FILM INTERNASIONAL

15 Film Bioskop Terlaris Sepanjang Masa hingga Masuk Daftar Box Office, dari Hollywood - Indonesia

Sabtu, 06 Agustus 2022 12:44 Penulis: Dhia Amira

Film Bioskop Terlaris Sepanjang Masa (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Film menjadi sebuah hiburan yang saat ini banyak dipilih oleh masyarakat. Namun, KLovers tahu nggak sih ada beberapa film baik di Indonesia hingga garapan Hollywood yang begitu laris. Film bioskop ini bahkan bisa dibilang terlaris sepanjang masa loh.

Yup! Dari penayangannya di bioskop saja, sudah menarik penonton dari jutaan hingga miliaran orang di seluruh dunia. Tidak heran, bila beberapa film bahkan tidak bisa tergeser dari masa ke masa, karena begitu populernya.

Nah, apa saja sih film bioskop terlaris sepanjang masa itu? Hingga masuk dalam jajaran box office, baik di Indonesia hingga mancanegara. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. TITANIC (1997)

Mungkin film TITANIC bisa dikatakan sebagai film bioskop terlaris sepanjang masa. Bagaimana tidak, walaupun sudah berpuluh tahun berlalu, namun eksistensinya tidak bisa tergeserkan loh. Bahkan masih masuk ke dalam salah satu film bioskop terlaris sepanjang masa.

Film ini menceritakan tentang sepasang kekasih, Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt (Kate Winslet), yang memiliki kisah cinta manis namun beda kasta hingga berakhir tragis karena keduanya harus terpisah saat kapal yang mereka tumpangi karam.

Dengan kisah cinta yang bisa dibilang tidak happy ending ini, dengan durasi 195 menit. TITANIC nyatanya sukses mengantongi keuntungan hingga 2,196 miliar dollar Amerika atau setara dengan 32 triliun rupiah loh KLovers.

2. LASKAR PELANGI (2008)

Bukan hanya dari Hollywood saja, ada pula film Indonesia yang mungkin sampai saat ini masih membekas. Ya, LASKAR PELANGI menjadi salah satu film bioskop terlaris sepanjang masa yang ada di Indonesia.

Tayang pada tahun 2008 lalu, film ini mengisahkan tentang kehidupan anak-anak dari kalangan keluarga miskin di Desa Belitung. Mereka bersekolah di salah satu SD tertua di pulau tersebut yaitu SD Muhammadiyah.

Kisah perjuangan anak-anak dalam bersekolah ini sukses mencetak rekor film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan 4,7 juta penonton loh KLovers. Dengan keuntungan kotor sebesar 61,3 miliar rupiah.

3. AYAT-AYAT CINTA (2008)

Masih pada tahun yang sama, selain LASKAR PELANGI, ada pula film AYAT-AYAT CINTA yang masuk ke dalam daftar film bioskop terlaris sepanjang masa selanjutnya. Film yang mengisahkan tentang sebuah rumah tangga dengan latar belakang agama, terutama Islam, dalam kehidupan ini disambut dengan antusias di Indonesia.

Film ini merupakan film religi hasil adaptasi dari sebuah novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy berjudul Ayat Ayat Cinta. Dan film AYAT-AYAT CINTA ini nyatanya sukses menarik penonton Indonesia hingga 3,6 juta. Dan berhasil meraup pendapatan sebesar 13 juta dollar Amerika, atau sekitar 109,3 miliar rupiah.

4. AVATAR (2009)

AVATAR masuk dalam daftar film bioskop terlaris sepanjang masa selanjutnya. Film garapan James Cameron ini mendapat banyak penghargaan berkat efek visual dan penggunaan teknik shooting motion capture yang mengagumkan pada tahun 2009 silam.

Film AVATAR menceritakan tentang kehidupan di masa depan pada tahun 2154 masehi. Film ini mengambil latar sebuah tempat bernama Pandora yang atmosfernya beracun bagi manusia dan dihuni oleh suku Na'vi. Dengan alur cerita yang juga keren dan luar biasa.

Bahkan, film ini mampu meruap keuntungan yang fantastis dari seluruh dunia loh KLovers. Ya, film AVATAR memiliki pendapatan sebesar yakni sekitar 2,789 dollar AS atau setara 40 triliun rupiah.

