HOME » KOREA
KOREA

5 Anime Studio Ghibli Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

Jum'at, 09 Juli 2021 11:47 Penulis: Editor KapanLagi.com

Studio Ghibli (credit: studioghibli.com.au)

Kapanlagi.com - Menonton film tentunya merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikan terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Tidak hanya menghilangkan kebosanan, kita juga bisa ambil banyak pelajaran hidup atau bahkan sekedar menghangatkan hati dengan cerita-cerita manis yang hangat dan mengharukan melalui film.

Studio Ghibli merupakan salah satu studio film yang berbasis di Jepang dan sudah memproduksi banyak anime-anime ternama dengan tingkat popularitas tinggi. Ingin mulai kenalan sama Studio Ghibli? 5 anime Studio Ghibli di bawah ini wajib banget kamu tonton sambil santai di rumah!

 

 

 

 

1. Spirited Away (2001)

Anime bertema Isekai atau fantasi ini berhasil menjadi salah satu anime Box Office tersukses Jepang sejak perilisan pertamanya pada tahun 2001 lalu. Cerita fantasi ala Alice in Wonderland yang dikombinasikan dengan sentuhan cerita Mitologi Jepang begitu unik hingga menarik hati para penonton terutama para penggemar setia Studio Ghibli.

Cerita diawali dengan penggambaran seorang gadis kecil bernama Chihiro bersama kedua orang tuanya yang sedang dalam perjalanan menuju rumah baru mereka. Malang nasibnya, mereka harus terjebak ke dalam sebuah taman hiburan kuno yang merupakan dunia arwah.

Kedua orang tua Chihiro terkutuk menjadi babi, disini lah Chihiro harus berusaha mencari cara agar ia bisa membebaskan kedua orang tuanya dan membawa mereka pergi dari tempat aneh itu. Berhasilkah Chihiro pergi dari dunia arwah itu dan kembali ke dunia nyata? Kabarnya Spirited Away ini akan diadaptasi menjadi teater pada Februari 2022 mendatang loh, ayo streaming dulu sekarang!

 

 

2. Grave of the Fireflies (1988)

Kamu mungkin tidak asing melihat gambar anak kecil manis di atas, namun tahukah kamu bahwa ia merupakan salah satu karakter dari anime Grave of the Fireflies atau Hotaru no Haka. Mengambil latar waktu pada masa Perang Dunia II, film ini berhasil memukau para penonton dengan kisah perjuangan hidup yang mengharukan dari kakak-beradik, Seita dan Setsuko.

Salah satu film animasi terbaik Studio Ghibli ini pun masih tetap menduduki peringkat-peringkat teratas untuk film perang hingga saat ini. Film besutan sutradara Isao Takahata ini kabarnya merupakan salah satu film perang tersedih yang pernah ada, bagaimana menurutmu?

 

 

3. Princes Mononoke (1997)

Anime bergenre aksi ini merupakan hasil tulisan dari Hayao Miyazaki yang juga merupakan sutradara dari Spirited Away (2001). Film ini menceritakan perjalanan seorang pangeran bernama Ashitaka yang mencari obat untuk mengobati kutukan yang ia alami setelah bertarung dengan dewa babi hutan yang ingin menyerang desanya.

Anime ini merupakan film animasi Jepang terbaik pertama yang memenangkan penghargaan Best Picture pada Japan Academy Prize. Anime ini pun mengusung isu lingkungan dan mengajarkan para penontonnya untuk peduli terhadap penyakit. Sudah nonton Princess Mononoke belum?

 

 

4. Howl’s Moving Castle (2004)

Film ini merupakan anime yang menceritakan petualangan Sophie seorang gadis pembuat topi yang bertemu dengan penyihir tampan bernama Howl. Sophie dikisahkan tersihir oleh seorang penyihir tua karena ia tidak sengaja mengusirnya dari toko dimana tempat Sophie bekerja yang mengakibatkan dirinya terkutuk menjadi seorang nenek-nenek.

Anime ini terasa hangat karena kita bisa melihat banyak pemandangan indah di dalamnya, interaksi-interaksi yang menarik dari Sophie dengan para asisten Howl di dalam Istana berjalannya, bahkan adegan romantis yang hangat dari Sophie dan Howl. Anime ini juga merupakan salah satu film Studio Ghibli yang paling popular lho!

 

 

5. My Neighbor Totoro (1988)

Pindah ke rumah baru mungkin bukan hal yang mudah, menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dan membentuk kebiasaan baru merupakan tantangan tersendiri. Sama dengan apa yang diceritakan dalam My Neighbor Totoro ini, keluarga Mei dan Satsuki pindah ke rumah tua di pedesaan. Alasan mereka pindah adalah karena Ibu mereka yang sakit dan jarak rumah baru yang lebih dekat dengan rumah sakit.

Cerita mulai menarik ketika Mei dan Satsuki berteman dengan makhluk yang berbentuk seperti seekor kelinci abu-abu raksasa bernama Totoro dengan teman-teman kecil lainnya. Uniknya, hanya Mei dan Satsuki yang mampu melihat Totoro dan teman-temannya itu. Apa saja yah hal-hal menarik yang mereka lakukan bersama di lingkungan baru mereka itu? Simak kisahnya dengan streaming animenya di platform nonton favorit kamu, ya!

 

 

Berita ini ditulis oleh: Elisabeth Marie Nadya Depa

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING