PERSONAL

Shahid Kapoor yang juga dikenal dengan Shahid Khattar lahir di Delhi, India pada tanggal 25 Februari 1981. Anak dari Pankaj Kapoor dan Neelima Azim, namun ketika ayahnya menikah kembali, Shahid memiliki seorang ibu tiri yang bernama, Supriya Pathak.

 

Kedua orang tuanya berbeda agama, sang ayah seorang Hindu Punjabi dan ibunya seorang muslim. Kedua orang tuanya mengajarkan kepada Shahid agar saling menghargai antar agama dan menghormati. Shahid mengatakan bahwa hanya percaya pada satu Tuhan yaitu Allah S.W.T.

 

Aktor Bollywood yang suka dengan minuman energi ini ternyata juga seorang vegetarian, hal itu timbul setelah Shahid membaca buku tentang hidup sehat yang memiliki banyak manfaat bagi hidupnya. Karena lebih dekat dengan ibunya daripada ayahnya, Shahid memiliki sifat kelembutan hati, sampai suatu saat dia pernah menangis ketika film perdananya ISHQ VIHK muncul di berbagai media.

 

Dia dinobatkan menjadi penari terbaik di antara 1300 kontestan dalam sebuah acara di sekolahnya, SDIPA dan juga memenangkan The Hottest Newcomer pada tahun 2003. Pertama kali main film, Aktor ganteng ini termasuk aktor yang angkuh, susah diatur, emosional, dan keras kepala.

 

Kepribadiannya itu akhirnya berubah menjadi seorang yang ramah setelah sempat berpacaran dengan Kareena Kapoor. Kabarnya Shahid juga memiliki mantan yang cukup banyak. Tak hanya Kareena Kapoor, namun ada juga aktris terkenal seperti  Priyanka Chopra, Anushka Sharma dan Vidya Balan.

 

Dia juga pernah meraih gelar The Best Dancer dan sempat mengalahkan Hrithik Roshan. Shahid pandai menari karena sedari kecil dia senang melihat ibunya menari, hingga sampai saat ini Shahid menjadi seorang guru tari.

 

Shahid Kapoor banyak dibilang mirip dengan aktor Shah Rukh Khan, mereka sama-sama menyukai rokok. Bahkan banyak yang mengatakan senyumnya mirip dengan Asthon Kutcher, dan wajahnya sepintas mirip dengan Siddarth Malhotra.

 

 

KARIR

Sebelum memulai karirnya di dunia hiburan, aktor ganteng ini juga pernah menjadi bintang video klip, Ankhon me tera hi chehra dan iklan Pepsi. Dia juga mengikuti kelas menari di Shiamak davyar Institut Seni Pertunjukan (SDIPA) di tahun 1995. Kemudian setelah itu dia menjadi penari latar di film TAAL, tahun 1999 bersama Aishwarya RaiShahid memutuskan untuk berhenti di dunia periklanan dan musik untuk berkonsentrasi dalam debut Bollywod nya.

 

Pada tahun 2003 Shahid memerankan peran utamanya sebagai Rajiv Mathur di sebuah film romantis ISHQ VISHK yang beradu peran dengan Amrita Rao dan Shehnaz Treasurywala. Film ini mendapat respon baik dari penonton yang menjadikan Shahid sebagai Aktor Pendatang Terbaru Terbaik.

 

Respon baik pun muncul ketika seorang kritikus perfilman Taran Adrash dari IndiaFM menulis, "Shahid Kapoor adalah seorang aktor yang layak diperhatikan. Dia mempunyai semua kualitas untuk menduduki posisi teratas".

 

Tidak hanya berwajah tampan, tetapi Shahid juga seorang pemain film yang luar biasa. Sebagai seorang pemula, dia bisa menjaga emosional nya dalam melakukan perannya. Shahid juga seorang penari yang lincah. Shahid mengaku, untuk melanjutkan karir kedepannya adalah dapat memilih pekerjaan dengan teliti, sehingga jalan untuk mencapai kejayaannya tidak akan berliku.

 

Dia juga mendapat banyak pujian dan kritik dalam aktingnya di sebuah film thriller yang berjudul, FIDA. Dalam film tersebut dia beradu peran bersama Kareen Kapoor dan Fardeen Khan, meskipun film ini akhirnya gagal menempati box office.

 

Dilanjutkan dengan film komedi romantis DIL MAANGE MOORE, dan beradu akting bersama Soha Ali Khan, Tulip Joshi dan Ayesha Takia. Meskipun di tahun 2005 beberpa filmnya banyak meraih kegagalan, namun masih ada salah satu filmnya yang mendapat respon cukup baik SHIKAR.


Berlanjut di tahun 2006, Shahid juga telah membintangi film 36 CHINA TOWN dan CHUP CHUP KE yang sukses masuk dalam jajaran box office. Di akhir tahun 2006, filmnya yang berjudul FIVAH, mendapat respon baik dari pecinta film India, dan merupakan sebuah film terlaris di tahun tersebut.


Di tahun 2007 dia kembali bermain film berjudul FOOL AND FINAL. Kemudian Shahid beradu akting dengan Kareena Kapoor di film komedi romantis JAB WE MET, film ini juga mendapat respon baik dari penonton dan kritikus film dunia.

 

Tahun 2009 Shahid mendapatkan peran ganda dalam film KAMINEY yang mendapat respon positif. Kemudian dia bersanding dengan aktris cantik Rani Mukherji di film DIL BOLE HADIPPA, dan meskipun lagi-lagi gagal memasuki jajaran box office.


Beberapa film yang telah dia bintangi memang telah mendapat respon positif baru-baru ini. Shahid telah banyak belajar dari pengalamannya berakting dan juga masa-masa sulit yang telah dia lewati dalam dunia akting.

 

Di tahun 2015 dia akan berakting di film VIKAS BAHI'S SHAANDAAR dan juga berperan di film thriller FARZI dan UDTA PUNJAB, dan akan berakhir dengan sebuah film romantis berjudul, Mr.Chaalu. Dia juga akan bermain sebagai aktor utama di sebuah drama historikal, yang berjudul MAGADHERA dan menggunakan bahasa Hindi.

 


FILMOGRAFI

*DIL TO PAGAL HAI (1997)
*TAAL (1999)
*ISHQ VISHK (2003)
*FIDA (2004)
*DIL MAANGE MORE (2004)
*DEEWANE HUYE PAAGAL (2005)
*VAAH! LIFE HO TOH AISI! (2005)
*SHIKHAR (2005)
*36 CHINA TOWN (2006)
*CHUP CHUP KE (2006)
*VIVAH (2006)
*FOOL N FINAL (2007)
*JAB WE MET (2007)
*KISMAT KONNECTION (2008)
*KAMINEY (2009)
*DIL BOLE HADIPPA! (2009)
*CHANCE PE DANCE (2010)
*PAATHSHAALA (2010)
*BADMAASH COMPANY (2010)
*MILENGE MILENGE (2010)
*MAUSAM (2011)
*TERI MERI KAHAANI (2012)
*PHATA POSTER NIKLA HERO (2013)
*RAMBO RAJKUMAR (2013)
*BEJOY NAMBIAR'S UNTITLED NEXT (2013)

 


PENGHARGAAN

*Filmfare Award for Best Male Debut "Film ISHQ VISHK"(2003)

*Nominated Filmfare Award for Best Actor "Film JAB WE MET" (2007)
*Nominated Filmfare Award for Best Actor "Film KAMINEY" (2009)
*Pending Filmfare Award for Best Actor "Film HAIDER" (2014)

Baca Profil Lengkap Shahid Kapoor ▼



Show More ▼