5. HABIBIE & AINUN (2012)

Lanjut pada tahun 2012, kali ini datang dari Indonesia yang juga sukses meraih penonton dalam jumlah banyak. Ya, film HABIBIE & AINUN ini masuk dalam daftar film bioskop terlaris sepanjang masa di Indonesia.

Film yang mengisahkan perjalanan cinta dari mantan Presiden Indonesia, B. J. Habibie serta sang istri ibu Hasri Ainun Besari. Film yang memberikan kisah inspiratif dan perjuangan dalam rumah tangga ini sukses menarik penonton sebesar 4,6 juta. Dengan pendapatan sebesar 101,2 miliar rupiah.

6. FAST AND FURIOUS 7 (2015)

FAST AND FURIOUS 7 juga menjadi film Hollywood terlaris sepanjang masa yang sangat dinanti penonton, karena sang aktor Paul Walker yang telah meninggal dunia sebelum film FAST AND FURIOUS 7 ini tayang di bioskop.

Film FAST AND FURIOUS 7 ini berkisah tentang Dominic Toretto (Vin Diesel), Brian O'Conner (Paul Walker), dan kru lainnya yang berniat menjalani masa damai dan kembali ke AS, setelah berhasil mengalahkan Owen Shaw.

Film FAST AND FURIOUS 7 garapan James Wan ini berhasil meraup keuntungan sebesar 1.515 miliar USD, atau setara dengan 22,1 triliun rupiah.

7. STAR WARS: THE FORCE AWAKENS (2015)

Film STAR WARS: THE FORCE AWAKENS ini menceritakan kisah Rey (Daisy Ridley) yang bergabung dengan Han (Harrison Ford) dan Leia (Carrie Fisher) dalam melawan ancaman pasukan First Order.

Film garapan J. J. Abrams ini juga mengisahkan Luke Skywalker (Mark Hamill) sebagai Jedi terakhir. Ia diancam akan dimusnahkan oleh Organisasi First Order yang bangkit kembali setelah kehancuran Galactic Empire.

Film merupakan seri STAR WARS pertama yang mendapat keuntungan terbesar loh KLovers. Bahkan, film ini berhasil mengantongi 2,068 miliar dollar AS atau setara dengan 30 triliun rupiah.

8. JURASSIC WORLD (2015)

JURASSIC WORLD juga menjadi salah satu film bioskop terlaris sepanjang masa yang lainnya. Film ini menampilkan dua bersaudara Zach Mitchell (Nick Robinson) dan Gray Mitchell (Ty Simpkins) saat mengunjungi Jurassic World, sebuah taman hiburan dinosaurus di Isla Nublar.

Mereka mendapatkan kesempatan tersebut karena bibi mereka Claire Dearing (Bryce Dallas Howard) adalah manajer operasinya. Namun karena kesalahan, salah satu dinosaurus dengan spesies berbahaya lepas dari kandangnya.

Film keempat dari serial film JURASSIC PARK yang dimulai tahun 1993 ini berhasil mengeruk keuntungan sebesar 1,671 dollar Amerika atau setara 24,3 triliun rupiah.

9. PENGABDI SETAN (2017)

Film bioskop terlaris sepanjang masa lainnya datang dari genre horor yaitu, PENGABDI SETAN. Film ini berhasil memenangkan banyak piala dalam FFI 2017. Secara garis besar, cerita di dalamnya mengisahkan seorang anak bernama Rini untuk membuat sang ibu sembuh dari sakit.

Sayangnya, Rini malah menemukan sang ibu meninggal dunia. Dan kematian itu malah menjadi awal mula teror yang menghantui keluarganya. Mereka didatangi sosok yang menyerupai mendiang ibunya dan masih banyak kejadian menyeramkan yang akan disuguhkan.

Dalam awal penayangannya saja, film PENGABDI SETAN ini sukses menarik penonton hingga 4,2 juta penonton. Dan berhasil meraup pendapatan sekitar 161 miliar rupiah.

10. WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOSS! PART 1 (2016)

Film ini dirilis pada tanggal 8 September 2016 di bioskop seluruh Indonesia. Hingga akhir penayangannya, film WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOSS! PART 1 telah disaksikan oleh 6.8 juta penonton.

