Meryl Streep mengenal akting saat ia menuntut ilmu di Vassar College. Namun ia baru bisa menunjukkan kemampuan aktingnya secara profesional saat ia ikut berperan dalam film JULIA tahun 1977.

Setahun kemudian, Meryl mendapat kepercayaan untuk berperan dalam film legendaris THE DEER HUNTER yang akhirnya membuahkan satu piala Oscar untuk kategori pemeran pembantu terbaik.

Sejak saat itu sudah ada 14 nominasi Oscar yang sudah diraih wanita yang terlahir di New Jersey ini. Itu belum termasuk 4 piala Emmy yang juga sempat diraihnya lewat film HOLOCAUST, FIRST DO NO HARM, dan ANGELS IN AMERICA.

Tak kurang dari 45 judul film termasuk KRAMER VS KRAMER, OUT OF AFRICA, DEATH BECOMES HER, THE MACHURIAN CANDIDATE, THE DEVIL WEARS PRADA dan MAMMA MIA! sudah dibintangi oleh aktris ini.

Namun itu tak mengherankan jika mengingat aktris ini terkenal sangat perfeksionis saat menyiapkan diri untuk sebuah peran. Di samping itu, Meryl Streep juga dikenal mampu membawakan hampir semua aksen dalam bahasa Inggris.

Kembali Meryl mendapatkan nominasi atas perannya di film DOUBT yang rilis pada tahun 2008. Di film ini, Meryl berperan sebagai Sister Aloysius Beauvier. Berkat penampilannya di film ini, ia dinominasikan sebagai Best Actress di ajang BAFTA Award, Golden Globe Award, Satellite Award dan ajang Academy Award.

Selain nominasi, Meryl telah berhasil membawa pulang piala sebagai Best Actress di ajang Broadcast Film Critics Association Award, Iowa Film Critics Award, Kansas City Film Critics Circle Award serta Screen Actors Guild Award.

Di awal Juni 2009, Meryl memperoleh gelar kehormatan, yakni Doctorate of Fine Arts yang dianugerahkan Princeton di ulang tahun universitas ini yang ke-262 berkat pengabdiannya pada dunia akting selama ini.

Awal Agustus 2009, Meryl merilis film terbarunya JULIE & JULIA. Film yang bergenre drama komedi dan disutradarai Nora Ephon, kembali membawa nama Meryl masuk menjadi nominasi Academy Awards ke-82 sebagai Best Actress. Dan di ajang Golden Globes, ia juga berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Best Actress - Motion Picture Musical or Comedy.


Komentar