KOREA

6 Idol K-Pop yang Terpaksa Harus Ganti Nama Fandom Karena Beragam Alasan

Rabu, 10 Februari 2021 21:02 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Big Hit Ent, C9 Ent

Kapanlagi.com - Idol K-Pop dan fandom menjadi dua entitas yang tak terpisahkan. Apalagi jika nama fandom sudah dikenalkan secara resmi, idol K-Pop pun akan dengan bangga memanggil para penggemarnya di berbagai kesempatan maupun acara. Sebab, hal tersebut makin mendekatkan interaksi dan komunikasi satu sama lain bak sepasang kekasih.

Hanya saja, jumlah idol K-Pop baru atau rookie setiap tahunnya terus bermunculan, sehingga risiko untuk memiliki nama fandom yang sama, kadang tak bisa terelakkan. Mau tak mau, idol K-Pop rookie atau yang baru saja debut, terpaksa harus mengganti fandomnya dengan nama lain yang tak menyulut kontroversi.

Lebih lanjut, berikut sederet idol K-Pop yang terpaksa harus mengganti nama fandom karena beragam alasan.

 

1. TXT

Pada 2019, Big Hit Entertainment mengumumkan Young One sebagai nama fandom resmi TXT, menyusul kusuksesan debut mereka, baik di Korea Selatan maupun global. Nama tersebut diambil dari permainan kata dalam bahasa Korea, yeongwon yang bermakna selamanya.

Sayangnya, Young One sudah lebih dulu menjadi nama fandom Tiffany Young. Hal tersebut sempat menyulut kontroversi, bahkan sempat menerima protes dari penggemar member Girls Generation tersebut.

Setelah beberapa pekan, Big Hit Entertainment lantas melayangkan permintaan maaf karena tak jeli mengkaji nama fandom TXT lebih dalam sebelum diumumkan. Sebagai gantinya, TXT pun mendapatkan nama fandom yang lebih bagus pada Agustus 2019, yaitu Moment of Alwaysness (MOA) yang berarti setiap momen TXT dan fans bisa dihabiskan bersama, selalu setiap saat dan selamanya.

2. Cignature

Sementara baru-baru ini, atau tepatnya pada Februari 2021, Cignature mengumumkan nama resmi fandom dengan sebutan Ciluv yang merupakan kombinasi dari Cignature dan 'luv'. Namun, hanya berselang selama beberapa jam saja, C9 Entertainment selaku pihak agensi Cignature, menarik nama tersebut secara resmi.

Alasannya, kata Ciluv dalam bahasa Korea yang dibaca 'shi-leob' memiliki pelafalan yang sama dengan Syrup, nama fandom girlgroup lain, yaitu G-REYISH. 

Sampai saat ini pihak agensi C9 Entertainment belum memutuskan kembali apa nama fandom resmi Cignature. Beberapa penggemar menyarankan untuk menggantinya dengan Cignets, Cignals atau Ciggies.

3. CRAXY

Hal yang sama juga menimpa CRAXY. Pada Maret 2020, pihak agensi mereka, S.A ITAINMENT mengumumkan nama fandom sebagai CRAVITY, yang merupakan gabungan dari CRAXY dan 'gravity'.

Namun, pada April 2020, Starship Entertainment mendebut boygroup bernama CRAVITY yang merupakan kombinasi 'creativity' dan 'gravity', sekaligus juga bermakna 'center of gravity'.

Guna menghindari kesalahpahaman, S.A ITAINMENT kemudian memutuskan untuk mengganti nama fandom CRAXY yang dirasa tumpang tindih dengan nama CRAVITY. Setelah menerima banyak masukan dari fans, CRAXY akhirnya mengumumkan fandom baru secara resmi bernama CROWN pada 2021.

4. ANS

ANS memberi kabar baik kepada para penggemar dengan mengumumkan nama fandom ANSWER secara resmi pada Juni 2020. Nama tersebut diumumkan saat fan-meeting perdana ANS. 

Akan tetapi pihak ANS Entertainment sepertinya kurang teliti memilih nama, karena Answer sudah lebih dulu dipakai sebagai nama fandom HINT. Baru kemudian, pada Agustus 2020, ANS kembali mengenalkan nama fandom dengan nama baru ANSer yang merupakan kombinasi dari 'ANS' dan 'power' atau 'forever'.

5. Girlkind

Flashback ke tahun 2018, di mana saat itu Girlkind mengumumkan nama fandom dengan sebutan Onkind, yang dimaknai sebagai simbol Girlkind dan fans agar selalu bersama. Namun, grup tersebut harus mengganti nama fandom setelah beberapa bulan berjalan.

Hal tersebut ditengarai karena tumpang tindih dengan sebutan penggemar Eun Jiwon, leader Sechs Kies yang bernama 1KYNE. Nama fandom tersebut punya pelafalan yang mirip dengan Onekind. Dari situ, pihak Nextlevel Entertainment selaku agensi Girlkind kemudian mengganti nama fandom yang baru dengan Fanforce.

6. CROSS GENE

Last but not least, ada CROSS GENE yang juga harus mengganti nama fandom. Awalnya grup ini debut dengan enam member, tetapi sang main vocalist sekaligus maknae J.G memilih hengkang dari grup setahun kemudian.

Pada Februari 2016, Amuse Korea mengumumkan jika nama fandom CROSS GENE adalah Destiny, sebagai penghormatan nama panggung J.G, yaitu 'Gene', maka disempurnakan menjadi 'Destiny Gene'.

Namun, selang beberapa jam saja, nama fandom tersebut terpaksa diganti, karena ada kemiripan dengan BESTiny, nama fandom BESTie. Pada Maret 2016, mereka kemudian mengumumkan nama fandom baru dengan sebutan CandY yang bermakna 'CROSS GENE and You'.

Well, itulah beberapa idol K-Pop yang terpaksa harus mengganti nama fandom karena dirasa tumpang tindih atau memiliki kemiripan dengan nama fandom lain. Dari beberapa idol K-Pop tersebut apakah kamu termasuk salah satu penggemarnya, KLovers?

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING