FILM INTERNASIONAL

14 Rekomendasi Film Kartun Terbaik untuk Anak, Punya Cerita Seru dan Sarat Pesan Moral

Rabu, 22 Juni 2022 13:22

Rekomendasi Film Kartun Terbaik (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Film kartun jadi salah satu jenis tontonan yang terus digemari hingga saat ini. Tak saja oleh anak-anak, bahkan banyak judul film kartun yang juga jadi favorit orang dewasa. Meski tak bisa dipungkiri, kebanyakan film kartun memang diproduksi dengan target penonton anak-anak. Karena ditujukan untuk anak-anak, kebanyakan rekomendasi film kartun terbaik selalu sarat akan makna dan nilai-nilai moral.

Selain pelajaran tentang nilai moral yang dibungkus dengan cerita seru, film kartun masih punya banyak pesona lainnya. Salah satunya tentu saja, desain grafis dari karakternya yang unik dan ikonik. Itulah yang membuat rekomendasi film kartun terbaik bisa jadi tontonan yang tepat di saat lelah dan ketika sedang ingin bersantai. Lantas, apa saja rekomendasi film kartun yang seru dan terbaik?

Daripada makin penasaran, langsung saja simak daftar rekomendasi film kartun terbaik berikut ini.

1. MY NEIGHBOOR IS TOTORO

Salah satu rekomendasi film kartun terbaik yang harus wajib ditonton adalah MY NEIGHBOOR IS TOTORO. Film kartun anime Jepang ini sudah diproduksi studio Gibli sejak tahun 1988 lalu. Walaupun sudah lama diproduksi, hingga saat ini MY NEIGHBOOR IS TOTORO masih jadi seru untuk ditonton saat ini.

Film kartun ini bercerita tentang sebuah keluarga kecil yang pindah ke sebuah di desa yang masih kental akan tradisi. Di keluarga tersebut terdapat dua anak perempuan, Satsuki dan Mei. Di tempat tinggal barunya tersebut, sang adik Mei bertemu dengan Totoro makhluk mitologi yang misterius, lucu, dan ajaib.

Tak saja bercerita tentang si makhluk misterius, MY NEIGHBOOR IS TOTORO juga menggambarkan kehangatan keluarga. Alur cerita yang ringan dan mengalir membuat film kartun ini cocok ditonton anak-anak dari berbagai umur.

2. WALL-E

Rekomendasi film kartun terbaik yang kedua berjudul WALL-E. Film kartun satu ini, merupakan produksi Disney dan Pixar. Pada saat dirilis 2008 lalu, film kartun satu ini berhasil mencuri perhatian para pecinta film. WALL-E juga jadi film yang sarat akan pelajaran berharga. Film ini mengangkat isu tentang lingkungan. 

WALL-E mengambil latar kehidupan di masa depan, ketika manusia meninggalkan bumi dalam kondisi tertutup sampah. Di masa itu, tinggalah sebuah robot tua bernama Wall-E. Robot tersebut bertugas mendaur ulang sampah.

Suatu hari, Wall-E bertemu dengan robot lain bernama Eve. Bersama, Eve, Wall-E memulai mencari tanda-tanda kehidupan yang tersisa di bumi. Berhasilkah, mereka menemukan apa yang mereka cari?

3. COCO

COCO juga jadi salah satu rekomendasi film kartun terbaik yang sayang jika dilewatkan. COCO sempat menuai banyak pujian pada 2017 lalu. Film ini mempunyai cerita yang begitu menyentuh. Sehingga sangat cocok ditonton bareng keluarga, karena bisa membuat suasana terasa lebih hangat. 

Dikisahkan, seorang anak bernama Miguel yang punya ketertarikan pada dunia musik. Sayangnya, Miguel tumbuh di keluarga yang justru membenci musik. Setelah orangtuanya meninggal, Miguel mulai mengejar mimpinya dalam bermusik.

COCO dipenuhi dengan karakter yang lucu, unik, dan ikonik. Namun, banyak hal menyentuh dan mengharukan terjadi di film ini. Jadi, jangan lupa untuk sedia tisu saat menontonnya!

4. INSIDE OUT

Saat dirilis pada 2015 silam, INSIDE OUT langsung mencuri perhatian, pujian, dan banyak penghargaan, termasuk piala Oscar. Hal inilah yang membuat INSIDE OUT layak masuk dalam salah satu rekomendasi film kartu terbaik wajib ditonton. 

INSIDE OUT bercerita tentang seorang remaja bernama Riley yang baru saja pindah ke luar kota. Di tengah kepindahannya tersebut, Riley mengalami beragam emosi yang naik turun dan beragam. Emosi ini diwujudkan dalam bentuk karakter-karakter yang unik dan ikonik. Maka dari itu, menonton INSIDE OUT tak saja menghibur. Film ini juga mengajarkan anak untuk mengenal dan mengeksplor beragam emosi.

