KOREA

6 Idol K-Pop yang Awalnya Diproyeksikan Debut dengan Lebih Banyak Member

Sabtu, 30 Januari 2021 20:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via SM Ent & YG Ent

Kapanlagi.com - Di dunia K-Pop, grup yang debut dengan banyak member mungkin sudah jadi hal biasa. Begitu juga dengan bongkar pasang member, juga menjadi hal yang sudah biasa dijumpai dari grup idol K-Pop. Yang jelas, tujuan dilakukan perubahan formasi member ini memiliki pertimbangan sendiri-sendiri, terutama dari pihak agensi.

Menariknya, beberapa grup idol K-Pop terkenal, bahkan sukses melakukan ekspansi global ini awalnya diproyeksikan debut dengan jumlah member lebih banyak dari yang ada sekarang. Kira-kira ada siapa saja ya?

1. BIGBANG

BIGBANG sukses mencapai popularitas setelah debut dengan lima member. Namun, tahukah kamu, sebelum resmi debut, YG Entertainment awalnya memproyeksikan BIGBANG debut dengan 6 member. Member keenam harusnya adalah Hyunseung yang kemudian debut bersama BEAST.

CEO YG Entertainment saat itu, Yang Hyun Suk menilai Hyunseung tak mampu meningkatkan kemampuan ekspresi wajahnya secara maksimal, sehingga harus terpaksa dicoret dari daftar debut.

Padahal, Hyunseung sudah menjalani pelatihan selama beberapa tahun lamanya bersama member BIGBANG lainnya. Meski begitu, Hyunseung yang kemudian pindah ke Cube Entertainment, diketahui masih menjalin persahabatan dengan member BIGBANG.

2. BLACKPINK

Banyak yang mengetahui juga member BLACKPINK ada 4 orang. Namun, sebelum debut, rupanya BLACKPINK diproyeksikan dengan 5 member. Member kelima tersebut seharusnya adalah Miyeon.

Selama 5 tahun lamanya, Miyeon menjalani masa trainee di YG Entertainment bersama member BLACKPINK lainnya. Akan tetapi pihak YG Entertainment memutuskan mencoret Miyeon dari daftar debut.

Miyeon kemudian keluar dari YG Entertainment dan bergabung dengan Cube Entertainment. Ia kemudian sukses debut bersama (G)I-DLE. Menariknya saat Miyeon debut, para member BLACKPINK mengirimkan pesan berupa ucapan selamat kepadanya.

3. iKON

Sebelum mendebutkan iKON dengan 7 member, YG Entertainment awalnya memiliki 9 trainee yang diproyeksikan untuk debut ke dalam grup. Namun, rencana tersebut berubah, karena para trainee tersebut berpartisipasi dalam survival program bernama Mix & Match.

Di program tersebut mereka unjuk kemampuan masing-masing, hingga akhirnya keluar 7 orang trainee yang berhasil debut bersama iKON. Nah, di antara 9 trainee tersebut ada Hongseok yang kemudian memilih keluar dari YG Entertainment dan debut bersama PENTAGON.

4. EXO

Bagi penggemar K-Pop veteran tentu sudah tak asing dengan grup bentukan SM Entertainment, EXO. Masing-masing member EXO juga sangat terkenal. Namun, sebelum debut, ternyata ada salah satu trainee yang juga awalnya diproyeksikan debut bersama grup tersebut.

Trainee tersebut adalah Jinho. Ia gabung bersama SM Entertainment setelah menjuarai kompetisi menyanyi pada 2008. Jinho juga sempat masuk ke dalam grup projek SM The Ballad pada 2010.

Dikenal sebagai trainee terkenal SM Entertainment, Jinho pun diprediksi sebagai member ke-13 EXO. Namun, fakta berbicara lain. Jinho justru tak masuk dalam daftar debut EXO pada 2012.

Jinho kemudian memutuskan keluar dari SM Entertainment dan bergabung bersama Cube Entertainment. Di agensi tersebut ia kemudian debut bersama PENTAGON.

5. 2NE1

2NE1 dikenal sebagai salah satu grup legendaris dalam sejarah idol K-Pop. Sama dengan idol K-Pop dalam daftar ini, 2NE1 pun awalnya diproyeksikan debut dengan 5 member. Orang kelima yang diprediksi jadi member 2NE1 tersebut adalah Bohyung.

Selama 2 tahun, Bohyung menjalani masa trainee di YG Entertainment. Namun, Yang Hyun Suk akhirnya mencoret Bohyung dari daftar debut 2NE1. Alasannya, bukan karena ia kurang bertalenta, tetapi dinilai kurang swag seperti member 2NE1 lainnya.

Bohyung kemudian debut bersama SPICA. Meski begitu, ia tetap menjalin hubungan dekat bersama member 2NE1. Bohyung bahkan pernama live stream bareng Minzy.

6. GFRIEND

Last but not least, ada GFRIEND yang juga awalnya diproyeksikan debut dengan member lebih banyak dari sekarang. Awalnya, GFRIEND diproyeksikan debut dengan 7 member. Salah satunya adalah Jenny yang kemudian debut bersama DIA.

Beberapa saat sebelum debut, Jenny memutuskan meninggalkan grup dan bergabung dengan MBK Entertainment. Gara-gara hal tersebut, Source Music, agensi yang menaungi GFRIEND harus mencari member tambahan. GFRIEND pun akhirnya memutuskan debut dengan 6 member dan sukses hingga sekarang.

Itulah beberapa grup idol K-Pop terkenal yang awalnya diproyeksikan debut dengan lebih banyak member. Namun, dengan beragam alasan, mereka akhirnya debut dengan member yang lebih sedikit. Mungkin jika grup idol K-Pop tersebut debut dengan lebih banyak member, bisa saja tak sesukses sekarang, iya, kan?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING