PERSONAL

Sahara Band adalah sebuah grup band yang berasal dari Bandung dan dibentuk sejak tahun 1989. Band ini dirintis oleh Richard Mutter (mantan personel PAS Band) dan Ahmad Sebastio. Kemudian mereka merekrut Ixan (vokal), Gangan (gitar), Niko (gitar), dan Rothua (drum).

Seiring berjalannya waktu, grup band ini pun mengalami bongkar pasang hingga akhirnya mereka tampil kembali dengan format baru yaitu Ridwan (vokal), Alex (vokal), Iwan Iskandar (bass), Dandy (gitar), dan Agus Aziz (drum). Namun, setelah tampil dengan format kedua ini, Sahara bubar sebab Ridwan, sang vokalis, meninggal dunia akibat kecelakaan mobil.

KARIR

Sahara yang berdiri tahun 1989 ini mengeluarkan album pertama mereka pada tahun 1993. Album bertajuk INSOMNIA ini mengusung musik rock yang sangat kental.

Kemudian pada tahun 1995, band ini kembali mengeluarkan album kedua yaitu BIARLAH SEPI yang juga mengusung lagu jagoan berjudul sama. Pada album kedua ini, musik rock yang menjadi ciri khas mereka tidak terlalu ditampilkan secara dominan. Malahan pada lagu Biarlah Sepi, nada lagunya begitu santai dengan low tone yang cenderung lebih nge-pop daripada nge-rock.

Kehadiran album kedua ini kemudian disusul dengan album TIGA sebagai album ketiga pada tahun 1997 dan album FOURTH pada tahun 2000 sebagai album keempat. Tak berapa lama setelah kemunculan album keempat ini, Sahara mengeluarkan album THE BEST OF SAHARA masih pada tahun yang sama. Album ini tercatat sebagai album kelima SAHARA.

Pada tahun 2006, terjadilah bongkar pasang personel hingga menampilkan SAHARA dengan format personel terbaru yang memasang Ridwan sebagai vokalnya. Format baru ini pun ditandai dengan peluncuran album terbaru yaitu KEMARIN, KINI, DAN NANTI dengan hit single Kau Bukan Untukku yang sangat meledak. Sayang, di tengah kesuksesan album ini, Ridwan meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Dan lambat laut nama band ini meredup.


DISKOGRAFI

 

INSOMNIA (1993)

BIARLAH SEPI (1995)

TIGA (1997)

4TH ALBUM (2000)

THE BEST OF SAHARA (2000)

KEMARIN, KINI DAN NANTI (2006)

 

Baca Profil Lengkap Sahara ▼