KOREA

Bikin Nagih, 10 Lagu K-Pop Ini Sampai Dilarang Diputar di Korea saat Musim Ujian Tiba

Rabu, 24 Februari 2021 17:02 Penulis: Iwan Tantomi

credit via YG Ent & Big Hit Ent

Kapanlagi.com - Bukan hal baru jika K-Pop banyak digandrungi. Bahkan, jumlah penggemarnya makin hari makin membeludak, tak hanya di Korea, Asia, malah sudah begitu mendunia. Musik yang catchy, lirik yang menyentuh, ditambah koreografi yang enerjik bikin K-Pop memang berbeda dengan musik lainnya.

Selain itu, music video (MV) K-Pop juga selalu tampil fresh. Dengan deretan visual para member idol K-Pop yang begitu cantik dan ganteng, wajar jika penggemar pun dibikin terpana menikmati K-Pop.

Uniknya, saking begitu bikin nagihnya, sederet musik K-Pop ini sampai harus dilarang diputar di Korea saat musim ujian nasional masuk perguruan tinggi tiba.

1. Ring Ding Dong - SHINee

SHINee baru saja melakukan comeback, tetapi lagu-lagu lawasnya hampir tak pernah bosan didengarkan. Salah satunya yang begitu catchy adalah Ring Ding Dong. Lagu yang dirilis pada 2009 itu pun begitu bikin nagih saat diputar.

Saking adiktifnya, lagu tersebut sampai harus dilarang diputar di berbagai music show maupun radio selama musim ujian tiba. Sebab, saat musik K-Pop bergenre afro-electro tersebut diputar, para pelajar jadi sibuk menyanyikannya berulang-ulang dan susah fokus belajar.

2. Go Go - BTS

BTS punya beberapa lagu catchy yang melodinya bikin nagih, salah satunya adalah Go Go. Lagu yang dirilis pada 2017 ini memberikan vibe yang positif saat didengarkan. Namun, bukan saja enak didengar, lagu ini juga sangat adiktif dan bisa bikin nyanyi terus-terusan.

Apalagi ada beberapa lirik berulang seperti "yolo yolo", "dollar dollar" dan sebagainya yang bakal susah hilangnya di pikiran kalau sudah menyanyikan lagu ini. Wajar, jika selama musim ujian tiba, lagu ini dilarang untuk diputar sekaligus didengarkan.

3. Dumb Dumb - Red Velvet

Lagu ini memang rilis pada 2015 silam, tetapi masih terasa hype karena musiknya yang begitu catchy. Terlebih penampilan Red Velvet di MV lagu Dumb Dumb begitu menggemaskan, wajar jika para penggemar dibikin susah move on saat mendengarnya.

Saking begitu bikin nagihnya, lagu ini pun sampai harus dilarang diputar saat musim ujian tiba, karena bukan saja liriknya yang bikin kamu sing along tetapi alunan brass dan perkusi di dalamnya bikin kamu tak bisa berhenti bernyanyi lho.

4. Zimzalabim - Red Velvet

Masih dari Red Velvet, selain lagu Dumb Dumb, girlgroup debutan SM Entertainment ini juga punya lagu lain yang bikin nagih, yaitu Zimzalabim. Lagu yang dirilis pada 2019 ini pun sampai terkenal di kalangan para pelajar Korea sebagai lagu yang harus banget dihindari selama musim ujian tiba.

Bagian reff atau chorus lagu ini hadir dengan melodi unik dengan vibe borderline-creepy yang membuat siapapun mendengarnya jadi auto ingin menyanyikannya berulang-ulang. Selain itu, lagu Zimzalabim juga meninggalkan kesan mendalam, yang membuatmu susah untuk berhenti mendengarkannya.

5. DDU-DU-DDU-DU - BLACKPINK

Sementara BLACKPINK juga punya lagu DDU-DU-DDU-DU yang begitu hits banget pada 2018. Lagu K-Pop ini bukan saja memiliki melodi yang catchy, tetapi juga punya lirik yang repetitif, sehingga mudah banget diingat dan dinyanyikan.

