FILM INDONESIA

6 Rekomendasi Film Saat Puasa yang Seru Penuh Hikmah, Cocok Ditonton saat Lemas dan Bosan

Rabu, 07 September 2022 19:44

Rekomendasi Film Saat Puasa (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Hari-hari saat menjalani ibadah puasa seharusnya dilalui dengan penuh suka cita. Tapi tak bisa dipungkiri, sering kali berpuasa seharian bisa membuat seseorang lemas dan bosan. Nah daripada lemas dan bosan, ada baiknya cari hiburan dengan nonton rekomendasi film saat puasa.

Ya, ada beberapa film Indonesia yang ternyata sangat cocok diputar saat saat puasa. Sama halnya film-film kebanyakan, rekomendasi film saat puasa juga punya cerita yang seru. Tak saja seru, film-film spesial saat puasa juga sering kali mempunyai pesan dan makna luar biasa yang disampaikan secara tersirat.

Bagaimana tertarik menonton film saat berpuasa? Jika iya, langsung saja simak daftar dan ulasan dari rekomendasi film saat puasa berikut ini.

1. MENCARI HILAL

MENCARI HILAL menjadi salah satu rekomendasi film saat puasa yang wajib kalian tonton. Film ini cukup dekat dan identik dengan tradisi di bulan puasa Ramadhan, di mana umat Islam melakukan sidang isbat untuk mengumumkan hilal yang menjadi pertanda awal Ramadan dan hari Raya Idul Fitri. Film MENCARI HILAL mengisahkan tentang Mahmud dan anaknya Heli.

Mahmud yang mempunyai dasar pengetahuan agama kuat, merasa jengkel begitu tahu bahwa pelaksanaan sidang isbat menelan biaya miliaran banyaknya. Mahmud lantas ingin membuktikan bahwa mengamati hilal tak perlu biaya segitu banyaknya.

Dia kemudian mengajak anaknya untuk mencari hilal dengan cara tradisional. Heli menolak karena khawatir akan kesehatan sang ayah. Namun karena sang ayah sangat bersikukuh melakukannya, akhirnya Heli tak kuasa menolak. Mereka pun memulai perjalanan mencari hilal.

2. MUDIK

Di Indonesia, mudik tentu sudah semacam jadi tradisi menjelang hari raya Idul Fitri. Nah, ada satu film yang mengangkat tradisi ini. Film tersebut berjudul MUDIK. Sesuai dengan judulnya, film ini mengisahkan tentang perjalanan mudik yang dilakukan sepasang suami istri bernama Firman dan Aida.

Di perjalanan, ada saja hal yang membuat Aida curiga bahwa suaminya selingkuh. Alhasil, perjalanan mudik yang harusnya menyenangkan jadi penuh ketegangan. Konflik Aida dan Firman memuncak, ketika keduanya terlibat kecelakaan yang merenggut satu korban, suami dari seorang perempuan bernama Santi. 

3. SANG KIAI

Rekomendasi film saat puasa yang ketiga adalah SANG KIAI. Film ini mengisahkan tentang tokoh islam, KH Hasyim Asyari. Beliau merupakan seorang Kiai pemimpin pondok pesantren Tebu Ireng. Tak saja soal agama Islam, film ini juga menyinggung kisah perjuangan bangsa Indonesia. Jadi film ini, bisa jadi hiburan sekaligus menambah wawasan kalian seputar sejarah Islam di Indonesia.

KH Hasyim Asyari merupakan salah tokoh yang punya kisah hidup menarik untuk diikuti. Beliau dikenal sebagai sosok tokoh agamis yang sangat menentang Jepang. Karena sikapnya yang teguh, KH Hasyim Asyari sempat ditahan Jepang. Penahanan KH Hasyim Asyari menyulut semangat para santri untuk melakukan perlawanan terhadap Jepang. 

4. NUSSA

NUSSA menjadi rekomendasi film saat puasa yang cocok ditonton bareng keluarga, khususnya bersama anak ataupun keponakan. NUSSA adalah film animasi bercerita tentang seorang bocah laki-laki bernama Nusa, bocah yang dibesarkan dengan nilai-nilai islami, dikenal pintar dan saleh.

Suatu hari Nusa hendak mengikuti perlombaan sains di sekolah. Di saat bersamaan, datang murid baru bernama Joni yang langsung jadi saingannya. Pertemuan Nusa dengan Joni menumbuhkan konflik pada diri Nusa yang masih berusia 9 tahun. Itulah mengapa menjadi sebuah film religi yang cocok ditonton oleh penonton berbagai kalangan usia.

5. CHILDREN OF HEAVEN

CHILDREN OF HEAVEN juga jadi rekomendasi film yang cocok ditonton saat puasa. Film yang diproduksi pada tahun 1997 silam ini, mempunyai cerita menarik dengan banyak pelajaran hidup berharga. Selain itu, film CHILDREN OF HEAVEN merupakan film Islami menyentuh yang mengisahkan tentang hubungan penuh haru dari sepasang kakak beradik.

CHILDREN OF HEAVEN bercerita tentang hubungan anak-anak kakak beradik usia sekolah dasar. Mereka berasal dari keluarga kurang mampu. Karena suatu hal, setiap harinya mereka harus bertemu untuk bertukar sepatu. Menonton film ini, bisa menumbuhkan perasaan sayang pada sesama, khususnya saudara. Selain itu, film ini juga akan memberikan banyak pelajaran berharga, tentang kesabaran, keikhlasan, dan kegigihan mewujudkan mimpi.

6. LE GRAND VOYAGE

Apabila kalian mencari rekomendasi film saat puasa yang bercerita perjalanan, LE GRAND VOYAGE bisa jadi pilihan tepat. Film LE GRAND VOYAGE menceritakan tentang hubungan ayah dan anak yang dingin kemudian membaik setelah melalui perjalanan panjang. Dikisahkan, Reda seorang pemuda yang sedang kuliah di Paris Prancis, diminta sang ayah untuk mengantarkannya beribadah ke Mekah.

Dalam perjalanan panjang mereka menuju Mekah, ayah dan anak ini menjumpai banyak hal. Banyaknya hikmah yang bisa dipetik tanpa sadar kemudian mendekatkan hubungan mereka yang semula dingin jadi lebih hangat dan cair. 

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film saat puasa yang seru dan penuh hikmah. Selamat menonton!

REKOMENDASI
TRENDING