5. FINDING NEMO

Siapa yang tak tahu FINDING NEMO? Rekomendasi film kartun salah satu ini memang sudah sangat populer. Bahkan, film ini sudah berulang kali diputar di televisi. Hebatnya, meski ditonton berulang kali, FINDING NEMO tetap seru untuk diikuti. 

FINDING NEMO berkisah tentang seorang ikan badut bernama Marlin yang kehilangan anak semata wayangnya, Nemo. Marlin lantas menempuh perjalanan panjang untuk bisa menemukan Nemo. Tapi Marlin tak sendiri, di perjalanan, Marlin bertemu dengan Dory seekor ikan pelupa yang membuat perjalanannya jadi jenaka.

Namun perjalanan Marlin menemukan anaknya tak selalu mudah, berbagai hal dialami Marlin termasuk hal-hal yang membahayakan nyawanya. FINDING NEMO akan menunjukkan kasih orangtua yang begitu tulus pada anaknya.

6. NUSSA

Rekomendasi film kartun terbaik tak saja datang dari luar negeri. Yap, Indonesia patut berbangga, pasalnya kini ada satu film kartun terbaru yang bisa dibilang terbaik. Tak saja soal desain karakternya, tapi juga tentang cerita dan nilai-nilai moral yang disampaikan. Film tersebut adalah NUSSA.

Film kartun animasi ini bercerita tentang seorang bocah laki-laki bernama Nussa yaitu bocah yang dikenal pintar dan saleh. Suatu ketika, Nussa hendak mengikuti perlombaan sains di sekolah. Di kompetisi sains itu, Nussa harus bersaing dengan murid baru bernama Joni.

Persaingan antara Nussa dan Joni inilah yang kemudian memunculkan konflik pada diri Nussa yang masih berusia 9 tahun. Sehingga, karakter utama di film ini digambarkan sangat manusiawi sebagaimana anak pada umumnya. Itulah mengapa film ini, cocok untuk ditonton bareng anak atau keponakan, terlebih yang masih seusia dengan karakter Nussa.

7. MOANA

Rekomendasi film kartun terbaik dan juga bisa menjadi rekomendasi film anak lainnya ada film berjudul MOANA. Ya, sama seperti judulnya, film ini bercerita tentang tokoh yang bernama Moana. Dia merupakan seorang putri Kepala Desa Polinesia dengan berkemauan keras dan tidak mudah menyerah dalam situasi apapun.

Bahkan, ia dipilih oleh lautan itu sendiri untuk menyatukan kembali peninggalan mistis dewi Te Fiti. Karena kisah menarik di dalamnya, MOANA menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa.

Sosok Moana yang merupakan anak kepala desa, dan bertanggung jawab atas tugasnya untuk menyelamatkan desanya dari paceklik. Membuat sosok Moana dibuat menjadi wanita yang tangguh, bijaksana, dan cepat tanggap dalam situasi apapun.

8. FROZEN

Rekomendasi film kartun yang bisa menjadi rekomendasi film anak selanjutnya ada film berjudul FROZEN. Tokoh dalam film ini adalah kakak-beradik bernama Princess Elsa dan Princess Anna. Mereka tinggal di sebuah kerajaan bernama Arendelle.

Elsa memiliki kekuatan ajaib untuk membuat es dan salju dengan tangannya. Punya jalan cerita tentang rasa percaya dan kasih sayang kakak adik membuat film FROZEN ini seru untuk ditonton.

Karakter Elsa, sang kakak yang punya sifat kuat, baik hati dan bertanggung jawab. Serta sosok Anna, sang adik yang berani, pantang menyerah, dan selalu berpikir positif, membuat dua princess ini menjadi princess populer di Disney. Dan akan disukai anak-anak.

9. RAYA AND THE LAST DRAGON

RAYA AND THE LAST DRAGON menjadi salah satu film Disney terbaru dengan kisah unik. Bahkan dalam film ini menampilkan berbagai budaya dari Indonesia, seperti kerajinan kain batik, silat, hingga keris loh KLovers. Film RAYA AND THE LAST DRAGON menceritakan dunia fantasi Kumandra, di mana manusia dan naga hidup bersama sejak lama.

Namun, ketika kekuatan jahat mengancam, para naga mengorbankan diri untuk menyelamatkan umat manusia. Setelah 500 tahun berlalu, kekuatan jahat yang dulu menyerang kembali. Raya, sebagai pemeran utama dari film ini melakukan perjalanan panjang dalam mencari keberadaan naga legendaris terakhir yang dapat membantu memulihkan dunia di mana terjadi perpecahan di mana-mana.

