Mary Jane Blige atau populer dengan nama Mary J Blige adalah penyanyi asal Amerika kelahiran Bronx, New York, 11 Januari 1971. Penyanyi dengan lagu bergenre hip-hop ini, mengawali album debut populernya, What's The 411? (1992), yang sukses di pasaran.

Penyanyi yang mendapat gelar Queen of Hip Hop Soul tercatat sebagai penyanyi dengan sukses dengan penjualan album hingga 65 juta kopi di seluruh dunia, sejak dirinya mengawali karir pada 1991. Sukses tersebut didukung oleh enam album yang telah dirilis, di antaranya album bertajuk My Life (1994). Di mana di dalam album keduanya tersebut, Blige melakukan kolaborasi bersama Method Man, yang kemudian mengantarkannya meraih Grammy Award untuk Best Rap Performance kategori Duo atau Group serta sukses di tangga lagu sejumlah negara.

Sukses berikutnya, lewat album ketiganya, Share My World (1997-1998). Lewat single terkenalnya Love Is All We Need, I Can Love You, Everything dan Seven Days, dalam album ini, dirinya juga berhasil memenangkan American Music Award untuk Favorite Soul/R&B Album. Disusul kemudian, pada 17 Agustus 1999, kemudian dirilis album keempat, Mary (1999), di mana di dalamnya menampilkan bintang tamu seperti Aretha Franklin, yang duet dalam lagu Don't Waste Your Time, kemudian duet juga dengan Elton John, Eric Clapton dan Lauryn Hill.

Album berikutnya yang juga turut mengukur suksesnya adalah album No More Drama (2001), dengan single hit-nya Family Affair yang juga menjadi theme song drama THE YOUNG AND THE RESTLESS. Diteruskan kemudian dalam dua albumnya yang terakhir Love & Life (2003) dan The Breakthrough (2005). Di mana dalam album The Breakthrough (2005), Blige melakukan kolaborasi dengan Rodney Jerkins, will.i.am, Bryan Michael Cox, 9th Wonder, Jimmy Jam and Terry Lewis, Raphael Saadiq, Cool and Dre dan Dre & Vidal.

Selain itu, Mary juga mengeluti profesi sebagai seorang aktris, yang perah sukses mendukung film THE JAMIE FOXX SHOW (1988), PRISON SONG (2000), STAN LEE (2000), dan juga sebagai penulis lagu, serta memproduseri film layar lebar.

Baca Profil Lengkap Mary J Blige ▼



Show More ▼