Meryem Uzerli lahir pada tanggal 12 Agustus 1983 di Jerman. Ia adalah seorang aktris dan model blasteran Turki dan Jerman yang melejit namanya lewat peran sebagai Hurrem Sultan dalam serial Abad Kejayaan (2011-2014). Selain itu dalam dunia akting ia juga terkenal lewat perannya dalam film Jerman yang berjudul JOURNEY OF NO RETURN dan JETZT ABER BALLET. Kedua film tersebut sama-sama ia bintangi di tahun 2010.

Meryem adalah anak dari aktris cantik asal Jerman, Ursula Uzerli sedangkan ayahnya berasal dari Turki, bernama Huseyin. Oleh karena itu sekarang Meryem memiliki dua kewarganegaraan, yakni Turki dan Jerman dibarengi pula dengan tempat tinggal di kedua negara tersebut.

Meryem Uzerli memiliki dua kakak laki-laki dan seorang kakak perempuan yang bernama Canan Uzerli, yang tak lain adalah musisi jazz. Bahasa ibu Meryem adalah bahasa Jerman, namun ia juga fasih menggunakan bahasa Inggris. Meryem menempuh pendidikannya di Freie Waldorf School yang terletak di kota Kassel, Jerman. Saat sekolah ia aktif dalam kegiatan teater, kemudian ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Schauspielstudio Frese di Hamburg pada tahun 2000-2003.

Setelah lulus ia mengambil peran kecil dalam beberapa serial di Jerman. Namun namanya baru melejit saat memerankan serial drama sejarah televisi yang berjudul Abad Kejayaan. Awal mulanya adalah di tahun 2010, setelah melakukan pencarian selama 8 bulan lamanya untuk menemukan aktris terbaik yang memerankan peran Hurrem, terpilihlah nama Meryem Uzerli. Ia dipilih langsung oleh Meral Okay selalu penulis naskah dan Timur Savci sebagai produser.

Dalam serial tersebut ia beradu akting dengan Halit Ergenc, Nebahat Cehre, Okan Yalabik, Nur Fettahoglu dan Selma Ergec. Serial Abad Kejayaan sukses ditayangkan di 50 negara dan ini membuat popularitas Meryem melambung tinggi, ia pun berhasil menjaring banyak fans dalam waktu yang singkat.

Dalam jangka waktu dua tahun saja Meryem sudah bisa meraih berbagai penghargaan bergengsi, salah satunya adalah 'Aktris Terbaik' dalam Golden Butterfly Award pada tahun 2012. Meryem juga kebanjiran tawaran untuk menjadi model dari deretan brand ternama seperti Elle, Marie Claire, InStyle dan produk kecantikan Turki bernama Elidor.

Pada tahun 2013, Meryem Uzerli memutuskan untuk hengkang dari serial yang telah membesarkan namanya itu karena alasan kesehatan. Oleh karena itu sejak episode 103, perannya sebagai Hurrem sultan digantikan oleh Vahide Percin. Setelah meninggalkan Turki ia mengaku telah putus dari pacarnya, Can Ates karena telah dikhianati.

Sayangnya saat itu kondisi Meryem tengah hamil anak dari Can Ates. Akhirnya pada tanggal 10 Februari 2014 ia melahirkan bayi mungil cantik yang diberi nama Lara Uzerli. Setelah cukup lama vakum dari dunia akting, akhirnya pada Maret 2015 lalu Meryem Uzerli resmi comeback ke layar kaca dengan serial terbarunya yang ia bintangi bersama Murat Yildirim.





Komentar