Selama perjalanan, Raya akan belajar bahwa tidak hanya seekor naga legendaris yang mampu menyelamatkan dunia, tetapi membutuhkan kepercayaan dan kerjasama tim dan film sosok Raya dalam film RAYA AND THE LAST DRAGON ini, menjadi salah satu rekomendasi film anak yang patut untuk ditonton.

10. GRAVE OF THE FIREFLIES

Selain garapan Disney, ada pula film Jepang yang dapat menjadi salah satu rekomendasi film kartun yang keren. Dan film GRAVE OF THE FIREFLIES ini bisa jadi pilihan kalian.

GRAVE OF THE FIREFLIES mengangkat cerita tentang anak-anak korban Perang Dunia II di Jepang, tepatnya ketika bom atom dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki. Tokoh dalam anime ini bernama Seita dan Setsuko, kakak beradik yang hidupnya penuh dengan kesusahan akibat perang.

Hari-hari Seita begitu berat karena harus menghidupi adiknya. Perjuangan hidup Seita dan Setsuko sangat menguras emosi. Hubungan Seita dan Setsuko juga begitu menyentuh dan penuh keharuan dengan perjuangan serta kekompakan kakak adik ini.

11. WRECK-IT RALPH

Dalam film ini Ralph tokoh game ingin disayang banyak orang. Namun tidak ada orang yang suka dengan karakter jahat seperti Ralph, sehingga saat ada adu tembak di sebuah game pimpinan Sersan Calhoun, Ralph pun bersemangat mengikutinya. Tujuan Ralph pun sederhana, ingin menang dan mendapat medali agar dianggap sebagai pahlawan.

Namun tanpa sadar Ralph malah membuka jalan bagi para penjahat yang dapat membunuh semua games di kompleks permainan itu. Satu-satunya harapan Ralph adalah Vanellope von Schweetz, yang juga dapat mengajarkan Ralph menjadi karakter yang baik hati. Bahkan, Ralph dan Vanellope melakukan perjuangan untuk memperbaiki kesalahan pada game.

Sosok Vanellope yang cacat atau glitch dalam game miliknya pun, dibantu oleh Ralph agar ia berhasil kembali seperti semula. Film dengan tema game ini akan cocok sebagai salah satu rekomendasi film anak yang memiliki banyak sekali pesan berharga di dalamnya.

12. TOY STORY

Film TOY STORY memang menjadi salah satu film kartun yang banyak diminati. Bukan hanya bagi anak-anak saja, namun juga untuk orang dewasa. Hal ini karena banyak pesan moral yang terdapat di dalamnya.

Film keluaran Disney dan Pixar ini menceritakan sebuah perjalanan serta petualangan seorang boneka bernama Sheriff Woody dan kawan-kawannya. Ada banyak sekuel dalam film ini dengan alur cerita yang keren dan menarik.

13. LUCA

Kemudian rekomendasi film anak yang lainnya ada film berjudul LUCA. Ya, film LUCA ini memang mempunyai plot cerita yang seru, hingga mendapatkan berbagai penghargaan terbaik di industri hiburan.

Film ini mengisahkan persahabatan antara bocah laki-laki berusia 13 tahun bernama Luca dan Alberto di Italia pada akhir 1950-an hingga 1960. Di balik semua itu, Luca dan Alberto saling menyimpan rahasia besar bahwa mereka adalah seorang monster laut.

14. KUNGFU PANDA

Film yang merupakan garapan DreamWorks ini sudah memiliki 3 season, dan bahkan diketahui sedang dibuat lagi untuk season keempatnya. Animasi panda yang berbentuk menggemaskan dan menghibur ini akan cocok banget jadi tontonan anak-anak.

Film KUNGFU PANDA menceritakan sosok panda gemuk dan menggemaskan bernama Po yang dipilih menjadi pendekar naga. Sosok Po ini padahal tidak tahu menahu tentang kungfu dan harus melatih kungfu untuk melawan penjahat Tai Long. Dalam film KUNGFU PANDA kedua dan ketiga, karakter Po akan lebih berkembang.

Bahkan musuh yang dilawan oleh Po akan lebih hebat dan lebih berbakat lagi. Setiap season-nya, sosok Po akan bertambah kuat hingga ia akan benar-benar menjadi sosok pendekar dengan kekuatan naga. Film ini akan sangat memotivasi hingga menghibur.

Itulah di antaranya sederet rekomendasi film kartun terbaik yang seru untuk ditonton bareng anak. Gimana sudah kepikiran mau nonton film kartun, yang mana?


REKOMENDASI
TRENDING