Meski Punya Banyak Fans & Penghargaan, TWICE Tetap Sering Dihujat Haters!

Jum'at, 26 Januari 2018 09:16 Penulis: Gogor Subyakto
Meski Punya Banyak Fans & Penghargaan, TWICE Tetap Sering Dihujat Haters! TWICE Credit: via billboard.com

Kapanlagi.com - Panggung hiburan Korea Selatan memang sudah melebarkan sayapnya ke ranah internasional. Yang paling dikenal dari mereka adalah dunia musik yang lebih dikenal dengan istilah K-Pop. Bukan hanya menawarkan ragam genre, para pekerja seni musik ini hadirkan konsep, video klip hingga penampilan busana yang begitu menarik di setiap comeback-nya.

Deretan girlgroup dan boygroup yang mewarnai dunia K-Pop memang merupakan favorit begitu banyak pecinta musik Korea. Setiap grup juga memiliki konsep dan ciri khas mereka masing-masing. Karena hal tersebut pula, banyak yang tertarik dengan para Idol (sebutan penyanyi dalam grup K-Pop) dan memiliki grup favorit mereka masing-masing.

TWICE merupakan salah satu grup K-Pop yang begitu populer hingga kelas internasional. Credit: via twicejapan.comTWICE merupakan salah satu grup K-Pop yang begitu populer hingga kelas internasional. Credit: via twicejapan.com

Sekarang ini, dunia musik K-Pop sendiri tengah berada di generasi ketiga mereka. Banyak grup baru yang debut dengan daya tarik mereka masing-masing. Salah satunya ada girlgroup dengan nama TWICE dari agensi JYP Entertainment. Grup yang satu ini memiliki 9 anggota yakni, Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu.

Berawal Dari Ajang Kompetisi 'SIXTEEN'

TWICE memang merupakan salah satu girlgroup yang tak hanya sukses di Korea namun juga manca-negara. Jihyo cs ini memang selalu berhasil membuat para penggemar terpukau dengan berbagai comeback mereka. Namun, tahukah kalian kalau perjuangan para member grup ini tak berjalan mulus. Sama seperti yang lain, mereka juga harus menjalani masa trainee.

Sebelum debut, para member TWICE berlomba dalam ajang kompetisi SIXTEEN. Credit: via soompi.comSebelum debut, para member TWICE berlomba dalam ajang kompetisi SIXTEEN. Credit: via soompi.com

Setelah bertahun-tahun menyandang status sebagai seorang trainee, para member TWICE ini pun lantas mencoba peruntungan mereka untuk bisa debut lewat ajang kompetisi bertajuk SIXTEEN. Acara yang satu ini memang digelar oleh JYP untuk para trainee mereka agar bisa dibentuk dalam sebuah grup. Setiap minggunya, mereka harus menghadapi masa sulit agar tak tereliminasi.

Awalnya hanya Nayeon, Jeongyeon, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, and Chaeyoung yang lolos dalam kompetisi tersebut dan akan didebutkan sebagai 7 member grup. Namun, penemu dari agensi itu yakni Park Jin Young memutuskan untuk menambahkan Tzuyu dan Momo. Tentunya keputusan tersebut pun sempat menjadi kontroversi.

Kesuksesan Debut TWICE

Sembilan member grup yang satu ini pun menuai kepopuleran semenjak debut mereka. TWICE memasuki industri K-Pop dengan single lagu Like Ooh-Aah yang dirilis pada bulan Oktober 2015. Video klip-nya sendiri meraih angka 50 juta penonton dalam waktu kurang lebih 5 bulan. Hal tersebut merupakan pertama kalinya di dunia musik Korea Selatan.

Debus sukses TWICE dengan single 'Like Ooh Aah'. Credit: via soompi.comDebus sukses TWICE dengan single 'Like Ooh Aah'. Credit: via soompi.com

Dengan prestasi yang begitu membanggakan tersebut, tentunya grup yang satu ini lantas menjadi perbincangan di negaranya sendiri hingga taraf internasional. Lagu debut mereka pun kerap dimainkan di berbagai acara televisi. Selain itu, banyak pula bintang K-Pop lainnya yang meng-cover gerakan tarian TWICE untuk single tersebut.

Rilis Berbagai Single Hingga Raih Deretan Penghargaan

Mulai dari tahun 2015, TWICE memang sudah menjadi salah satu girlgroup yang begitu kuat di panggung hiburan Korea Selatan. Maka dari itu tak heran jika deretan lagu mereka begitu sukses di pasaran. Dan di setiap comeback-nya di berbagai acara musik televisi. Jihyo cs selalu berhasil membawa pulang piala penghargaan.

Setelah debut Like Ooh Aah, TWICE melanjutkan kesuksesan mereka dengan sederet single yang begitu diminati tak hanya penggemar namun juga masyarakat luas. Deretan lagu mereka yaitu Cheer Up, TT, Knock Knock, Signal, Likey dan yang paling Heart Shaker.

