Billboard Hot 100.

2. Celebrity - IU

Di urutan kedua ada Celebrity yang baru saja dirilis IU di tahun 2021. Lagu ini pun mampu meraih total 462 jam PAK. Reputasinya sebagai pencetak hits langganan PAK pun mendapuk Celebrity sebagai lagu ke-25 IU yang meraih PAK. IU juga menjadi artis yang lagunya paling banyak meraih PAK dalam sejarah K-Pop.

3. Any Song - Zico

Pada awal 2020, K-Pop dikejutkan dengan lagi viral milik Zico Any Song. Lagu ini bahkan bukan hanya terkenal di Korea tetapi juga secara global. Berkat kesuksesannya merajai chart musik Korea, Any Song mampu meraih total 330 jam PAK. Lagu ini juga memenangkan Song of the Year dari Genie Music Awards dan Gaon Chart Music Awards.

4. LILAC - IU

Jika ada yang menyebut IU adalah ratu PAK, maka tidaklah berlebihan. Sebab, hampir setiap lagu yang dirilisnya, selalu otomatis jadi hits. Hal inilah yang juga terjadi pada LILAC. Title track dari full album pertama IU sejak 4 tahun terakhir dengan nama sama ini, mampu meraih total 265 jam PAK.

5. Rollin - Brave Girls

Dijuluki sebagai 'sleeper hits', Rollin merupakan lagu lawas Brave Girls yang mendadak booming di 2021. Lagu yang dirilis pada 2017 ini bahkan mampu menyelamatkan karier Brave Girls yang semula direncanakan mau bubar.

Rollin meraih total 262 jam PAK. Berkat kesuksesan Rollin, Brave Girls yang semula pendengarnya segmented kalangan militer, kini mulai dikenal publik dan mendapatkan popularitas sebagai idol K-Pop. 

6. Butter - BTS

Baru saja dirilis di tahun 2021, Butter yang begitu diantisipasi menjadi single kedua BTS yang masuk top 10 peraih PAK terbanyak dalam sejarah. Sampai saat ini Butter sudah meraih 255 jam PAK.

Angka itu pun masih berpeluang naik, karena single kedua BTS dalam bahasa Inggris ini nyaman bertengger di chart musik Korea. Selain itu, Butter juga menjadi sukses merajai chart musik paling bergengsi di dunia, yaitu Billboard Hot 100.

7. Beach Again - SSAK3

Setelah sukses merilis lagu debut In The Summer, grup musiman SSAK3 yang terdiri dari Rain, Yoo Jae Suk dan Lee Hyori, sukses melahirkan hits kedua yang begitu viral di Korea, yaitu Beach Again. Tak heran jika akhirnya merajai chart musik dan mampu menorehkan total 208 jam PAK. 

 

8. LOVE SCENARIO - iKON

Dirilis pada 2018, LOVE SCENARIO dari iKON sangat meledak. Bahkan, mampu merajai beragam chart musik di Korea, hingga meraih total 204 jam PAK. Besarnya dominasi lagu ini hingga viral di mana-mana, mengantarkan iKON meraih daesang berupa Song of the Year dari Melon Music Awars, Golden Disc Awards, serta Seoul Music Awards.

9. Blueming - IU

Selanjutnya ada Blueming yang juga merupakan lagu milik IU. Lagu ini sangat digemari masyarakat Korea, sehingga mampu mendapatkan total 142 jam PAK sejak rilis pada 2019. Selain itu, Blueming juga meraih puncak Billboard K-Pop Hot 100 juga lho.

10. Leon - Park Myung Soo dan IU

Di urutan ke-10 ada Leon, yang merupakan lagu duet antara Park Myung Soo dan IU. Lagu ini sukses meraih total 136 jam PAK sejak dirilis pertama kali pada 2015. Leon bahkan sudah membukukan 1.66 juta copy dalam setahun sejak awal perilisan.

Well, itulah beberapa lagu K-Pop yang paling banyak memperoleh PAK dalam sejarah musik Korea sejauh ini. Dari beberapa lagu tersebut, adakah yang masuk playlist favoritmu, KLovers?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING