FILM INDONESIA

Dominasi Nominasi FFI 2021, Sederet Film Hits Netflix ‘PENYALIN CAHAYA’, ‘SOBAT AMBYAR’ dan ‘ALI & RATU RATU QUEENS Borong Kemenangan!

Kamis, 25 November 2021 18:57 Penulis: Editor KapanLagi.com

credit: instagram.com/festivalfilmid

Kapanlagi.com - Berlangsung pada 10 November kemarin, Festival Film Indonesia (FFI) 2021 rampung menggelar acaranya dengan sukses. Puncak acara FFI 2021 kemarin berlangsung meriah di Jakarta Convention Center.

Digelar bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, festival penghargaan film bergengsi satu ini mengusung tema “Sejarah Film dan Media Baru” dengan sub tema “Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia”.

Semegah acaranya, jejeran karya sineas Indonesia yang dinominasikan pada FFI 2021 kali ini juga nggak bisa dianggap enteng dan remeh. Sebut saja film seperti YUNI, PREMAN, PENYALIN CAHAYA dan ALI & RATU RATU QUEENS yang mana sukses merebut hati para penikmat film di seluruh Indonesia, masuk nominasi FFI 2021.

Lantas, film mana kah yang sukses boyong Piala Citra kemarin? Berikut liputan lengkapnya.

1. 'PENYALIN CAHAYA' Jadi Film Pertama Peraih Nominasi Piala Citra Terbanyak

Mengambil puncak acara berupa malam penghargaan Piala Citra di Jakarta Convention Center, Festival Film Indonesia (FFI) 2021 sukses digelar pada 10 November lalu. Tahun 2021 merupakan tahun ke-41 untuk festival film bergengsi ini, yang mana pada tahun ini juga mereka menyeleksi berbagai film Indonesia ke dalam 22 kategori.

Persaingan dalam FFI 2021 kali ini bisa dibilang cukup berat. Berbagai film hits seperti NUSSA dan YUNI masuk dalam nominasi. Namun, film-film Netflix seperti ALI & RATU RATU QUEENS, SOBAT AMBYAR serta PENYALIN CAHAYA sukses memboyong total 16 penghargaan sekaligus.

Meski baru akan tayang di Netflix pada 13 Januari 2022 mendatang, PENYALIN CAHAYA berhasil menjadi film pertama yang mendapatkan Piala Citra terbanyak di FFI. Dengan total 12 Piala Citra, tahun 2021 jadi tahun keberuntungan sutradara Wregas Bhanuteja dan kawan-kawan.

Beberapa kategori yang mereka menangkan adalah; Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik (Wregas Bhanuteja), Pemeran Utama Pria Terbaik (Chicco Kurniawan), Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Jerome Kurnia), Penulis Skenario Asli Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, dan Penata Busana Terbaik. 

 

 

2. 'ALI & RATU RATU QUEENS' dan 'SOBAT AMBYAR' Nggak Mau Kalah!

Sementara itu, ALI & RATU RATU QUEENS nggak mau kalah. Memenangkan 3 penghargaan untuk kategori Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik (Marissa Anita), penghargaan khusus untuk Karya Kritik Film dan jadi Film Terfavorit Pilihan Penonton, film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan ini mengantarkan sang sutradara Lucky Kuswandi mendapatkan nominasi Sutradara Terbaik.

Selain 2 film tersebut, berkisah tentang cinta, canda tawa, patah hati dan persahabatan yang terinspirasi dan diiringi oleh lagu-lagu campursari mendiang Didi Kempot, SOBAT AMBYAR sukses merebut kemenangan Piala Citra lewat kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik.

Netflix sebagai platform film-film terbaik pun menayangkan sederet film Indonesia peraih Piala Citra. Beberapa diantaranya adalah PEREMPUAN TANAH JAHANAM yang memenangkan enam piala (2020), MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK yang membawa pulang 10 penghargaan (2018), PENGABDI SETAN yang mendapatkan tujuh piala (2017), ATHIRAH yang meraih enam piala (2016), dan masih banyak lagi.

Ditulis oleh: Salafi Mufida Hasna

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING