Aktor Korea Yang Juga Dosen, Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Pada Mahasiswi

Selasa, 20 Februari 2018 18:10 Penulis: Rahmi Safitri
Aktor Korea Yang Juga Dosen, Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Pada Mahasiswi Jo Min Ki © SBS

Kapanlagi.com - Nama Jo Min Ki mungkin masih asing di telinga para pecinta K-Drama. Tapi buat yang dulu rajin dan suka nonton drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo pasti akan mengenali sosoknya sebagai Raja Taejo Wang Gun yang punya banyak istri dan anak-anak ganteng. Sayangnya kabar terbaru tentang sang aktor kurang menyenangkan.

Dilansir dari Soompi, Selasa pagi (20/2), seorang netizen membuat postingan di komunitas online yang menyebut kalau Jo Min Ki melakukan pelecehan seksual seorang mahasiswi saat dia masih menjadi dosen di Universitas Cheongju. Setelah menjalani pemeriksaan, sang aktor pun kemudian dicopot dari jabatannya sebagai seorang pengajar. Postingan tersebut kemudian dihapus, tapi pihak Universitas Cheongju mengakui kalau sang aktor memang sempat menjalani pemeriksaan atas dugaan pelecehan seksual pada November tahun lalu. 

"Kami tidak terlalu tahu tentang detail dugaan pelecehan seksual tersebut, tapi kami menolak memberikan informasi spesifik untuk melindungi privasi dari mahasiswa kami. Walaupun begitu, benar bahwa ada hukuman dari Kementerian Kesetaraan Gender dan Dewan Direksi kepada Jo Min Ki. Proses pemecatan akan dilakukan hari ini atau besok," kata pihak Universitas Cheongju.

Jo Min Ki bantah lakukan pelecehan seksual © SBSJo Min Ki bantah lakukan pelecehan seksual © SBS

Setelah pemberitaan tentang dugaan Jo Min Ki melakukan pelecehan seksual, agensi Will Entertainment, langsung menghubungi aktor berusia 51 tahun itu untuk mencari kebenarannya. Setelah beberapa saat kemudian, pihak agensi Jo Min Ki membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepada sang aktor.

"Semua dugaan yang beredar di berita dan forum online tentang pelecehan seksual, hanyalah rumor. Tidak benar kalau Jo Min Ki menerima hukuman karena pelecahan seksual," ujar agensi Will Entertainment.

Dari pernyataan lanjutan, Will Entertainment menegaskan kalau sang aktor bahkan sempat mempertimbangkan menuntut secara hukum untuk tuduhan ini, tapi dia memutuskan untuk melindungi keluarganya dan meminta pihak universitas melakukan investigasi. Pihak universitas kemudian menyatakan kalau tindakan dan kata-kata Jo Min Ki disebut tidak layak untuk perkuliahan dan memberinya sanksi selama tiga bulan. Tapi karena merasa punya tanggung jawab moral, Jo Min Ki lebih memilih untuk mengundurkan diri. Pihak agensi bilang kalau banyak orang memakai kasus ini untuk menyebarkan rumor tidak benar tentang Jo Min Ki, mereka akan melakukan tindakan hukum.

(soo/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING