PERSONAL
Rita Ora lahir di Pristina, Yugoslavia dengan pada 26 November 1990 dengan nama lengkap Rita Sahatçiu Ora. Di tahun yang sama, iakemudian pindah ke Inggris. Ia tumbuh besar di West London dan menyelesaikan pendidikannya di St Vuthbert dan St Matthias CE Primary School, Sylvia Young Theatre School dan St Charles Catholic Sixth Form College.

Dalam bermusik, Ora banyak dipengaruhi oleh idolanya, Gwen Stefani dan Beyonce Knowles. Kedekatannya dengan Beyonce lebih dari sekedar seorang artis dengan penggemarnya, namun juga sebagai mentor soal berkarir di dunia hiburan. Selain dua nama tersebut, musik dan gaya panggung Ora juga banyak mendapat pengaruh dari Aaliyah, India Arie, Christina Aguilera, Brandy, Monica, Madonna, Tina Turner, Aretha Franklin, Ella Fitzgerald, Etta James, Celine Dion, Bruce Springsteen, David Bowie, Vybz Kartel dan juga Sade.

Awal 2012 Rita digosipkan berpacaran dengan Rob Kardashian namun pada bulan Juni 2012, ia menyangkal. Beberapa nama yang sempat dikabarkan menjalin kedekatan dengan Rita antara lain Drake, dan Chris Brown.

KARIR
Ora mulai bernyanyi sejak masih kecil. Tahun 2004 ia pernah muncul dalam film Inggris berjucul SPIVS. ia juga pernah mengikuti audisi acara Eurivision: Your Country Needs You untuk tampil dalam 2009 Eurovision Song Contest. Ora berhasil terpilih menjadi salah satu finalis namun ia memutuskan untuk keluar karena merasa persiapannya tidak cukup matang.

Tahun 2007 Ora bekerja sama dengan Craig David dalam salah satu lagunya yang berjudul Awkward. Kemudian pada tahun 2008 ia berduet bersama Tinchy Stryder menggarap lagu Where's Your Love. Setelah itu Ora mulai menyanyi dari bar ke bar di London. Pada tahun 2009, Ora mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Jay-Z dan langsung diajak untuk tampil sebagai cameo dalam video klip Jay-Z berjudul Young Forever. Ora juga diajak untuk membintangi video klip Drake yang berjudul Over.

Di tengah persiapan Ora dengan album solo perdananya, ia menyiapkan beberapa viral video yang bercerita tentang persiapannya dalam menggarap album. Pada tanggal 14 Desember 2011, Ora bersama DJ Fresh merilis video klip Hot Right Now di Youtube. Single ini dirilis pada 12 Februari 2012 dan meraih nomor satu dalam UK Singles Chart.

24 Februari 2012 Ora bertandang ke New York bersama Jay-Z untuk promo single terbarunya berjudul How We Do (Party). Single ini rencananya akan menjadi salah satu single andalan dalam album terbaru Ora. Album ini digarap selama dua tahun dengan bantuan beberapa musisi ternama seperti  will.i.am, Ester Dean, Drake, The-Dream, Kanye West dan Stargate. Dalam album ini, Ora memadukan beberapa jenis musik mulai dari musik pop, jazz hingga reggae.

Pada 6 Mei 2012, ia merilis single R.I.P yang dinyanyikan bersama Tinie Tempah. Lagu ini kemudian berhasil menduduki tangga lagu nomor 1 di Inggris. Masih di bulan Mei 2012, Ora tampil sebagai juri dalam serial The X Factor di Inggris. Ketika menjalani tur bersama Coldplay, ia mengumumkan bahwa albumnya yang berjudul ORA akan dirilis pada 27 Agustus 2012.



DISKOGRAFI
ORA (2012)

SINGLE
HOW WE DO (PARTY) (2010)
R.I.P (2012)
RADIOACTIVE (2012)

Baca Profil Lengkap Rita Ora ▼



Show More ▼