PERSONAL
London menjadi tempat kelahiran Mumford & Sons pada Desember tahun 2007. Marcus Mumford sang multi instrumentalis menyatukan Ben Lovett, Winston Marshall dan Ted Dwane untuk membentuk band beraliran folk ini. Instrumen khusus mereka gunakan untuk mendukung genre yang mereka sukai seperti banjo dan mandolin. Nama Mumford & Sons dipilih karena Marcus memang yang paling menonjol di antara yang lain dan ia pula yang mengorganisir keseluruhan band. Grup ini lahir ketika banyak band dengan genre serupa terbentuk dan seolah menjamur di London. Tapi hal ini justru tak menghentikan semangat Marcus, ia mengatakan musik mereka berbeda dengan kebanyakan. Perjalanan mereka memang tidak mudah, apalagi sejak bekerjasama dengan Adam Tudhope pada awal 2008. Selama menjadi manajer mereka, Adam selalu mengawasi mereka, walaupun ia mengatakan bahwa mereka belum siap untuk mendapatkan kontrak rekaman. Baru pada Juni 2008, Mumford & Sons mulai disorot publik atas penampilannya di Glastonbury Festival. Chess Club Records akhirnya mengontrak mereka, dan karya pertama mereka, sebuah mini album bertajuk LOVE YOUR GROUND dirilis pada November 2008.

KARIR
Sepanjang tahun 2008, Mumford & Sons melakukan beberapa konser kecil di beberapa panggung Inggris dan Amerika. Lagu Love Your Ground yang menjadi cikal bakal album SIGH NO MORE turut dikenalkan pada pertunjukan-pertunjukan tersebut. Pada saat album tersebut akan dikerjakan, mereka belum memiliki alat musik sendiri sehingga proyek tersebut dihentikan sebelum sempat dimulai. Baru pada Agustus 2009, band ini mendapat kontrak dari tiga label rekaman dari tiga tempat berbeda, yaitu Island Record dari Inggris, Dew Process di Australia, dan Glassnote Records asal Amerika. Tepat pada tanggal 5 Oktober 2009, album debut mereka dirilis dengan Litte Lion Man sebagai single utama.

Langkah berlanjut ke jaringan televisi di Amerika Serikat, salah satunya penampilan di LATE SHOW WITH DAVID LETTERMAN yang merupakan penampilan pertama mereka di channel terkenal itu. Kesuksesan yang paling mencolok adalah di Australia dan Selandia Baru. Disana mereka memuncaki Triple J Hottest 100, menduduki peringkat sembilan untuk album SIGH NO MORE di chart New Zealand, bahkan memenangkan ARIA Award untuk Most Popular International Artist. Pada ajang penghargaan Grammy di akhir tahun 2010, mereka menampilkan single The Cave. Tak berhenti sampai di situ, band ini juga dinominasikan untuk kategori Best New Artist dan Best Rock Song. Walaupun tak memenangkan penghargaan, media musik di Amerika banyak menyorot mereka, dan berimbas pada penjualan album mereka yang meningkat pesat.

Popularitas mereka berlanjut di tahun 2011. Beberapa penghargaan akhirnya mereka menangkan, beberapa di antaranya adalah British Album of the Year dari BRIT Awards dan European Border Beakers Award. Grup ini juga menjadi headline di beberapa konser dan festival yang lebih besar. Setelah melakukan beberapa tur di Amerika Serikat, mereka memutuskan untuk berhenti demi penggarapan album baru dan pada bulan Juni, rencana tersebut bisa dilakukan. Mumford & Sons secara resmi mengumumkan detail dari album kedua mereka yang dinamai BABEL pada 16 Juli 2012, termasuk daftar lagu dan tanggal rilis resmi yakni pada 24 September 2012. BABEL langsung menjadi nomor satu di UK Albums Chart dan US BIllboard 200. Memecahkan rekor penjualan tercepat tahun 2012 di Inggris dengan total 158.000 kopi yang terjual pada minggu pertama. Bahkan karya kedua band ini adalah penjualan album debut terbanyak di Amerika Serikat pada tahun yang sama, yaitu 600.000 kopi pada seminggu pertama dan jutaan di seluruh dunia. Tur dunia akhirnya dijalankan pada November 2012 untuk BABEL. Sayangnya pada 20 September 2013, grup ini mengumumkan untuk vakum sementara karena mereka sedang membutuhkan waktu tersendiri untuk band ini setelah kesuksesan mereka.

DISKOGRAFI

ALBUM
*2009: SIGH NO MORE
*2012: BABEL

ALBUM LIVE
*2011: LIVE AT SHEPERD'S BUSH EMPIRE
*2012: THE ROAD TO RED ROCKS

MINI ALBUM
*2008: MUMFORD & SONS
*2008: LOVE YOUR GROUND
*2009: ITUNES FESTIVAL: LONDON 2009
*2010: MUMFORD & SONS, LAURA MARLING & DHAROHAR PROJECT
*2010: ITUNES FESTIVAL: LONDON 2010
*2010: THE WEDDING BAND - THE FIRST DANCE
*2012: ITUNES FESTIVAL: LONDON 2012
*2013: LIVE FROM BULL MOOSE

SINGLE
*2009: Little Lion Man
*2009: Winter Winds
*2010: The Cave
*2010: Roll Away Your Stone
*2012: I Will Wait
*2012: Lover of the Light
*2013: Whispers in the Dark
*2013: Babel
*2013: Hopeless Wanderer

Baca Profil Lengkap Mumford And Sons ▼



Show More ▼