Selain itu, trap beat yang tersemat di dalamnya juga kerap terngiang-ngiang, sehingga lagu ini susah banget dilupakan. Itulah kenapa lagu DDU-DU-DDU-DU dari BLACKPINK ini termasuk yang juga dilarang diputar saat musim ujian tiba di Korea.

6. BBoom BBoom - MOMOLAND

Boleh dibilang 2018 ada banyak sekali lagu K-Pop yang begitu enak didengar. Termasuk di antaranya adalah BBoom BBoom yang dinyanyikan oleh MOMOLAND. Saking adiktifnya, lagu ini bahkan sampai booming di seluruh dunia.

Terlebih bagi orang Korea yang paham arti liriknya, bisa auto menyanyi saat mendengarkan lagu BBoom BBoom. Ini karena lagu tersebut bukan tipe lagu yang hanya bisa didengar sekali, tetapi bikin nagih. Sampai-sampai koreografinya juga ikut teringat di benak, tak heran jika para pelajar jadi susah fokus saat musim ujian tiba, jika sampai mendengarkan lagu ini.

7. Sorry Sorry - Super Junior

Sorry Sorry begitu melambungkan nama Super Junior secara global pada 2009 silam. Lagu ini memiliki musik yang begitu enak didengarkan. Begitu juga dengan chorus-nya, begitu mudah diingat dan dihapal, lantaran liriknya banyak pengulangan.

Akibatnya, para pelajar Korea pun harus terpaksa bilang "Sorry Sorry" ke orang tua mereka jika sampai susah fokus belajar untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, usai mendengarkan lagu ini.

8. O Sole Mio - SF9

Ada banyak lagu K-Pop yang menggunakan beberapa musik Latin di dalamnya, salah satunya adalah O Sole Mio. Lagu yang dirilis oleh SF9 pada 2017 tersebut menjadi lagu yang sangat bikin nagih di masanya. 

Sejak pertama kali mendengarkan irama gitar di awal, kamu sudah dibikin sulit untuk tak melanjutkan sing along sampai habis lagunya. Bahkan, setelahnya pun kamu masih ingin mendengarkannya lagi dan lagu. Wajar, jika tak ada pelajar Korea yang berani mendengarkannya ketika sedang persiapan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

9. Bo Peep Bo Peep - T-ARA

Selanjutnya ada lagu Bo Peep Bo Peep dari T-ARA. Lagu ini booming banget di tahun 2011. Bahkan, lagu tersebut menjadi salah satu lagu terpopuler T-ARA sampai sekarang. Menariknya, lagu ini diciptakan oleh Shinsadong Tiger yang dikenal jago bikin lagu K-Pop yang bikin nagih.

Benar saja, saat mendengarkannya pertama kali, lagu Bo Peep Bo Peep pun bikin susah berhenti nyanyi. Apalagi liriknya sangat catchy dan simple, wajar jika pelajar Korea sangat menjauhi untuk mendengarkan lagu ini saat musim ujian tiba.

 

10. U R Man - SS501

Last but not least, ada U R Man milik SS501. Mungkin bagi penggemar K-Pop lawas bisa paham, kenapa lagu ini sampai masuk daftar lagu yang harus dijauhi saat musim ujian tiba. 

Malah lagu U R Man sudah lama dikenal di Korea sebagai lagu yang mesti tak didengarkan, jika ingin fokus belajar untuk persiapan masuk perguruan tinggi lho. Ini karena kekuatan lagu ini masih terasa sampai sekarang. Sekali mendengarkan, dipastikan kamu tak akan mudah untuk berhenti menyanyikannya.

Well, itulah beberapa lagu K-Pop yang begitu 'ditakuti' oleh para pelajar Korea saat musim ujian masuk perguruan tinggi tiba. Dari sini kamu pun bisa mengerti jika hidup di Korea tak mudah. Sampai-sampai musik yang enak didengar saja, bisa menganggu fokus belajar.

Kalau kamu sendiri, akan tetap mendengarkan atau ikutan seperti para pelajar Korea, biar bisa fokus persiapan ujian masuk perguruan tinggi, KLovers?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING