FILM INDONESIA

'WIRO SABLENG' Juga Bakal Bikin Penonton Luar Negeri Ikutan Gendeng!

Senin, 27 Agustus 2018 20:15 Penulis: Guntur Merdekawan

Vino G Bastian / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - WIRO SABLENG adalah salah satu film layar lebar yang saat ini sangat dinantikan oleh para pecinta film Tanah Air. Jika tak ada halangan, rencananya film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini bakal tayang pada 30 Agustus mendatang di seluruh bioskop Tanah Air.

Seperti diketahui, WIRO SABLENG berada di bawah payung rumah produksi Lifelike Pictures, dibantu oleh Fox International Productions (FIP) atau 20th Century Fox. Istimewanya, WIRO SABLENG merupakan film Asia Tenggara pertama yang ditangani Fox.

Presiden FIP, Tomas Jegeus sebelumnya sudah mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan seputar pendanaan dari produksi WIRO SABLENG. "Kalau soal budget, kami bersedia mengeluarkan sebanyak mungkin yang dibutuhkan," ujar Tomas pada sebuah konferensi pers.

Campur tangan FIP tentu tak dilewatkan begitu saja oleh segenap kru dan para pemain WIRO SABLENG untuk memberikan sajian terbaik. Dari trailer resmi yang dirilis saja kita sudah bisa melihat betapa epic setting lokasi yang dipilih, pun begitu dengan efek CGI-nya yang benar-benar beda dari kebanyakan film Indonesia lainnya.

Untuk menggaet range pasar yang lebih besar, film yang dibintangi Vino G Bastian, Marsha Timothy, Sherina, Yayan Ruhian hingga Marcella Zalianty ini juga dipastikan bakal tayang di beberapa negara luar negeri loh!

1. Tayang di Malaysia dan Singapura

Sang produser, Sheila Timothy sebelumnya memberikan sebuah pencerahan terkait distribusi dari film WIRO SABLENG. Wanita yang akrab disapa Lala ini menyebut jika nantinya bukan cuma warga Indonesia yang bisa menyaksikan kehebatan dan juga kegokilan dari Wiro di layar lebar, melainkan juga negara tetangga.

"Tayang di Malaysia dan Singapura. Malaysia itu September, untuk Singapura itu Oktober," ungkap Lala, sapaan akrab Sheila usai pemutaran Wiro Sableng terbatas untuk media, di XXI Epicentrum Jakarta, Senin, (27/8).

Ungkapan Lala itu juga diamini oleh eksekutif produser dari Fox, Kurt Reider yang juga hadir di lokasi serupa. Bahkan, besar kemungkinan jika WIRO SABLENG bakal ditayangkan di beberapa negara lain selain Singapura dan Malaysia loh!

"Kami sangat bangga atas film ini. Kami dukung kalian untuk rilis di Indonesia, Singapura, Malaysia dan seluruh dunia. Kami akan ada di belakang kalian di setiap langkah," sambung Kurt.

2. Dapat Tawaran Dari Cina

Lala masih belum bisa memastikan negara mana saja yang bakal kebagian layar untuk WIRO SABLENG. Namun setelah Malaysia dan Singapura, ada satu negara lain yang juga berpotensi besar untuk mendapatkan jatah layar WIRO SABLENG.

"Dapat tawaran dari Cina tapi masih dalam tahap negosiasi dengan Fox," ujar Lala.

 

3. Distribusi Luar Negeri Ditangani Oleh Fox

Lifelike Pictures dipercaya untuk mendistribusikan WIRO SABLENG di Indonesia. Sementara itu untuk penayangan di luar negeri akan ditangani oleh Fox langsung. Karenanya, Lala tak berani memberikan pernyataan terlalu gamblang mengenai penayangan WIRO SABLENG di bioskop luar negeri.

"Jadi untuk teritori Indonesia kita (Lifelife Pictures) yang mendistribusikan, untuk the rest of the world didistribusikan oleh Fox," jelas Lala.

4. Alasan Fox Tertarik Pada 'WIRO SABLENG'

Pasti ada yang bertanya-tanya kenapa rumah produksi sekelas Fox tertarik untuk menangani film Indonesia. Sedikit flashback ke belakang, kala itu Presiden Fox, Tomas Jegeus mengungkapkan alasan kenapa dirinya tertarik pada proyek WIRO SABLENG hingga rela menggelontorkan dana besar-besaran untuk biaya produksinya.

"Jadi yang membuat saya langsung tertarik, pada saat mendengar visi Lifelife saya kagum dengan visinya. Kalau kru serta kreativitasnya, itu sudah cukup. Tapi saya ingin membuatnya lebih baik lagi," ujar Jegeus pada konferensi pers film WIRO SABLENG di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan akhir tahun lalu.

Kesuksesan merebut hati Fox tak lepas dari peran Lala selaku produser WIRO SABLENG. Berkat presentasinya, hati Jegeus pun luluh hingga akhirnya mau menjalin kerjasama yang bersejarah tersebut.

"Ini kesempatan pertama bagi Fox bekerja sama dengan Indonesia dan Asia Tenggara. Kali pertama ketemu Lala, saya terkesan dan kagum dari segi profesionalisme dan kreatifitasnya. Lalu setelah bertemu kru, sutradara dan pemain WIRO SABLENG, saya lebih terkesan lagi dengan proyek ini," sambung Jegeus.

5. Kekuatan Budaya Lokal Dalam 'WIRO SABLENG'

Masih seputar alasan Fox tertarik pada WIRO SABLENG. Lala juga sempat membeberkan sebuah fakta unik seputar alasan ketertarikan Tomas Jegeus dan Michael Werner (produser eksekutif FOX) pada proyek yang disodorkannya.

"Kenapa Tomas dan Michael tertarik saat saya pitching mereka? Karena memang ini adalah salah satu karakter unik yang dimiliki Indonesia dan dicintai masyarakat Indonesia. Wiro Sableng adalah Wiro Sableng. FIP ini beda karena sangat menghargai budaya lokal kita. Kenapa dia tertarik karena kami mengedepankan segi kultural dalam film ini. Terus Tomas ternyata tahu pencak silat," ujar Lala.

6. FOX Akan Kembali Tangai Sekuel 'WIRO SABLENG'?

Jegeus selaku presiden Fox meyakinkan jika keterlibatannya dalam dunia perfilman Indonesia nantinya tak akan berhenti sampai film WIRO SABLENG saja. Pasalnya, Ia sudah terlanjur jatuh hati pada kekayaan budaya Indonesia. Ya, Jegeus ingin mengeksplornya lebih jauh lagi, entah itu nantinya dalam bentuk sekuel WIRO SABLENG atau film lainnya.

"Saya rasa ini akan menjadi kerja sama yang berkelanjutan, bukan hanya untuk sequelnya, tapi juga banyak cerita lain yang kami ingin eksplor. Mungkin sejarah atau aspek budaya Indonesia," pungkas Jegeus.

7. Masih 100% Indonesia

Meski dibacking oleh Fox, bukan berarti WIRO SABLENG akan kehilangan taste lokalnya. Lala menyebut jika 100 persen penggarapan film ini dikerjakan oleh orang Indonesia, baik produksi maupun pascaproduksi loh!

"Mereka terkesima dengan apa yang kami buat dan profesionalisme kami. Mereka salut ketika kami melaporkan jadwal produksi dan lain-lain," jelas Lala.

Tak lupa Lala juga selalu menekankan kepada tim produksi untuk bangga atas pencapaiannya dalam menggarap film WIRO SABLENG. Bukan karena ada embel-embel Fox, namun karena karyanya bisa sampai dilirik dan dipuji pihak asing.

REKOMENDASI
TRENDING