Mark Daniel Ronson terlahir dari keluarga berada di Inggris. Ibunya adalah seorang penulis sementara ayahnya adalah seorang pengusaha real estate.

Selepas SMA, Mark melanjutkan pendidikannya ke Vassar College dan New York University. Saat inilah Mark mulai berkenalan dengan dunia musik. Mark mengawali karirnya sebagai DJ di beberapa club di New York dengan bayaran rendah.

Dalam waktu singkat, nama Mark mulai diperhitungkan. Ia kemudian sering diundang untuk menjadi DJ dalam pesta-pesta yang digelar para pesohor Hollywood.

Tahun 2003, Mark Ronson melepas album pertamanya yang berjudul HERE COMES THE FUZZ. Album ini bisa dibilang berhasil baik secara komersial maupun kualitas. Setahun kemudian, Mark mendirikan perusahaan rekaman Allido Records yang menjadi cabang dari Sony BMG.

Album kedua Mark yang berjudul VERSION dilepas tahun 2007 lalu. Album ini pun banyak mendapat pujian dari para kritikus musik di AS.

Selain sebagai DJ dan musisi, Mark juga sempat menjadi produser dari beberapa artis lain seperti Robbie Williams, Amy Winehouse, Christina Aguilera, dan Maroon 5.

Pria yang juga kakak dari Samantha Ronson ini tercatat meraih tiga Grammy Award sebagai Producer of the Year, Record of the year, dan Best Pop Vocal Album serta BRIT Awards sebagai Best British Male Solo Artist.




Komentar