FILM INDONESIA

Film 'SI MANIS JEMBATAN ANCOL' Kembalikan Arwah Hantu Mariam

Rabu, 11 Desember 2019 14:22 Penulis: Sora Soraya

Indah Permatasari - Ozy Syahputra - Arifin Ilham © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Masyarakat Betawi, sempat melayangkan protes gara-gara di beberapa sinetron, Mariam, sosok urband legend Betawi, digambarkan sebagai hantu seksi. Mariam kerap ditampilkan mengenakan busana putih terusan yang pendek dan ketat sehingga terkesan menjual sensualitas dari memamerkan lekuk tubuh.

Anggy Umbara, selaku sutradara yang menangkap kegelisahan masyarakat Betawi tersebut. Ia pun akhirnya kembali mengangkat kisah Mariam, Si Manis Jembatan Ancol ke layar lebar dengan versi berbeda.

 

 

 

1. Karakter Hantu Mariam

Versi Anggy Umbara, menampilkan Mariam yang jauh dari kesan seksi. Anggy mengambil referensi Mariam dari film SI MANIS JEMBATAN ANCOL tahun 1973 di mana Mariam dalam penampakannya sebagai hantu terlihat anggun mengenakan baju dan kerudung merah.

"Jadi sebenarnya, Anggy ingin mengembalikan si manis kepada porsinya yang anggun, pakai kerudung merah. Anggy melihat kegelisahan masyarakat Betawi yang protes kenapa si manis dijadikan seksi, dijual sensualitasnya, padahal si manis nggak seperti itu, si manis itu penampakannya anggun," kata Ozy Syahputra di kantor KLY, Jakarta, Selasa (10/12) kemarin.

2. Soal Asal Mula Si Manis

Selain itu, Anggy juga menyuguhkan cerita awal mula Mariam bisa menjadi hantu yang kerap terlihat di jembatan Ancol. Cerita itu dikatakan Arifin Putra, selaku salah satu pemeran menjadi yang spesial dari film tersebut.

"Yang membuat film ini spesial, banyak sekali penonton Indonesia yang tahu si manis jembatan Ancol dari TV, tapi jarang yang tahu asal muasal si manis. Nah itulah spesialnya dari film ini menceritakan asal mula, lahirnya si manis," kata aktor ganteng berdarah Jerman ini.

Film SI MANIS JEMBATAN ANCOL 2019 dibintangi Indah Permatasari, Arifin Putra, Ozy Syahputra, hingga Randy Pangalila. Film produksi MVP Pictures dan Umbara Brothers Film ini rencananya tayang di bioskop mulai 26 Desember 2019 mendatang.


REKOMENDASI
TRENDING