Misterius! Gimana Cara Produser Beli Hak Cipta Novel Ilana Tan?

Rabu, 20 Mei 2015 12:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Misterius! Gimana Cara Produser Beli Hak Cipta Novel Ilana Tan? Beberapa karya Ilana Tan dalam Tetralogi 4 Musim/©gramediapustakautama.com
Kapanlagi.com - Ilana Tan adalah penulis kenamaan Indonesia yang namanya kerap menjadi perbincangan. Tidak hanya soal karyanya yang laris manis, tapi juga kemisteriusan sosoknya.

Sejak pertama kali merilis debut novel pada 2006, tidak ada yang tahu siapa Ilana Tan. Bahkan pihak penerbit pun menjaga ketat identitas penulis wanita tersebut.

Pengalaman unik tentang Ilana Tan juga dialami Yoen K selaku produser eksekutif Maxima Pictures. Ia mengaku hingga detik ini belum bertemu dengan penulis seri Tetralogi 4 Musim itu selama proses pembelian hak cipta.

"Iya dia penulis misterius. Sampai sekarang saya belum ketemu Ilana Tan," aku Yoen K saat ditemui Kapanlagi.com® di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Yoen K pun tak bisa bertemu dengan sosok Ilana Tan/©Kapanlagi.com®Yoen K pun tak bisa bertemu dengan sosok Ilana Tan/©Kapanlagi.com®

Lantas, bagaimana pihak Maxima Pictures berhasil meyakinkan Ilana Tan agar keempat novelnya mau diadaptasi dalam bentuk film? "Ngomong prosesnya semua sama Gramedia. Ilana Tan salah satu penulis andalan Gramedia saat ini. Mereka menjaga siapa sosok Ilana," terang Yoen K.

Mengingat Tetralogi 4 Musim merupakan seri best seller, Yoen K mengaku sangat hati-hati dalam proses menerjemahkan ke dalam bentuk film. Ia bahkan mau berkompromi bila Ilana meminta sesuatu demi 'bayinya' tersebut.

"Belum ada permintaan dari Ilana tapi kita akan kompromi. Mungkin akan ada beberapa hal dalam novel yang kita cabut. Kasus ini bukan cuma dengan Ilana Tan saja," pungkas Yoen K. 

(kpl/abs/tch)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING