FILM INDONESIA

Berbeda Dari Film Bergenre Horor Lainnya, Visinema Pictures Bentuk Universe Baru Film Horor Lewat 'JAGAT ARWAH'

Kamis, 29 September 2022 15:50

Credit:KapanLagi.com/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Visinema Pictures menyuguhkan hal baru lewat film bergenre horor berjudul JAGAT ARWAH Film ini dikemas dengan konsep horor fantasi yang mengangkat tentang mistik yang telah lama dikenal di masyarakat Jawa namun dengan suguhan visual yang tak sangat berbeda.

Dalam jumpa pers yang diadakan di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/9) sang sutradara, Ruben Adrian mengatakan dirinya sengaja mengambil tema tentang mistik Jawa karena hal itu sangat personal dengannya. Ia juga menilai mistik jawa yang ia angkat ini juga familiar di telinga masyarakat.

"Menarik nih kalau budaya Jawa kultur banyak banget. Ngomongin tentang Jawa sangat personal buatku. Di keluargaku sangat dekat dengan pengalaman mistis. Penonton juga punya pengalaman mistis sendiri. Itu yang buat aku interest," ungkap Ruben.

1. Mengangkat Mistis Jawa

Sedulur Papat Limi Pancer, adalah istilah dalam kepercayaan masyarakat Jawa yang ingin digambarkan Ruben dalam film JAGAT ARWAH. Menurutnya selain familiar, ternyata juga ada nuansa seram dalam istilah yang diangkatnya ini.

"Salah satu mistis Jawa yang diangkat dalam film ini yakni istilah Sedulur Papat Limo Pancer. Sedulur Papat Limo Pancer udah cukup horor ya ternyata pas lahir ada empat roh lain yang mengikuti kita,” ujarnya.

2. Dikemas Bak Film Hollywood

Ruben juga mengatakan ia tak hanya menyajikan soal mistis Jawa, film JAGAT ARWAH juga dikemas layaknya film hollywood dengan efek CGI yang apik. Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Tersi selaku producer mengungkapkan alasannya memilih Ari Irham, Cinta Laura, Sheila Dara, Ganindra Bimo, dan Oka Antara sebagai pemain.

Tak hanya itu, lewat film JAGAT ARWAH Tersi ingin memberikan universe baru dalam film bergenre horor di Indonesia.

3. Penentuan Karakter

"Kita memilih Ari Irham sejauh apa sih kita push dengan sangat jauh. Dari kinyis-kinyis ternyata kita ubah menjadi jamet. Lalu Bimo cocoknya dikarakter mana buat dia. Sheila Dara dan Cinta juga semua melalui screen test," tutur Tersi.

"Pertama kalau milih teman-teman dengan casting screening karena secara filmnya universe bentuk baru," tukasnya.

4. Mimpi Jadi Anak Band Dipertaruhkan

Film JAGAT ARWAH akan bercerita tentang misteri kematian sang ayah dari Raga (Ari Irham), Sukmo (Kiki Narendra) secara mendadak dan mencurigakan. Hal itu mendorong Raga menelusuri kehidupannya dengan hal mistis. Termasuk kenyataan bahwa ia adalah keturunan jagat arwah sekaligus jagat manusia yang bergelar Aditya ke-7.

Mimpi jadi anak band terkenal harus dipertaruhkannya demi melanggengkan tradisi keluarga. Dibantu pamannya, paklik Jaya (Oka Antara), Raga berusaha mengendalikan kekuatan daam dirinya dan bertemu dengan arwah-arwah yang masih berhubungan dengan perjalannya.

REKOMENDASI
TRENDING