KOREA

Gimana Sih Rasanya Kerja Bareng BTS? 4 Idol K-Pop Ini Berbagi Cerita Menariknya

Sabtu, 26 Juni 2021 18:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via JYP Ent & Big Hit Music

Kapanlagi.com - Selama 8 tahun berkarier di industri hiburan, BTS bukan saja sekali dua kali bekerja sama dengan sejumlah artis. Mereka bahkan tak hanya berkolaborasi dengan musisi internasional, di Korea beberapa idol K-Pop pun pernah merasakan kerja bareng BTS.

Beragam cerita menarik pun didapatkan para idol K-Pop tersebut. Dalam kesempatan berbeda, masing-masing mengungkapkan kesan bagaimana pengalaman bekerja sama dengan BTS. Bahkan, ada yang tak ragu menceritakannya kepada para penggemar lho.

Lebih lanjut, intip kisah lengkap para artis dan idol K-Pop yang pernah kerja bareng BTS berikut ini.

1. Ryujin ITZY

Baru-baru ini Ryujin ITZY berbagi cerita kepada para penggemar dalam fansign lewat video call. Ia mengungkapkan jika bekerja sama dengan BTS menjadi salah satu pengalaman dalam hidupnya yang tak bisa dilupakan begitu saja.

"Mereka (BTS) sangat baik kepadaku. Aku sangat bersyukur atas kebaikan BTS saat itu, karena waktu itu aku masih trainee, tapi mereka benar-benar bersikap baik kepadaku," ungkap Ryujin.

Sebagai informasi, saat masih trainee Ryujin ITZY pernah menjadi lawan main Jimin dan J-Hope BTS dalam video pendek berjudul LOVE YOURSELF Higlight Reel. Video tersebut menyajikan rangkuman cerita dan teori di balik album trilogi BTS, LOVE YOURSELF: Her, Tear dan Answer.

2. Younha

Di awal 2020, Younha mengumumkan sebuah single yang cukup dinanti banyak penggemar di seluruh dunia, yaitu Winter Flower. Pasalnya, single tersebut buah kolaborasinya dengan RM BTS.

Ia pun mengungkapkan, jika kolaborasi dengan RM BTS begitu berkesan dalam hidupnya. Berkat kerja sama tersebut, baik RM BTS maupun Younha debut untuk pertama kalinya di urutan pertama Billboard World Digital Song Sales sebagai artis solo.

"Aku pikir kerja sama dengan RM adalah momen paling berharga dalam hidupku. Dia sedang melakukan tur dunia bersama BTS saat itu, jadi dia mengirimiku email yang sangat panjang. Dia sangat berperan besar dalam lagu tersebut. Email yang dia kirim berisi lirik dan penjelasan yang sangat detail dan sarat makna. Dia benar-benar sangat detail dan perfeksionis. Aku sangat kagum dengannya," ungkap Younha.

3. IU

Pada 2020, IU juga memberi kabar bahagia, setelah memberikan bocoran sedikit demi sedikit tentang kolaborasi dengan Suga BTS dalam lagu Eight. Suga mengambil peran sebagai produser sekaligus artis kolaborasi dalam lagu tersebut.

IU ingin lagu yang bisa mengekspresikan perjalanan hidupnya hingga di usia 28 tahun. Ia menilai Suga mampu menghadirkannya dalam lagu tersebut, sehingga sangat nyaman dan bisa menyelesaikan setiap prosesnya dengan lancar.

"Secara umum kerja sama dengan Suga BTS sangat nyaman. Proses kreatif kami lakukan dengan sangat santai dan menyenangkan, dibandingkan pengerjaan lagu lainnya yang pernah aku jalani," ungkap IU.

4. Solbi

Last but not least, ada Solbi, penyanyi solo Korea yang juga member idol K-Pop Typhoon. Solbi memang tak pernah berkolaborasi dalam musik bersama BTS, tetapi ia pernah kerja bareng tepatnya dengan Jin BTS dalam sebuah reality-documentary show.

Saat itu, ia dan Jin kerja bareng untuk acara Law of the Jungle. Ia pun membagikan pengalamannya dalam kerja sama tersebut.

"Saat kamu pergi ke hutan, nggak ada pilihan lain yang bisa kamu perbuat, selain berteman dengan banyak orang, agar tetap bisa bertahan hidup," ungkap Solbi.

Berkat momen tersebut ia jadi berteman dekat dengan Jin, bahkan sampai punya grup chat bareng. Ia pun mengucapkan selamat kepada Jin, saat BTS berhasil meraih nomor satu untuk pertama kalinya di Billboard 200.

"Aku tak pernah mengharapkan dapat balasan chat, mengingat BTS sangat sibuk dengan agenda mereka di luar negeri saat itu. Namun, dia justru membalasku dengan terima kasih yang sangat detail dan sopan. Aku begitu terkesan dengannya. Dia benar-benar memiliki kepribadian yang sangat baik," pungkas Solbi.

Well, setenar apapun BTS sepertinya tak lupa untuk tetap bersikap rendah hati. Bisa jadi, hal itulah yang membuat banyak orang terkesan saat kerja sama bareng BTS. 

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING