7 Bukti Kamu Sama Sekali Nggak Boleh Remehkan Fans K-Pop

Selasa, 23 Oktober 2018 17:11 Penulis: Ayu Srikhandi
7 Bukti Kamu Sama Sekali Nggak Boleh Remehkan Fans K-Pop © istimewa

Kapanlagi.com - Berbicara soal fans, K-Popers atau fans idol Korea merupakan salah satu yang bisa dibilang paling militan. Nggak hanya menginvestasikan waktu mereka untuk selalu up to date dengan kabar terbaru sang idola dari internet, mereka juga nggak jarang harus mengeluarkan uang yang bisa dibilang cukup banyak.

Yap, kebutuhan fans K-Pop bukan hanya sekedar membeli album, merchandise resmi, dan pergi konser saja. Nyatanya masih banyak banget biaya yang dikeluarkan penggemar untuk membeli hal-hal lain seperti majalah yang dimodeli sang idola, merchandise fansite (dibuat oleh fans), produk iklan, iuran membeli kado, dan sampai donasi.

Ini bukti-bukti kalau fans K-Pop nggak boleh diremehkan!

1. Mengikuti Tur Konser Idola ke berbagai negara

Bagi fans Korea, mengikuti tur konser keliling ke berbagai negara baik di Asia maupun Eropa hingga Amerika bukan hal yang asing lagi. Atau setidaknya beberapa memilih berburu tiket konser sang idola di beberapa negara terdekat sekaligus. Ya, memang menonton penampilan grup tercinta nggak cukup sekali.

Fans idol Korea kerap menghadiri tur konser di berbagai negara. EXO © stararena.coFans idol Korea kerap menghadiri tur konser di berbagai negara. EXO © stararena.co

2. Fans Mengambil foto lebih bagus dari paparazi

Fansite master atau seorang fans yang mendedikasikan waktunya untuk mengikuti kegiatan idola dan mengambil foto-foto mereka (biasanya di bandara, acara musik, fan meeting, konser, dan acara official lainnya). Fansite berbeda dari sasaeng yang kerap menganggu kehidupan pribadi idolanya. Nah percaya nggak kalau jepretan fansite ini lebih bagus dan kece daripada media-media Korea atau pun paparaZi Amerika.

Hasil jepretan master fansite Taeyeong NCT. © Twitter.com/@MY___0701Hasil jepretan master fansite Taeyeong NCT. © Twitter.com/@MY___0701

3. Photobook yang dijual fansite lebih mahal

Mengingat hasil jepretan master fansite yang selalu bagus karena penuh cinta untuk idola, harga calendar, diary, atau photobook yang memuat cetakan foto-foto tersebut nggak murah dan kadang bisa lebih mahal dari merchandise official. Seperti aku fansite @LLLM_JIN yang akan merilis kalender dan diary dengan foto Jin BTS dengan harga masing-masing US$ 20 (Rp 304 ribu) dan US$ 23 (Rp 350 ribu) tentunya belum termasuk ongkos kirim. 

Merchandise non official Jin BTS. © twitter.com/lllm_jinMerchandise non official Jin BTS. © twitter.com/lllm_jin

4. Kado mewah udah biasa sih

Kalau ada idol K-Pop ulang tahun, kado barang-barang mewah seperti Rolex, Givenchy, Yves Saint Laurent, dan masih banyak lainnya sudah biasa. Malah biasanya nggak perlu menunggu ulang tahun sang idola untuk memberikan hadiah berupa brand mewah seperti ini. Untuk kado ulang tahun, fans biasanya menyiapkan seseuatu yang lebih spesial seperti membeli bintang dan diberi nama sang idol (iya bintang yang ada di langit), membeli hutan, mengadopsi hewan lewat World Wildlife Fund, atau seperti fans Sehun di China yang membuat jalan.

Sehun mendapat sebutan Lord atas kepemilikan tana - sertifikat bukti pembelian di Glencoe Wood Forest Preserve. © istimewaSehun mendapat sebutan Lord atas kepemilikan tana - sertifikat bukti pembelian di Glencoe Wood Forest Preserve. © istimewa

5. Memasang ucapan selamat ulang tahun

Nggak hanya kado super super spesial untuk ulang tahun idola tercinta, mereka juga menyiapkan cara memberikan ucapan yang nggak biasa. Nggak jarang idol-idol Korea wajahnya terpampang di Times Square New York saat ulang tahun. Seperti fans Kang Daniel yang menyewa digital screen billboard di Square Times untuk merayakan ulang tahunnya pada Desember 2017 lalu. Diungkapkan harga sewanya bisa mencapai US$ 5.000 atau setara dengan Rp 76 juta untuk satu hari. Sedangkan fans Kang Daniel menyewa selama satu pekan.

Ucapan selamat ultah Kang Daniel di Times square © SBSUcapan selamat ultah Kang Daniel di Times square © SBS

6. Bikin akun Melon

Pengeluaran lain yang diperlukan oleh penggemar idol Korea adalah Melon Pass, yakni voucher untuk bisa melakukan streaming di site/aplikasi Melon. Fans rela membayar voucher yang menurut sebuah penyedia jasa harganya bisa mencapai US$ 42 (Rp 638 ribu untuk masa aktif 30 hari ini demi melakukan streaming lagu grup idola saat comeback karena masuk dihitung di chart.

TWICE di pemotretan © CosmopolitanTWICE di pemotretan © Cosmopolitan

7. Super militan

Selain yang sudah disebutkan di atas, fans Korea terbukti militan banget karena selalu tahu update terbaru soal bintang idola, membela sang idola saat dijelekkan orang/akun socmed lain, pokoknya fans yang siap bertaruh banyak hal untuk idolanya. Nggak hanya di Korea, fans K-Pop yang militan juga ada di mana-mana. Fans Amerika BTS bahkan sudah melakukan camping di area Citi Field, New York sebelum konser digelar.

ARMY (fans BTS) camping di area City Field, New York, sebelum konser digelar. © Twitter/@jooniestepstoolARMY (fans BTS) camping di area City Field, New York, sebelum konser digelar. © Twitter/@jooniestepstool

Nah melihat pengorbanan para fans K-Pop untuk idolanya ini (tentunya juga untuk kebahagiaan masing-masing penggemar), nggak pantas kamu meremehkan mereka. Kalau kamu sendiri, sebesar apa pengorbananmu untuk idola?

(kpl/jje)

Editor:

Ayu Srikhandi


REKOMENDASI
TRENDING