KOREA

13 Lagu K-Pop yang Diputar di Olimpiade Tokyo 2020: BTS, BLACKPINK Sampai NCT 127 Masuk List

Senin, 26 Juli 2021 16:45 Penulis: Iwan Tantomi

credit via SM Ent, YG Ent, Big Hit Music

Kapanlagi.com - Gelaran Olimpiade Tokyo 2020 tengah berlangsung saat ini. Kemeriahannya pun tak hanya bisa dinikmati di televisi, tetapi beragam cuplikan pertandingan dari beberapa cabang olahraga juga banyak tersebar di media sosial.

Menariknya, ada yang spesial pada gelaran olimpiade musim panas kali ini. Hal ini karena cukup banyak lagu K-Pop yang diputar sebagai musik latar (background music atau BGM) saat penyerahan medali.

Serunya lagi, lagu-lagu K-Pop yang diputar ini bukan saja dari artis lintas generasi, tetapi juga tak sedikit yang memutar b-side track atau selain lagu utama. Berikut beberapa lagu K-Pop yang diputar di Olimpiade Tokyo 2020 sejauh ini.

1. NCT 127 - Kick It

Pertama ada Kick It dari NCT 127 yang tak hanya diputar sekali, tetapi berulang kali dalam cabang olahraga sepakbola. Lagu yang dirilis pada 2019 ini cukup menyita perhatian penggemar, karena turut diputar saat highlight pertandingan tim sepakbola Korea Selatan di Olimpiade Tokyo 2020.

2. STAYC - ASAP

STAYC memang termasuk rookie di dunia idol K-Pop, tapi jangan salah popularitasnya makin melejit sejak debut. Bahkan, lagu-lagu STAYC banyak yang menjadi hits. Salah satunya adalah ASAP. Begitu populernya lagu tersebut, sampai menjadi BGM saat pemanasan cabang olahraga voli di Olimpiade Tokyo 2020.

3. TXT - Magic

Lagu terbaru TOMORROW X TOGETHER atau TXT, Magic juga tak ketinggalan diputar. Lagu dalam bahasa Inggris ini diputar saat cabang olahraga tinju dipertandingkan. Uniknya, Magic bukanlah lagu utama atau title track, melainkan b-side dari album terbaru TXT THE CHAOS CHAPTER: FREEZE.

4. ITZY - Don't Give A What

Ada pula Don't Give A What dari ITZY yang juga diputar sebagai BGM di Olimpiade Tokyo 2020. Tepatnya saat tim gimnastik AS, yaitu Simone Biles dan Jade Carey ditampilkan pada layar saat berlaga. Faktanya, Don't Give A What merupakan b-side dari album ITZY Not Shy.

5. OH MY GIRL - Dun Dun Dance

Lagu K-Pop lainnya yang juga diputar sebagai musik latar di Olimpiade Tokyo adalah Dun Dun Dance milik OH MY GIRL. Lagu baru yang cukup hits di Korea ini, diputar setelah tim voli Korea berhasil mencetak skor ketika berhadapan dengan tim nasional Brazil.

6. BLACKPINK - Lovesick Girls & BOOMBAYAH

Sebagai salah satu idol K-Pop yang sukses mendunia, lagu-lagu BLACKPINK juga tak luput diputar di Olimpade Tokyo 2020. Pertama, ada Lovesick Girls yang diputar saat pertandingan voli antara tim nasional China dan Turki.

Dalam pertandingan lain, tepatnya cabang olahraga panahan, lagi-lagi lagu BLACKPINK juga diputar sebagai BGM. Kali ini giliran hits BOOMBAYAH yang diputar sebagai BGM, ketika tim nasional panahan putri Korea memenangkan medali emas.

7. SEVENTEEN - Very Nice

Nama SEVENTEEN tak hanya populer di Korea, tetapi juga Jepang, wajar jika lagu idol K-Pop ini masuk list ini. Lagu Very Nice dari SEVENTEEN diputar ketika tim voli Brazil dan Tunisia bertanding di Olimpiade Tokyo 2020.

8. BIGBANG - Bang Bang Bang

BIGBANG menjadi idol K-Pop generasi kedua yang lagu-lagunya masih banyak didengarkan, termasuk di Olimpiade Tokyo 2020. Mega hits Bang Bang Bang pun ikut dijadikan BGM ketika tim voli China dan Turki berlaga di babak kualifikasi.

9. WINNER - Really Really

Pada 2017, lagu Really Really dari WINNER sangat populer di Korea. Nyatanya, lagu ini masih belum kehilangan pamornya, sehingga masuk list sebagai salah satu lagu K-POP untuk BGM di Olimpiade Tokyo 2020. Lagu ini diputar saat tim panahan putri Korea Selatan dan Italia bertanding.

10. BTS - Dynamite, Butter & Permission To Dance

Last but not least, ada BTS yang tak hanya dipilih satu lagunya, tetapi tiga sekaligus sebagai BGM di Olimpiade Tokyo. Ketiga lagu tersebut, termasuk lagu-lagu terbaru BTS semua, yang memang tengah populer banget, bukan saja di Korea, Jepang, tetapi di dunia.

Pertama, ada Dynamite yang diputar saat tim panahan putra Korea Selatan menang melawan Bangladesh. Lagu BTS ini diputar ketika pertandingan usai, dan kedua tim saling mengucapkan selamat.

Kedua adalah Butter yang masih hangat di telinga banyak penggemar. Lagu hits BTS ini diputar saat tim tinju Jepang Tsukimi Namiki bertanding melawan tim tinju asala Uganda, Chaterine Nanziri.

Adapun lagu BTS lainnya yang diputar di Olimpiade Tokyo adalah Permission To Dance yang benar-benar fresh from the oven. Lagu ini diputar selama berlangsungnya pertandingan gimnastik putra di Olimpiade Tokyo 2020.

Mengingat pertandingan di Olimpiade Tokyo 2020 masih berlangsung, besar kemungkinan akan ada lagi lagu-lagu K-Pop lainnya yang diputar. Namun, sejauh ini, mana lagu K-Pop yang paling membuatmu terkejut ketika diputar di Olimpiade Tokyo 2020, KLovers?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING