FILM INDONESIA

Muncul Iklan Mirip Film 'DILAN 1991', Max Pictures Tak Terima

Selasa, 12 Maret 2019 18:30 Penulis: Guntur Merdekawan

Dilan 1991 © Max Pictures

Kapanlagi.com - Demam film DILAN 1991 menjadi salah satu fenomena besar di industri film Indonesia. Hingga saat ini, kepopuleran film garapan sutradara Fajar Bustomi itu masih jadi perbincangan hangat khalayak ramai.

Di media sosial, kepopuleran DILAN 1991 tak jarang menjadi sebuah meme lucu yang menggelitik. Namun, ada satu hal yang membuat Ody Mulya Hidayat selaku produser keberatan, tepatnya atas kemunculan iklan televisi dari salah satu e-commerce yang dianggap memanfaatkan kepopuleran film DILAN 1991.

Dalam iklan tersebut, terihat beberapa model yang memparodikan film DILAN 1991. Nama karakter yang dipakai dalam iklan tersebut juga tak jauh berbeda dengan karakter film Dilan. Misalnya, nama karakter pria disebut sebagai Dilon dan karakter wanita disebut Melia. Bahkan, di akhir iklan tertera tulisan Dilon 2019 dengan font yang mirip dengan film DILAN 1991.

1. Bakal Temui Triawan Munaf

Dalam hal ini, Ody mengaku bakal menemui Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk meminta saran dan perlindungan terhadap hak cipta. Apalagi, iklan ini juga ditayangkan di bioskop.

"Sebagai konten kreatif, mungkin Bekraf bisa memback up hak-hak kita. Saya akan bertemu Pak Triawan, curhat. Saya nggak peduli kalau di Youtube, tapi ketika itu udah naik ke bioskop dan tayang di iklan Dilan, jadi semacam mendompleng hypenya Dilan," ungkap Ody selaku bos Max Pictures yang memilili hak cipta untuk film Dilan 1991 saat ditemui di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (12/3).

2. Tempuh Jalur Hukum?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Ody belum mau masuk ke ranah hukum untuk menuntut segala macam dalam kasus ini. Ia masih memperlajari unsur-unsur terkait pelanggaran hak cipta yang mungkin dilanggar. Ody pun mengaku sampai saat ini belum menemui pihak e-commerce tersebut.

"Itu (tuntutan) urusan belakangan sekarang saya minta perlindungan mungkin film-film yang lain juga ke depan juga. Kami ada Miilea kalau sukses jangan sampai terjadi seperti ini. Nggak ada tuntut menuntut cuma cari perlindungan. Seenggaknya ada kulo nuwun, produk juga kan udah turun berapa. Cuma kalau mau nobar aja izin, saya kasih. Seenggaknya ngga komersil saya nggak masalah," tutur Ody.

3. Komentar Cast DILAN 1991

Ditemui di tempat yang sama, dua pemain film DILAN 1991, Yoriko Angeline dan Andovi Da Lopez mendukung apa yang dilakukan Max Picture dalam kasus ini yang terlah membuat surat terbuka kepada Presiden dan Bekraf.

"Iklannya memang mirip dengan film Dilan 1991. Gak menyangka aja," kata Yoriko.

"Kami hanya mendukung apa yang dilakukan rumah produksi Max Pictures, dan minta perlindungan dari negara karena selama ini kami, para pemain dan kru film telah bekerja keras membuat Dilan 1991," timpal Andovi Da Lopez.


REKOMENDASI
TRENDING