FILM INDONESIA

Selain DILAN 1991, Beberapa Film Ini Juga Berkisah Seputar Percintaan Anak SMA

Kamis, 28 Februari 2019 19:52 Penulis: Sanjaya Ferryanto

DILAN 1991 © Youtube

Kapanlagi.com - Semua orang sedang ramai membicarakan film DILAN 1991. Ya, sekuel DILAN 1990 ini emang ngehype abis, bahkan ditargetkan bisa ditonton oleh 7 juta penonton, melebihi film pertamanya yang ditonton oleh 6 juta penonton.

Film ini ceritakan kisah percintaan antara Dilan (diperankan oleh Iqbaal Ramadhan) dan juga Milea (diperankan Vanesha Prescilla). Naik turun percintaan mereka sebenarnya tak jauh berbeda dengan kisah-kisah yang mungkin kamu alami semasa SMA.

Bedanya ada di Dilan, seorang cowok ganteng berandalan yang segala omongannya rapi bak puisi (baca:gombal). Sosoknya yang ganteng dan berandalan bisa jadi bikin penasaran para cewek-cewek SMA, mungkin termasuk kamu saat masih sekolah dulu.

Selain DILAN 1991, ada beberapa film dengan setting anak SMA lainnya yang cukup menarik perhatian loh. Kisah cinta mereka bahkan bikin banyak yang baper serta berharap jika pemeran aslinya memang beneran jadian di dunia nyata. Film apa sajs sih? Yuk simak!

 

1. ADA APA DENGAN CINTA

Sudah nggak diragukan lagi, AADC pasti masuk di list teratas kami. Kisah cinta Rangga dan Cinta yang agak mbulet berhasil membuat banyak anak muda baper kala dirilis pada tahun 2000an silam.

Karakter Rangga yang diperankan oleh Nicholas Saputra juga sekilas mirip dengan Dilan, karena jago merangkai kata dan membuat puisi. Kemampuan itulah yang akhirnya membuat Cinta luluh kepada Rangga. Well, apa kami-kami yang masih jomblo ini juga harus jago bikin puisi biar bisa dapet cewek?!

Film ini sendiri sukses meraih 2,7 juta penonton dalam penayangannya. Itu adalah jumlah penonton yang amat besar untuk sebuah film Indonesia kala itu.

2. GALIH DAN RATNA

Film ini dirilis pada bulan Maret 2019 dan dibintangi oleh Refal Hady dan Sheryl Sheinafia. Sosok Ratna dan Galih cukup dikenal oleh pecinta musik, karena keduanya adalah sosok dari film GITA CINTA DARI SMA yang dirilis pada tahun 1979 lalu. Saat itu pemerannya adalah Rano Karno dan Yessy Gusman.

Galih dan Ratna berbeda dengan Dilan dan Milea. Galih adalah sosok yang introvert yang dipaksa ibunya untuk memiliki pendidikan tinggi, sedangkan Ratna adalah sosok yang sennag menulis lagu, walau tak mendapatkan dukungan dari sang ayah.

Keduanya bertemu di lapangan belakang sekolah, dan mulai bertukar pendapat mengenai kehidupan masing-masing. Hingga keduanya sepakat untuk mengejar passion masing-masing walau hubungan mereka jadi taruhannya.

3. DEAR NATHAN

Satu lagi film bertemakan anak SMA yang mirip dengan DILAN 1990. Adalah DEAR NATHAN yang dirilis pada bulan Maret 2017 dan dibintangi oleh Amanda Rawles dan Jefri Nichol.

Film ini sama-sama berbasiskan novel, hanya saja sang penulis, Erisca Febriani memulai karyanya dari Wattpad sebelum akhirnya dijadikan novel. Sosok Nathan sendiri dikisahkan sebagai seorang siswa berandalan di sekolahnya.

Film ini meraih respon yang cukup menggembirakan. Semenjak dirilis, DEAR NATHAN sendiri ditonton oleh 700.165 orang.

4. POSESIF

Film ini mungkin sedikit banyak menggambarkan kehidupan percintaan anak zaman sekarang yang penuh dengan drama. Film yang dibintangi oleh Adipati Dolken dan juga Putri Marino ini nggak hanya mengulas tentang percintaan anak SMA, namun juga sisi negatifnya.

(kpl/frs)


REKOMENDASI
TRENDING