HOME » KOREA

6 Jajanan Pinggir Jalan yang Bikin Orang Korea Sulit Memalingkan Muka

Senin, 13 September 2021 15:30 Penulis: Iwan Tantomi
6 Jajanan Pinggir Jalan yang Bikin Orang Korea Sulit Memalingkan Muka Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi.com - Makin hari, semakin banyak drama Korea atau konten-konten YouTube dari para foodies asal Negeri Ginseng yang menampilkan spot-spot kuliner jalanan di sana. Selain tampak seru, daya tarik utama dari kuliner jalanan Korea tentu saja beragam jajanan yang ditawarkan.

Sebagian besar jajanan jalanan khas Korea ini disajikan dengan cara digoreng. Tak sedikit pula yang dibumbui dengan pasta gochujang. Namun, beberapa jajanan Korea ini punya cita rasa spesial hingga sulit membuat orang-orang yang lalu lalang di sekitarnya sulit untuk memalingkan muka, buat membeli dan mencicipinya.

Twigim

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Pertama ada twigim yang tak lain adalah aneka macam gorengan. Bedanya dengan gorengan di Indonesia, hanya pada beberapa jenisnya. Twigim di Korea bisa berupa ubi, udang, cumi, paprika, gimmari, atau sayuran lainnya yang digoreng dalam baluran tepung renyah. Selain dicocol kecap asin, twigim biasanya dimakan dengan tteokbokki.

Tteokbokki

Hampir selalu ada dalam daftar menu jajanan Korea yang dijual di pinggir-pinggir jalan, tteokbokki sudah seperti makanan pokok bagi masyarakat di sana. Kue beras bertekstur kenyal ini pun tampak menggoda dengan bumbu pedas manis gochujang yang membalurnya. Saat baru dimasak, aromanya begitu menguar, wajar jika siapapun yang lewat auto kepincut buat mencoba.

Odeng

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Odeng atau fishcake ini tak digoreng, melainkan direbus dengan kuah kaldu. Disajikan dengan tusukan, kelezatan odeng begitu menggugah selera, terutama di tengah hawa dingin malam.

Gimbap

Sebagai penyempurna makan tteokkbokki dan odeng, biasanya orang-orang juga memesan sekalian gimpap di kedai-kedai pinggir jalan. Gimpap sendiri sejatinya nasi gulung yang diisi irisan telur dada, wortel, timun, kepiting atau sesuai selera dan dibungkus dengan lembaran rumput laut. Gimpap disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil.

Sundae

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Pelengkap jajanan gurih lainnya di kedai kaki lima atau jalanan di Korea adalah sundae. Makanan ini dibuat dari usus sapi atau babi yang diisi mie, darah babi, barley, scallion dan beragam bumbu lainnya. Sundae ini biasanya diproses di pabrik, sehingga para penjual tinggal menjajakannya dalam keadaan matang. Sebelum disajikan dan dipotong-potong, sundae terlebih dulu dikukus.

Bungeoppang

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Selain yang gurih-gurih, ada juga kuliner jalanan Korea dengan cita rasa manis, seperti bungeoppang. Kue yang dicetak dalam tempat berbentuk ikan ini punya aroma harum yang menguar di sepanjang jalan. Selain kacang merah, bungeoppang kekinian juga hadir dengan rasa cokelat hingga es krim.

Itulah beberapa kuliner jajanan Korea yang begitu menggugah selera dan sulit bikin orang memalingkan muka, saat berjalan di sekitarnya. Menariknya, jajanan tersebut bisa kamu temukan di Indonesia lho. Bahkan bisa dipesan dengan mudah dari rumah. Tepatnya lewat manisdansedap.com.

Platform yang menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com tersebut, menghadirkan banyak sekali menu-menu makanan baik yang manis maupun sedap, termasuk jajanan Korea seperti:

Gimbap

Credit: Manis dan Sedap/Tteokbokki QueenCredit: Manis dan Sedap/Tteokbokki Queen

Odeng

Credit: Manis dan Sedap/Tteokbokki QueenCredit: Manis dan Sedap/Tteokbokki Queen

Tteokbokki

Credit: Manis dan Sedap/Tteokbokki QueenCredit: Manis dan Sedap/Tteokbokki Queen

Selain makanan-makanan tersebut, kamu juga bisa memesan beragam kuliner lezat Korea lainnya di manisdansedap.com. Bahkan, kalau mau pesan kuliner nusantara maupun mancanegara lainnya, juga bisa di manisdansedap.com.

Ini karena platform tersebut juga menjadi 'etalase' bagi para seller. Para pemilik UMKM juga bisa memajang jualannya dan bisa melakukan transaksi terpisah dari platform, berkat fitur tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp seller.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING