FILM INTERNASIONAL

Bosan Dengan Film-Film Fiksi? Berikut Rekomendasi Film Dokumenter di Netflix!

Kamis, 16 September 2021 22:31 Penulis: Editor KapanLagi.com

Crime Scene: The Vanishing of the Cecil Hotel (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Netflix tampaknya belum puas dengan sederet film dan serial original mereka. Serial dokumenter juga ikut meramaikan platform streaming paling besar di dunia ini. Recommend banget nih untuk kamu yang bosan bergelut dengan segala intrik dalam film dan series. Film dokumenter biasanya disajikan untuk menguak sisi gelap, misteri maupun detail suatu perkara melalui sudut pandang berbagai pihak. Seperti, tim forensik, penjual ikan, polisi maupun gambaran sang pelaku pembunuhan sendiri.

Dibuat dengan tujuan untuk pembelajaran atau mempertahankan jejak sejarah, film dokumenter biasanya menampilkan detail kehidupan atau kejadian secara gamblang. Film dokumenter telah berevolusi secara cepat. Pada awalnya, durasi film dokumenter hanya satu menit atau bisa saja kurang. Sekarang telah berevolusi besar-besaran yang durasinya menyerupai film-film biasa. Kategori film dokumenter lumayan beragam. Mulai dari educational, observational, dan docufiction. Kategori educational, merupakan genre film yang informatif dan berpengaruh. Observational sendiri biasanya mengusung hal spesifik dan penjelasan secara detail. Sedangkan docufiction memiliki pengertian agak berbeda, Docufiction merupakan gabungan dari dokumen dan fiksi. Jadi bisa saja film dokumenter ini mengangkat cerita nyata namun dibumbui dengan cerita fiksi untuk membuatnya lebih menarik.

Film dokumenter secara tidak langsung meningkatkan pengetahuan para penontonnya.Salah satu di antaranya adalah sebagai sumber untuk mengajar. Kelebihan lainnya adalah mengubah paradigma masyarakat luas. Meskipun memang terkadang bias dengan sudut pandang yang dipertontonkan, film dokumenter berhasil menyedot perhatian publik untuk menjawab segala misteri, penyebab atau efek yang ditimbulkan melalui sebuah kejadian maupun mankind activities. Lantas apa saja sih film atau serial dokumenter yang tayang di Netflix? Simak ulasannya berikut.

1. Conversations with A Killer: The Ted Bundy Tapes

Penjahat sekaligus casanova di kalangan wanita pada zamannya, kisah Ted Bundy siap menemanimu lewat Netflix. Ted Bundy setidaknya telah mengakui membunuh 30 orang. Sebelum dibunuh, Ia memperkosa para korbannya yang kepincut tampang ganteng seorang Ted Bundy. Ia pintar dalam memanfaatkan wajah gantengnya untuk menggoda para wanita. Tak kaget, seluruh korbannya adalah perempuan. Ia bahkan memenggal kepala korbannya dan ini disimpan di suatu tempat.

Sama halnya seperti film dokumenter pada umumnya, serial dokumenter ini akan memfokuskan kalian tentang motif pelaku dalam membunuh. Berdurasi selama 60 menit, serial ini menyajikan kronologi kehidupan Bundy. Tak hanya itu, tindakan kriminal, penangkapan dan kaburnya dari penjara. Tim produksi pastinya tak ingin membuang kesempatan untuk menggarap film dokumenter ini. Para korban Ted juga ‘memberikan wawancara tentang situasi mereka saat itu. 

 

 

2. Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel

Tragedi kematian Elisa Lam, pelajar asal Kanada sempat menghebohkan publik pada tahun 2013. CCTV Hotel Cecil menunjukkan kejadian aneh Elisa saat berada di lift. Pintu lift tidak ditutup dan Ia diduga sedang berbicara dengan seseorang yang tak terlihat. Gerak-geriknya mencurigakan dan aneh. Ia berulang kali keluar masuk lift, kemudian menghilang. Tubuhnya ditemukan dalam tank air di atap hotel 19 hari setelah Ia dinyatakan menghilang. 

Beberapa orang menganggap cuplikan CCTV tersebut merupakan kejadian supernatural dan kematian Elisa masih menyimpan banyak misteri. Hal inilah yang mendorong sutradara Joe Berlinger untuk mengangkat cerita ini menjadi serial Netflix. Dilansir dari Radio 1 Newsbeat, Joe menerangkan, “Kejadian ini sudah banyak diceritakan sebelumnya, bagi sebagian penonton ini adalah cerita yang menarik untuk ditonton.. Namun, bagi orang yang mengalaminya, kejadian ini adalah momen terburuk dalam hidup mereka. Hal ini nyata untuk Elisa dan keluarganya.” Serial dokumenter ini menguak kematian Elisa dan segala kejadian janggal melalui analisis dari berbagai pihak, sebut saja manajer hotel Cecil saat itu, ahli bahasa tubuh hingga keluarga. Buntut dari kejadian mengerikan ini, Hotel Cecil masih tutup hingga saat ini. Ingin lihat detailnya? Simak lebih lanjut di Netflix!

 

 

 

3. Seaspiracy

Bagaimana perasaanmu saat melihat lautan? Pasti damai dan refreshing, bukan? Namun serial Netflix yang satu ini akan mematahkan pandanganmu saat itu juga. SEASPIRACY merupakan film dokumenter yang membuat penontonnya menganga. Bagaimana tidak, film ini membuktikan bagaimana aktivitas manusia bisa menghancurkan laut. SEASPIRACY menyajikan dampak pemancingan ikan secara komersial. Membahas tentang dampak industri kepada lautan, film yang berdurasi kurang lebih 90 menit ini mendorong masyarakat untuk mengurangi dan tidak mengonsumsi ikan. 

Disutradarai oleh Ali Tabrizi dan di-backing oleh aktor populer, Leonardo DiCaprio, SEASPIRACY berhasil menyedot perhatian publik. Film ini juga sukses mengetuk atensi para selebriti seperti Bryan Adams yang mendorong para fansnya untuk menonton dan  berhenti mengkonsumsi ikan. Meskipun menuai beragam respon publik, film dokumenter ini berhasil nangkring di Top 10 film paling banyak ditonton di Netflix. Penasaran nggak nih? Lanjut aja nonton di Netflix ya!

Film dokumenter memang bukan genre baru dalam dunia perfilman, jadi tak ada salahnya menonton salah satu di antaranya untuk menambah referensi film kamu. Belum lagi banyak pengetahuan baru yang pastinya akan membuatmu lebih paham tentang penyebab dan akibat suatu kejadian. Seiring dengan banyaknya film dokumenter yang Netflix tayangkan, bukan tidak mungkin bahwa pengaruhnya juga akan beragam pada publik. Selamat menonton ya!

Ditulis oleh Adelia Dewi Masita

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING