Panic at the Disco atau sering disingkat PATD adalah grup band beraliran emo ini dibentuk di Las Vegas, Nevada, AS sekitar tahun 2004 lalu. Awalnya, Ryan Ross (guitar) dan Spencer Smith (drums) yang sudah akrab sejak kecil berencana membentuk satu grup band. Keduanya lantas merekrut Brent Wilson dan membentuk band yang mereka namakan Summer League.

Setelah sempat berganti formasi, grup ini akhirnya mengambil nama Panic at the Disco dengan formasi Brendon Urie, Ryan Ross, Spencer Smith, dan Brent Wilson. Album pertama mereka dirilis tahun 2005 dengan judul A FEVER YOU CAN'T SWEAT OUT. Sampai saat ini, album pertama ini sudah terjual lebih dari dua juta copy di seluruh dunia dan berhasil meraih dua platinum album.

Bulan Mei 2006, sang basis, Brent Wilson memutuskan untuk keluar dari band yang membesarkannya ini. Posisi Brent segera digantikan oleh teman lama mereka, Jon Walker. Akhir Maret 2008, Panic at the Disco kembali melepas studio album. Album dengan judul PRETTY. ODD. ini sempat bertengger di posisi puncak tangga lagu di Australia. Sementara di AS, album ini harus puas berada di posisi kedua saja.

Tahun 2009, Jon Walker dan Ryan Ross memutuskan untuk leuar dari Panic at the Disco/ Alhasil personil yang tersisa tinggal dua orang, yaitu Brendon Urie dan Spencer Smith. Namun perubahan formasi ini tidak menyurutkan semangat kedua personil yang tersisa. Mereka masih tetap eksis walau hanya berdua saja.

Hingga kini, eksistensi mereka masih berkibar. Aliran emo yang cukup banyak diminati nyatanya membawa mereka pada kesuksesan. 22 Maret 2011, mereka kembali merilis album terbaru mereka berjudul VICES & VIRTUES di bawah label Decaydance Records. Selain ketiga labum tersebut, masih ada banyak single mereka yang juga cukup laris di pasaran. Karena pamor mereka yang kian berkibar, tak salah jika mereka dipercaya untuk mengisi acara dalam konser 2011 di Indonesia mendatang.

DISKOGRAFI
Album
2005 A FEVER YOU CAN'T SWEAT OUT
2008 PRETTY. ODD.
2011 VICES & VIRTUES


Single Populer
2005 THE ONLY DIFFERENCE BETWEEN MARTYRDOM AND SUICIDE IS PRESS COVERAGE
2006 I WRITE SINS NOT TRAGEDIES
2006 BUT IT'S BETTER IF YOU DO
2006 LYING IS THE MOST FUN A GIRL CAN HAVE WITHOUT TAKING HER CLOTHES OFF
2007 BUILD GOD, THEN WE'LL TALK
2008 NINE IN THE AFTERNOON
2009 NEW PERSPECTIVE
2011 THE BALLAD OF MONA LISA
2011 READY TO GO




Komentar