FILM INTERNASIONAL

8 Rekomendasi Film Psikologi dan Drama Buat Healing, Bikin Makin Sadar Tentang Kesehatan Mental

Rabu, 06 April 2022 19:11

Rekomendasi Film Psikologi (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Rekomendasi film psikologi menyajikan kisah tentang persoalan emosi, kesehatan mental ataupun kepribadian seseorang. Di mana selain bisa menikmati alur cerita yang menarik, kalian bisa mengambil pesan berharga tentang pentingnya kesehatan mental seseorang.

Terdapat beragam judul film yang membahas tentang persoalan psikologi. Mulai dari kecemasan, ketakutan, trauma, hingga kepribadian semua tersaji begitu menarik dengan visualisasi yang keren banget.

Nggak hanya bisa bikin kalian healing, rekomendasi film psikologi di bawah ini dapat mewakili perasaan kalian yang mungkin merasakan kisah serupa. Selain itu rekomendasi film psikologi juga bikin kalian makin sadar tentang kesehatan mental sehingga menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama.

Nah, berikut ini terdapat rekomendasi film psikologi dan drama buat healing. Penasaran apa saja rekomendasi film psikologi tersebut? Yuk cek di sini KLovers.

1. 'JOKER'

Rekomendasi film psikologi pertama yang akan dibahas adalah JOKER. Kalian tentunya sudah sangat familiar dengan karakter Joker yang pernah muncul dalam film BATMAN. Namun kali ini film JOKER berfokus pada karakter utamanya yakni Joker. Film ini rilis tahun 2019 lalu dengan rating cukup tinggi yakni 8.4 menurut IMDb.

Film JOKER diperankan oleh Joaquin Phoenix yang memainkan tokoh Arthur Fleck atau Joker itu sendiri. Kisahnya bermula ketika Arthur Fleck mengidap kelainan otak. Hal ini membuatnya tidak bisa mengendalikan dirinya saat tertawa ataupun menangis. Pengobatan akhirnya dijalani untuk penyakitnya tersebut. Suatu ketika Arthur mengalami kejadian tidak mengenakan ketika ia dikeroyok anak jalanan bahkan mencuri papannya.

Di sinilah Arthur bertemu rekannya yang kemudian memberikan pistol sebagai alat perlindungan. Namun ia harus menghadapi hidup pahit lagi saat mengalami perundungan dan bentuk kejahatan lainnya. Inilah yang mengubah diri Arthur jadi sosok jahat bahkan siap membalas dendam orang-orang yang dulu pernah menyakitinya. Film JOKER termasuk rekomendasi film Psikologi yang sangat bagus kalian tonton untuk memahami pentingnya kesehatan mental bagi seseorang.

2. 'THE PERKS OF BEING A WALLFLOWER'

THE PERKS OF BEING A WALLFLOWER menjadi rekomendasi film psikologi yang juga sayang buat dilewatkan. Film ini dirilis tahun 2012 silam dengan sejumlah nama pemain populer seperti Emma Watson, Logan Lerman, Ezra Miller dan lainnya.

Sinopsis THE PERKS OF BEING A WALLFLOWER berkisah tentang Charlie remaja yang duduk di bangku SMA ini mengalami depresi lantaran sulit bersosialisasi dengan teman sekolahnya. Ia menjadi sosok yang introvert bahkan sempat mengalami perundungan.

Meski begitu ia akhirnya bisa menemukan teman dekatnya bernama Sam dan Patrick. Kedekatan antara ketiganya terjalin begitu erat. Hingga suatu ketika ternyata Charlie jatuh cinta dengan Sam. Namun depresi yang dirasakan Charlie akibat peristiwa masa lalu masih begitu menghantuinya.

3. 'BLACK SWAN'

BLACK SWAN menjadi rekomendasi film psikologi yang dirilis tahun 2010. Film BLACK SWAN diperankan oleh Natalie Portman, Mila Kunis, Vincent Cassel, Winona Ryder dan lainnya. Di mana sinopsis BLACK SWAN berkisah tentang karakter utamanya Nina Sayer yang berambisi mejadi ballerina terbaik.

Suatu waktu Nina Sayer bersiap tampil di pertunjukan dengan Swan Lake Tchaikovsky. Pertunjukkan tersebut direncanakan akan menampilkan seorang ballerina baru dengan dua karakter berbeda. Nina Sayer yang berambisi jadi ballerina ikut andil dalam pertunjukan. Namun Nina Sayer kurang memenuhi karakter yang dicari oleh sutradara. Sampai akhirnya pertunjukan tersebut mengubah diri Nina Sayer. Dirinya bahkan mengalami halusinasi dan delusi hingga tenggelam dalam sosok dua kepribadian sebagai white swan serta black swan. Pengen tahu kelanjutannya? Kalian bisa menjadikan film BLACK SWAN rekomendasi film psikologi terbaik yang sayang dilewatkan.