Film ini bahkan menyalip penayangan film LASKAR PELANGI sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa selama hampir enam tahun. Bahkan, film dengan genre komedi ini sukses meraup pendapatan sebesar 240 miliar rupiah.

11. DILAN 1990 (2018)

Film bioskop Indonesia populer sepanjang masa yang selanjutnya yaitu, ada film berjudul DILAN. Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini sukses membuat penonton baper maksimal. Mengisahkan kisah cinta anak SMA pada tahun 1990, yaitu Dilan dan Milea.

Nyatanya film dengan kisah yang simpel ini mampu menghibur dan menarik perhatian penonton loh KLovers. Bahkan, film DILAN 1990 ini mampu menarik penonton sebesar 6,3 juta. Hingga berhasil meraup pendapatan sebesar 250 miliar rupiah.

12. AVENGERS: INFINITY WAR (2018)

AVENGERS memang menjadi salah satu film hero yang memang sangat populer. Film garapan Kevin Feige ini menceritakan perjuangan pasukan Avengers melawan Thanos (Josh Brolin) yang berambisi menghancurkan kehidupan di seluruh jagat raya.

Untuk memuluskan jalannya, Thanos membutuhkan enam Infinity Stone yang mempunyai kekuatan tertinggi dan tersebar di seluruh jagat raya. Para Avengers pun harus bisa menghentikan Thanos. Film AVENGERS: INFINITY WAR ini sukses dengan keuntungan 2,048 miliar dollar AS atau 29,9 triliun rupiah.

13. AVENGERS: ENDGAME (2019)

Masih dengan AVENGERS, kali ini ada AVENGERS: ENDGAME menempati posisi pertama dalam serial box office terlaris dunia. Film ini mengisahkan perjuangan Avengers yang berusaha memulihkan alam semesta. Mereka melawan rival utama Thanos (Josh Brolin).

Beberapa Avengers seperti Captain America (Chris Evans), Black Widow (Scarlett Johansson), Thor (Chris Hemsworth), hingga Captain Marvel (Brie Larson) meramaikan sekuel film Marvel terbaik yang satu ini.

Film garapan Joe dan Anthony Russo ini pun menjadi salah satu film dengan keuntungan terbesar di dunia. Hingga akhir penayangan, film AVENGERS: ENDGAME ini berhasil mengantongi 2,796 miliar dollar AS atau setara 40 triliun rupiah.

14. THE LION KING (2019)

Kemudian ada THE LION KING yang masuk dalam daftar film bioskop terlaris sepanjang masa lainnya. Film yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures ini merupakan remake animasi komputer foto realistis dari film tahun 1994 dengan judul yang sama.

Film THE LION KING menceritakan kisah Simba, anak singa yang memiliki mimpi untuk menjadi raja singa seperti ayahnya, Mufasa. Namun mimpinya terhalang oleh pamannya yang licik dan berniat merebut tahta raja singa.

Film yang disutradarai oleh Jon Favreau ini menjadi salah satu box office yang berhasil meraup keuntungan sebesar 1,65 miliar dollar AS atau setara dengan 24,2 triliun rupiah.

15. KKN DI DESA PENARI (2022)

Dan daftar film bioskop terlaris sepanjang masa yang terakhir ada film berjudul KKN DI DESA PENARI, yang tayang pada tahun 2022 silam. Film KKN DI DESA PENARI bercerita tentang kelompok mahasiswa yang bernama mahasiswa bernama Nur, Ayu, Widya, Bima, Anton, dan Wahyu.

Mereka sedang melakukan program KKN di sebuah desa yang penuh misteri. Saat menjalani KKN berbagai hal ganjil dan mistis terjadi. Ternyata tanpa disangka, berbagai hal aneh tersebut ternyata disebabkan ulah beberapa di antara mereka sendiri yang melanggar aturan adat di desa tersebut.

Film yang digadang-gadang berasal dari kisah nyata ini sukses menempati posisi pertama untuk film terlaris Indonesia sepanjang masa. Film KKN DI DESA PENARI ini sukses menarik perhatian penonton hingga 9,2 juta penonton dengan pendapatan 26 juta dollar Amerika, atau sekitar 387,2 miliar rupiah.

Itulah beberapa daftar film bioskop terlaris sepanjang masa. Hingga masuk dalam jajaran box office, baik di Indonesia hingga dunia.

REKOMENDASI
TRENDING