PERSONAL
Franki Indrasmoro Sumbodo lahir di Kudus, Jawa Tengah, pada tanggal 15 Januari 1976. Dia dikenal sebagai seorang musisi, aktor, juga seorang penulis lagu dan buku asal Indonesia. Ia lebih akrab dipanggil dengan nama Pepeng. Ia menyelesaikan studi D-3 Fakultas Seni Rupa/Desain Grafis di Institut Kesenian Jakarta pada tahun 1999.

KARIR
Ketika berusia 17 tahun, Pepeng yang suka mengoleksi action figures dan buku komik ini berhasil meraih Juara Harapan I Lomba Menggambar Kobo-Chan (Elex Media Komputindo). Setelah itu Pepeng digaet Majalah HAI sebagai freelance illustrator sejak tahun 1993 sampai 1995.

Pada tahun 1995 Pepeng mulai merambah ke dunia musik. Selain menjadi main talent video klip band Netral, Walah!. Bersama David, Jarwo, Chandra, dan Emil, Pepeng juga mendirikan grup band NAIF yang tetap eksis sampai sekarang.

Dalam band tersebut, Pepeng duduk sebagai drummer dan backing vocal. Dia juga aktif menulis lagu untuk Naif, seperti Posesif. Tak hanya itu, ia juga mendesain sampul kaset/CD THE BEST OF NAIF dan RETROPOLIS (2005), serta mengonsep dan memproduseri video klip NAIF Jikalau (album TITIK CERAH, 2002) dan lima buah video klip yang ada dalam album RETROPOLIS.

Tak hanya berkiprah di dunia entertaint, penggemar buku ini juga menggeluti dunia tulis-menulis sejak 2004. Bakat menulisnya itu ia sadari pada saat ia duduk di bangku Sekolah Dasar. Pada 1999 ia sempat menjadi commercial storyboard artist sampai tahun 2001. Lalu ia menjadi konseptor dan produser buku, album lagu, dan drama musikal anak Bonbinben (2008) serta album Science In Music: Album Kompilasi Siaga Bencana (2008).

FILMOGRAFI
DAWAI 2 ASMARA (2010)

BUKU
Petualangan NAIF Dan Mesin Waktu (2010-2011)

Baca Profil Lengkap Pepeng Naif ▼



Show More ▼