'TT' merupakan single lagu milik TWICE yang begitu populer dan fenomenal. Credit: via asianjunkie.com'TT' merupakan single lagu milik TWICE yang begitu populer dan fenomenal. Credit: via asianjunkie.com

Dari deretan single tersebut, yang paling begitu ramai diperbincangkan adalah TT. Selain karena musik yang catchy, gerakan tarian untuk lagu tersebut membuat banyak orang menjadi gemas dan banyak bintang-bintang Korea yang begitu terkenal menirukan tarian tersebut. Bisa dibilang kalau TT menjadi salah satu lagu fenomenal di sepanjang sejarah K-Pop.

Kesuksesan ini pun lantas menghadirkan banyak penghargaan bergengsi yang diraih oleh TWICE. Pada tahun 2015, mereka meraih piala Best New Female Artist dalam ajang Mnet Asian Music Awards. Di tahun 2016 mereka mendapat penghargaan New Artist of The Year dalam event Golden Disc Awards. Dan belum lama ini pada tahun 2018, TWICE berhasil gaet piala Bonsang Award di acara Seoul Music Awards.

Sukses, TWICE meraih banyak piala dalam berbagai kategori dan ajang penghargaan. Credit: via soompi.comSukses, TWICE meraih banyak piala dalam berbagai kategori dan ajang penghargaan. Credit: via soompi.com

Selain itu, deretan musik video mereka juga sering mencapai angka yang begitu fantastis dalam waktu singkat. Hingga kini, video-video yang dirilis di Youtube tersebut sudah ditonton sebanyak ratusan juta kali. Hal tersebut juga menjadi salah satu kebanggaan grup yang satu ini.

ONCE vs THRICE

Semakin sukses seorang selebriti memang akan bertemu dengan deretan orang yang tak suka atau biasa disebut haters. Hal yang sama juga dirasakan oleh grup TWICE. Meski banyak yang menghujat mereka, namun para member selalu mendapatkan semangat dari para penggemar yang disebut dengan nama ONCE.

Jika para fans bernama ONCE, grup yang diidolakan bernama TWICE, lantas ada deretan haters yang menamai diri mereka dengan sebutan THRICE. Yup, meski memiliki banyak penggemar dan penghargaan, grup yang satu ini juga tak bisa lepas dari orang-orang yang sering berkomentar kurang menyenangkan kepada mereka.

Punya banyak kemiripan, TWICE kerap dibandingkan dengan Girls Generation. Credit: via dreamers.idPunya banyak kemiripan, TWICE kerap dibandingkan dengan Girls Generation. Credit: via dreamers.id

Semua ini bermula dari debut TWICE dengan beranggotakan 9 orang. Dalam aspek tersebut banyak yang menduga kalau grup ini ingin meniru keberhasilan dari senior mereka yakni Girls Generation yang juga debut dengan jumlah anggota yang sama. Karena perbandingan ini pula, ONCE, THRICE bahkan SONE (sebutan fans SNSD) terlibat dalam perang fans yang begitu fenomenal. Bahkan ada pula perbandingan tentang kemiripan konsep mereka.

Banyak yang beranggapan TWICE tak bertalenta karena vokal yang tak stabil. Credit: via i.ytimg.comBanyak yang beranggapan TWICE tak bertalenta karena vokal yang tak stabil. Credit: via i.ytimg.com

Selain itu, berbagai pihak (termasuk THRICE) yang beranggapan kalau para member grup asuhan JYP ini tak memiliki bakat setimpal dengan kepopuleran mereka. Hal tersebut dikarenakan sebuah video Mr. Removed (video penampilan live penyanyi tanpa musik) TWICE muncul dan menunjukkan kalau mulai debut, Jihyo cs dalam segi vokal memang tak stabil.

Walaupun sekarang ini mereka sudah mengasah talenta mereka dan tampil lebih baik, tetap saja ada yang selalu mengeluarkan kata-kata cacian ke para member TWICE. Jika hal tersebut terjadi, sederet ONCE pun hadir untuk membela mereka. Terkadang perseteruan mereka ini pun berakhir dengan munculnya fan war di sosial media.

Kesuksesan TWICE memang bisa dibilang berkat fans dan juga haters. Credit: via billboard.comKesuksesan TWICE memang bisa dibilang berkat fans dan juga haters. Credit: via billboard.com

Kesuksesan seorang bintang memang tak akan ada tanpa hadirnya penggemar dan juga para haters. Bila diambil positif-nya, dua pihak ini bisa menjadi pembelajaran yang baik bagi sang idola. Fans sebagai penyemangat, haters sebagai mereka yang mengingatkan untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Tentunya hal ini juga berlaku dengan grup fenomenal TWICE. So, kalau kamu ONCE atau THRICE?

(kpl/ssm)

Editor:

Gogor Subyakto


REKOMENDASI
TRENDING