PERSONAL
Band beraliran pop punk asal Bandung ini terbentuk pada tahun 1998. Saat ini mereka beranggotakan 5 orang, Al a.k.a Ucay (vokal), Lowp (gitar), Aska (gitar), Bisma (bass) dan Ozom (drum). Sejak awal terbentuk, band ini kerap tampil dalam pensi SMA dan kampus juga bermain dalam event skateboarding bersama VOLCOM Indonesia.

Rocket Rockers pernah menjadi band pembuka bagi konser Skin Of Tears (Jerman), MXPX (US) dan All Time Low.

Tahun 2012 band ini sempat memicu kontroversi berkat foto Ucay di facebook Rocket Rockers yang mengenakan kaos dengan tulisan bernada provokatif. Rocket Rockers mendapat surat terbuka dari Rudolf Dethu, manajer Superman Is Dead  yang mempertanyakan foto dalam tampilan facebook tersebut. Hal ini kemudian ditanggapi santai oleh pihak manajemen Rocket Rockers dan menegaskan bahwa tulisan di kaos Ucay tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan Rocket Rockers.

KARIR
Sebelum bernama Rocket Rockers, band ini terbentuk pada tahun 1998 dengan nama Immorailty President. Saat itu formasi awalnya terdiri dari Firman (vokal/gitar), Aska (vokal/gitar), Bisma (bass) dan Doni (drum). Tahun 1999 Firman keluar dari Immorality President dan digantikan Ucay.  Nama mereka pun berganti menjadi Rocket Rockers.

Karir Rocket Rockers bisa dibilang cepat meroket seperti namanya. Tahun 2000, lagu mereka masuk dalam sebuah kompilasi dari bonus CD majalah Fallen Angel bersama Posion The Well, Strung Out, Not Available, Step Forward, dan masih banyak lagi. Tahun 2001 Rocket Rockers mendapat kesempatan unuk tampil sebagai band pembuka dari band punk asal Jerman, Skin Of Tears. Tertarik dengan kualitas musik dan karakter band yang terasa cukup kuat, Rocket Rockers kemudian diendorse oleh VOLCOM Indonesia.

Tahun 2002 Rocket Rockers merilis album perdana mereka berjudul SOUNDTRACK FOR YOUR LIFE di bawah naungan label OffTheRecords. Album tersebut berhasil terjual sebanyak 15.000 keping dan singlenya, Finishkan menempati puncak tangga lagu di chart indie Radio Prambors selama beberapa minggu. Sejak itu, tawaran untuk manggung di berbagai pensi mulai berdatangan termasuk hingga di luar Bandung.  

Tahun 2003 band ini sempat tampil sebbagai cameo dalam film CINTA 24 KARAT garapan Richard Buntario. Setelah tampil dalam film layar lebar, Doni (drum) mengundurkan diri dan digantikan oleh Ozom.

Awal tahun 2004 Sony Music menggandeng Rocket Rockers untuk menggarap album kedua yang berjudul RAS BEBAS. Sebulan pertama beredar, album ini berhasil terjual sebanyak 20.000 keping.  Melalui single andalannya Bangkit, K.L.A.S.S.I.X dan Pesta, band ini semakin mengukuhkan diri sebagai salah satu band pop punk terbaik di Indonesia.

Tahun 2006 Rocket Rockers tampil dalam sebuah film dokumenter tentang punk di dunia berjudul PUNK'S NOT DEAD THE MOVIE: A REVOLUTION 30 YEARS IN THE MAKING. Film yang disutradarai oleh Susan Dynner ini bercerita tentang penelusuran perkembangan dan eksistensi punk rock selama 30 tahun. Selain Rocket Rockers, band yang terliabt dalam film ini antara lain NOFX, Sex Pistols, Minor Threat, Black Flag, The Ramones, Dead Kennedys, Rancid, Greenday, The Used, Thrice, SUM 41, Good Charlotte, Story Of The Year dan masih banyak lagi. Film ini mendapat pujian dari berbagai festival internasional seperti The Copenhagen International Documentary Film Festival, Melbourne International Film Festival, Buenos Aires Film Festival hingga Cannes Film Festival.

Pada pertengahan 2006, ketika sedang menyiapkan materi untuk album ketiga, BETTER SEASON, di luar dugaan materi yang belum rampung itu bocor ke dunia maya. Tahun 2007, karena tidak ada lagi kerja sama yang menguntungkan, Rocket Rockers memutuskan hubungan kerja sama dengan SONY BMG. Rocket Rockers akhirnya mendirikan label sendiri bernama Reach & Rich Records.

Tahun 2008 Rocket Rockers menjadi salah satu band pembuka konser MXPX bersama SID dan Fornufan. Pertengahan 2008 mereka merilis single Better Season dan Terobsesi dari album BETTER SEASON. Meski single ini telah bocor 2 tahun sebelumnya, ketika dirilis kembali lagu ini masih menduduki posisi 1 di Radio Ardan Bandung. Akhir Juli 2008, album BETTER SEASON akhirnya resmi dirilis di bawah label Reach & Rich Records.

Di usia Rocket Rockers ke 10, mereka menggelar konser 10 Tahun Rocket Rockers yang diadakan di GSG ITENAS. Acara ini dihadiri oleh Rocket Rockfriends (sebutan untuk penggemar Rocket Rockers) dari berbagai kota seperti Jakarta, Bekasi, Jogja, Surabaya, Malang, Solo, Bali, Palu, dan lain-lain.

4 Agustus 2010 Rocket Rockers kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi band pembuka band asing. Kali ini mereka membuka konser band pop punk All Time Low. Tak hanya menjadi band pembuka, mereka juga berkolaborasi dengan All Time Low membawakan lagu Dammit! milik Blink 182.

Tahun 2011, Rocket Rockers merilis album keempat mereka yang berjudul TONS OF FRIENDS. Single dalam album ini, Reuni dan Dia menduduki puncak tangga lagu di beberapa radio di Indonesia. Sebagai rangkaian promo album ini Rocket Rockers menggelar tur yang bertajuk #TonsOfTour di beberapa kota di Indonesia, Singapura dan Malaysia.

DISKOGRAFI
SOUNDTRACK FOR YOUR LIFE (2002)
RAS BEBAS (2004)
BETTER SEASON (2008)
TONS OF FRIENDS (2011)





Komentar