4. 'KILL ME HEAL ME'

KILL ME HEAL ME menjadi rekomendasi film psikologi dan drama Korea yang mengangkat tentang kepribadian ganda yang dimiliki pemeran utamanya. Film ini dirilis pada tahun 2015 silam. Di antara daftar pemain drama KILL ME HEAL ME yakni Ji Sung, Hwang Jung-Eum, Parks Seo-Joon dan lainnya.

Sinopsis KILL ME HEAL ME berkisah tentang Cha Do-hyun yang memiliki tujuh kepribadian sekaligus. Ia pun berjuang mengatasi permasalahan ini dengan menjalani berbagai terapi. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya mengatasinya. Sampai akhirnya Cha Do-hyun bertemu psikiater yang bisa membantunya mengendalikan kepribadian gandanya tersebut. Bagaimana akhir kisahnya? KILL ME HEAL ME hadir dengan 20 episode.

5. 'IT'S OKAY NOT BE OKAY'

IT'S OKAY NOT BE OKAY juga menjadi drama Korea yang mengangkat persoalan kesehatan mental. Rekomendasi film psikologi dan drama berjudul ITS OKAY NOT BE OKAY dirilis pada 2020 lalu. Terdiri dari para pemain populer di antaranya Kim Soo-hyun dan Seo Ye-Ji, drakor IT'S OKAY NOT BE OKAY begitu sukses raih rating tinggi.

Sinopsis IT'S OKAY NOT BE OKAY berkisah tentang seorang perawat di sebuah rumah sakit kejiwaan bertemu dengan penulis buku anak-anak. Namun sang penulis diketahui memiliki trauma masa lalu yang mengubah kepribadiannya. Begitu juga dengan sang perawat rupanya juga punya trauma tersendiri. Tidak disadari rupanya sang perawat dan penulis memiliki kisah saling berkaitan di masa lalu. Drakor bertema psikologi ini bakalan membuatmu terbawa emosi melihat peran para pemainnya yang sangat keren. Nggak heran jika IT'S OKAY NOT BE OKAY termasuk drakor psikologi terbaik.

6. 'INSIDE OUT'

Buat kalian penggemar film animasi, nggak ada salahnya nonton INSIDE OUT yang dirilis tahun 2015 silam. Film INSIDE OUT memiliki genre petualangan dan juga komedi. Menariknya lagi film INSIDE OUT termasuk rekomendasi film psikologi dengan rating cukup tinggi yakni 8.2.

Sinopsis film INSIDE OUT berkisah tentang Riley yang hidupnya berubah usai pindah ke tempat tinggal baru. Ia merasakan tidak bahagia bahkan sedih yang membuat emosinya labil. Film ini semakin menarik karena memainkan juga karakter yang mewakili emosi Riley yakni Sadness, Joy, Anger, Disgust dan Fear. Emosi tersebut membantu mengendalikan emosi dan tindakan Riley.

7. 'A BEAUTIFUL MIND'

A BEAUTIFUL MIND menjadi rekomendasi film psikologi yang terbilang cukup lama. Ya, film A BEAUTIFUL MIND dirilis tahun 2001 silam. Meskipun tergolong film lama, namun kisah A BEAUTIFUL MIND sangat seru kalian ikuti.

Sinopsis film A BEAUTIFUL MIND berkisah tentang John Nash yang memiliki skizofrenia paranoid. Padahal ia adalah seorang yang jenius. Pada akhirnya Nash harus menjalani sejumlah pengobatan di rumah sakit jiwa lantaran tidak dapat membedakan kehidupan nyata bahkan fantasi. Film A BEAUTIFUL MIND termasuk film psikologi terbaik yang diambil dari kisah nyata kehidupan John Forbes Nash.

8. 'HORSE GIRL'

HORSE GIRL menjadi rekomendasi film psikologi yang dirilis tahun 2020. Film ini diperankan oleh Alison Brie sebagai tokoh Sarah. Sementara itu sinopsis HORSE GIRL berkisah tentang kesehatan mental yang dimiliki oleh seseorang.

Sarah dikenal sebagai gadis pemalu, pendiam serta introvert. Ia pun menjalani kehidupan yang begitu monoton setelah bekerja yakni lebih banyak di rumah untuk nonton serial saja. Selain itu ia juga memiliki hobi membuat gelang. Suatu ketika ia justru mengalami banyak keanehan dalam dirinya saat sering mendengar suara seseorang. Akan tetapi ia sebenarnya hanya seorang diri. Hingga akhirnya ia harus mendapatkan perawatan di rumah sakit jiwa karena kondisi mentalnya yang semakin serius.

Itulah sederet rekomendasi film psikologi yang cocok dijadikan healing. Sehingga bisa membantu kalian menyadari betapa pentingnya kesehatan mental.


REKOMENDASI
TRENDING