'SANG PEMBERANI', Kisah 'KARATE KID' Dengan Rasa Indonesia

Selasa, 20 Mei 2014 18:51 Penulis: Mahardi Eka
'SANG PEMBERANI', Kisah 'KARATE KID' Dengan Rasa Indonesia dok. Eclipse Films & B Edutainment
Kapanlagi.com - Pernah menonton KARATE KID? Film lawas Hollywood buatan tahun 1984 tersebut menyajikan kisah perjuangan seorang bocah dari zero karena sering dibully hingga menjadi hero sebagai sang pemenang pertandingan karate. Kisah perjuangan yang ternyata membuat banyak penonton menyukainya.

Saking populernya, film ini juga dibuat ulang oleh Jackie Chan dan Jaden Smith di tahun 2002 lalu. Perjuangan bocah dalam cerita untuk bangkit dari keterpurukan inilah yang menjadi inspirasi pembuatan film Indonesia baru yang diberi judul SANG PEMBERANI.

 

Film yang ditayangkan 22 Mei ini mengangkat kisah anak Aceh yang bangkit usai tsunami dengan menjadi juara karate. Produser filmnya, Ary Ginanjar tak ragu untuk menyebut film ini sebagai film KARATE KIDS ala Indonesia.

"Karate kan sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Film ini mengangkat kisah seorang pemberani yang menaklukkan ketakutan dan trauma akibat bencana tsunami yang mengakibatkan ayah dan kakaknya hilang. Spirit dalam karate yang kita tonjolkan," ujar Ary usai acara nonton bersama guru dan pelajar di Senayan City, Jaksel, Selasa (20/5).

Ada alasan tersendiri mengapa film ini diputar tepat di hari Kebangkitan Nasional. Film ini diharapkan dapat membangkitkan semangat kejujuran, kebangsaan, dan kepedulian bagi yang menontonnya. Rating filmnya sendiri sengaja dibuat untuk segala usia.

"Ini tontonan yang pas untuk sekeluarga. Kita mesti belajar mengendalikan kekuatan bukan untuk menindas orang, tapi melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita," lanjutnya.

Ahmad Reza Hariyadi, sang 'Karate Kid' dalam film.Ahmad Reza Hariyadi, sang 'Karate Kid' dalam film.

Proses dalam pemilihan pemeran utamanya pun terbilang unik. Syarat utama untuk bisa menjadi bintang dalam film ini adalah wajib menguasai ilmu bela diri karate. Setelah melalui proses casting, Ahmad Reza Hariyadi akhirnya terpilih memerankan Madi. Pantas saja ia terpilih, Reza merupakan juara nasional karate.

"Kru film itu adakan audisi di seluruh kota-kota di Indonesia dan terakhir itu di Aceh. Jadi setelah casting jadi, beberapa bulan tunggu pengumumannya. Setelah enam bulan baru dikabari. Reza sama sekali belum pernah ada latar belakang akting atau teater, ini pertama kali. Jadi seru sekali, kan belum pernah akting dan ketemu orang yang hebat dan nggak pernah nyangka ketemu Om Tio Pasukodewo, Mas Baim dan Mbak Tika (Artika Sari Devi). Di sini Reza kayak mimpi jadi nyata," ujar Reza.

Kalau kamu suka dengan film keluarga dengan tema-tema inspiratif, film ini bisa kamu jadikan pilihan menonton. Segera cek bioskop terdekat dan tonton bersama teman-temanmu.

Untuk rekomendasi menonton, baca deh review ini

 

(kpl/uji/dka)

Reporter:

Puji Puput


REKOMENDASI
TRENDING