Arswendo Atmowiloto Ungkap Alasan 'KELUARGA CEMARA' Dibuat Versi Film

Sabtu, 30 September 2017 13:52 Penulis: Ahmat Effendi
Arswendo Atmowiloto Ungkap Alasan 'KELUARGA CEMARA' Dibuat Versi Film Arswendo Atmowiloto ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Serial televisi Keluarga Cemara di masa lalu menjadi tontonan yang begitu digemari pemirsa era 90an. Tema keluarga yang berbalut berbagai pesan positif jadi hal yang menarik untuk diikuti. Kini versi layar lebar dari KELUARGA CEMARA tengah digarap, dan penulis buku Keluarga Cemara yaitu Arswendo Atmowiloto pun digandeng untuk pembuatannya.

"Sebetulnya sudah lama, beberapa tahun terakhir ada yang ngajak kerja sama untuk bikin film KELUARGA CEMARA, tapi prinsip-prinsipnya kita ngomong dengan Visinema ini cocok. Karena setiap saat pasti orang pasti pengen keluarganya dalam tanda kutip benar," ujar Arswendo Atmowiloto di Kinosaurus, Kemang, Jumat (29/9/2017).

Keluarga memang menjadi dasar yang sangat penting dalam kehidupan. Arswendo sejatinya telah menulis buku Keluarga Cemara sejak tahun 1981 silam. Buku tersebut kemudian diangkat dalam sinetron yang tayang pada tahun 1996, serta kini bakal menjadi satu film yang tayang di era milenial.

KELUARGA CEMARA bakal dihadirkan dalam versi film. ©KapanLagi.com/Bayu HerdiantoKELUARGA CEMARA bakal dihadirkan dalam versi film. ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Apakah keluarga ini jadi nilai yang berhasil atau tidak, ini lah yang sebenarnya, kamu sukses di karier, di apa, kalau di keluarga nggak, menurut saya ada sesuatu yang kurang. Nah kalau keluarga ini bagus, istilah saya bisa bersyukur aja dengan keadaan sekarang ini, pasti akibatnya lebih bagus," ujarnya.

Puluhan tahun berlalu sejak cerita Keluarga Cemara ditulis, karena itu banyak hal yang bakal berubah dalam filmnya. Terutama tentang situasi sosial yang dihadapi dan tokoh-tokoh yang telah mengikuti perkembangan zaman.

"Pasti lah secara teknis, pasti beda banget (dengan dahulu). Sekarang ini generasi milenialnya sudah luar biasa. Topik-topiknya juga sudah mendekati hal-hal yang dulu tidak ada , seperti misalnya anak-anaknya nggak punya pulsa gimana, hahaha. Lebih kepada itu," ujarnya.

Dalam film KELUARGA CEMARA ini dua bintang Indonesia yaitu Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir bakal turut bermain. Berbagai nilai positif pun bakal dihadirkan dalam film ini. Termasuk betapa penting kejujuran dalam menghadapi kehidupan.

"Kalau saya cuma dua nilainya. Kejujuran dan rasa syukur. Dalam keadaan apapun kalau mereka masih bisa mengungkap dan mengucap rasa syukur itu saya rasa masih banyak, karena menderita mungkin pelarian, bisa bersyukur aja mereka bisa baik. Lebih bisa menangani keadaan daripada korupsi, menipu, udah lah mendingan biasa-biasa aja. Kurang lebih gini," tandasnya.

(kpl/far/sjw)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING