KOREA

8 Kolaborasi Idol K-Pop Paling Dinanti Netizen di Festival Musik Akhir Tahun Korea

Kamis, 22 Juli 2021 16:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Koreaboo

Kapanlagi.com - Akhir tahun memang masih sekitar 6 bulan lagi, tetapi netizen terutama para penggemar K-Pop tampaknya sudah tak sabar menanti. Pasalnya, jelang pergantian tahun selalu ada festival musik Korea yang menampilkan kolaborasi spesial para idol K-Pop.

Biarpun bukan kolaborasi permanen dalam sebuah lagu, paling tidak kolaborasi di atas panggung cukup mengobati antusiasme penggemar yang kerap mengharapkan idolnya tampil sepanggung dengan idol K-Pop lain. Lebih-lebih jika popularitas kedua idol K-Pop sedang moncer.

Seolah tahu keinginan netizen, penyelenggara festival musik akhir tahun Korea ini pun tak jarang menampilkan kolaborasi spesial, seperti idol kelahiran tahun tertentu, dancer terbaik di setiap grup, dan sebagainya. Semuanya dijadikan satu dalam panggung impian dengan penampilan spektakuler.

Lantas, kolaborasi idol K-Pop seperti apa yang paling diharapkan netizen di pengujung tahun ini? Berikut daftarnya.

1. Unit Jisung

Pada KBS Song Festival 2016, penyelenggara menghadirkan kolaborasi spesial berupa unit JaeHyun. Saat itu, beberapa idol K-Pop terkenal dengan nama asli maupun panggung JaeHyun dikumpulkan jadi satu. Kolaborasi itu pun sukses menuai pujian dari netizen.

Berkaca dari kesuksesan itu, netizen pun berharap penyelenggara festival musik akhir tahun Korea juga menghadirkan unit Jisung. Terbayang, bagaimana pecahnya Jisung NCT, Jisung Girls Alert, Jisung TRCNG, Yoon Jisung, sekaligus Han Stray Kids dan LOVE OnlyOneOf yang juga punya nama lahir Jisung, berkolaborasi di atas panggung yang sama.

2. Unit Chan

Selain Jisung, idol K-Pop yang memiliki nama Chan juga cukup banyak. Itulah kenapa netizen berharap penyelenggara festival musik akhir tahun Korea juga menghadirkan unit ini.

Beberapa pemilik nama Chan yang diharapkan netizen bisa kolaborasi bersama di atas panggung, seperti Haechan NCT Dream, Dino SEVENTEEN yang punya nama lahir Lee Chan, Byungchan dan Chan VICTON, serta Bang Chan Stray Kids.

3. Unit Jisoo

Dari idol K-Pop perempuan, nama Jisoo cukup banyak ditemui. Terlebih mereka tak hanya cantik bak dewi, tetapi juga bertalenta dan berasal dari grup K-Pop sangat populer.

Itulah kenapa netizen berharap ada unit Jisoo dalam daftar rencana kolaborasi idol K-Pop di festival musik akhir tahun ini. Beberapa idol K-Pop dengan nama panggung maupun nama lahir Jisoo yang sangat tersohor, antara lain Jihyo TWICE, Lia ITZY, Joshua SEVENTEEN yang punya nama lahir Jisoo; Jisoo Lovelyz, serta tentu saja Jisoo BLACKPINK.

4. Unit Kelahiran 1999

Ada banyak idol K-Pop kelahiran tahun sama atau yang biasa disebut sebagai line. Menariknya, beberapa line begitu populer, karena kumpulan idol K-Pop berbakat sekaligus punya visual jempolan.

Tahun ini, netizen pun berharap penyelenggara festival musik akhir tahun Korea bisa mempertimbangkan untuk menghadirkan kolaborasi 99-line atau unit idol K-Pop kelahiran 1999. 

Dalam daftar ini ada nama-nama beken, macam Mark NCT, Hangyul BAE173, Subin VICTON, Yeonjun TXT, Woojin AB6IX, Wooyoung ATEEZ, Changbin Stray Kids. Kemudian, untuk idol K-Pop perempuan kelahiran 1999, ada Chaeyoung dan Tzuyu TWICE, Chuu dan Kim Lip LOONA, Bella ELRIS, serta Yeri Red Velvet.

5. Unit Road to Kingdom

Para penggemar K-Pop sepertinya masih belum bisa move on dari keseruan Road to Kingdom. Acara survival show tersebut memang menghadirkan beberapa idol K-Pop dari berbagai generasi untuk kompetisi dan kolaborasi bareng dalam beragam unit di satu panggung yang sama.

Netizen pun berharap kolaborasi epik ala Road to Kingdom ini dihadirkan kembali, bukan untuk berkompetisi lagi, tapi untuk reuni sekaligus mengobati kerinduan penggemar di festival musik akhir tahun Korea.

Salah satu kolaborasi yang cukup berkesan di benak netizen ketika THE BOYZ dan ONEUS membawakan lagu Heroine milik Sunmi. Kedua grup tak hanya menyuguhkan talenta bermusik, tetapi juga cerita menarik dari penampilan yang dibawakan.

6. Idol K-Pop Generasi 4

Sebutan idol K-Pop generasi ke-4 mulai mencuat sejak munculnya rookie-rookie baru yang bertalenta, berprestasi, bahkan tak jarang mengukir prestasi internasional. Semua diraih dalam waktu singkat, sehingga netizen percaya jika sekarang ini adalah era kelahiran idol K-Pop generasi 4.

Nama-nama K-Pop generasi 4 yang cukup mencuri perhatian, berkat all-rounder skill yang dimiliki sekaligus popularitas mereka, antara lain Stray Kids, TXT, THE BOYZ, ATEEZ, ENHYPEN, ITZY, (G)I-DLE hingga aespa. Netizen berharap nama-nama idol K-Pop generasi 4 tersebut bisa tampil bersama di panggung festival akhir tahun Korea.

7. Penampilan Main Dancer K-Pop Kelas A

Meski hampir setiap tahun ada suguhan main dancer hasil kolaborasi beberapa idol K-Pop di panggung festival musik akhir tahun Korea, nyatanya netizen tak pernah bosan menantikannya lagi dan lagi.

Hanya saja, yang netizen harapkan bukan sekadar kolaborasi biasa, tetapi kalau bisa gabungan dari semua main dancer dari idol K-Pop kelas A. Nama-nama kondang macam, Dino SEVENTEEN, J-Hope BTS, Taeyong NCT, dan Lee Know Stray Kids pun diharapkan netizen bisa sepanggung bareng dalam unit main dancer di festival musik akhir tahun Korea tahun ini.

8. NCT X SEVENTEEN X THE BOYZ

Last but not least, kolaborasi satu ini mungkin belum pernah terjadi, tapi netizen optimis bukan berarti mustahil penampilan spesial dari NCT, SEVENTEEN dan THE BOYZ bisa diwujudkan dalam satu panggung.

Benar, ketiga idol K-Pop tersebut memang punya member sangat banyak. Ketiganya juga punya tipe dance yang serupa, seksi dan sharp. Akan sangat keren jika ketiga bisa menari secara sinkron di atas panggung yang sama, kan?

Meski masih sekadar harapan, tapi masukan dari netizen ini kerap jadi masukan pihak penyelenggara festival musik akhir tahun Korea. Karena kalau bukan netizen, siapa lagi yang menonton acara mereka? Jika benar terjadi, bersiaplah untuk menikmati beberapa kolaborasi spesial tersebut di akhir tahun nanti.

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING