Si Kuning Dalam 'POWER RANGERS' Jadi Superhero LGBT Pertama

Kamis, 23 Maret 2017 17:35 Penulis: Agista Rully
Si Kuning Dalam 'POWER RANGERS' Jadi Superhero LGBT Pertama © digitalspy.com

Kapanlagi.com - Hollywood nampaknya semakin berani mengambil langkah melawan diskriminasi terhadap golongan tertentu. Hal ini bisa dilihat dari kemenangan pertama seorang aktor Muslim Mahershala Ali dalam gelaran Oscar tahun 2017 beberapa waktu lalu. Juga kemenangan aktris kulit hitam Viola Davis di ajang serupa.

Tak hanya itu, beberapa film Hollywood juga mulai berani mengangkat isu LGBT secara terang-terangan. Seperti beberapa potongan adegan dalam film terbaru Disney BEAUTY AND THE BEAST. Bila dalam BEAUTY AND THE BEAST isu LGBT tak terlalu kentara, maka berbeda dengan POWER RANGERS.

Becky G, pemeran ranger kuning yang menjadi wakil golongan LGBT © digitalspy.comBecky G, pemeran ranger kuning yang menjadi wakil golongan LGBT © digitalspy.com

Dalam film arahan Dean Israelite ini, terdapat superhero lesbian pertama yang muncul di layar lebar secara terang-terangan. Karakter lesbian ini diperankan oleh Becky G sebagai Trini, si ranger kuning. Karakter LGBT ini ditunjukkan saat Trini tengah menghadapi permasalahan romansa, dalam dialog Trini menyebutkan bahwa masalah ini timbul antara dia dan pacarnya yang seorang wanita.

"Trini sebetulnya menanyakan banyak hal tentang dirinya sendiri. Dia belum menyadari orientasi seksualnya secara penuh." terang Dean Israelite dikutip dari The Hollywood Reporter. "Power Rangers selalu menjadi perwakilan keberagaman. Mereka selalu jadi yang terdepan soal perbedaan. Dan aku pikir Trini belum menemukan jati dirinya sendiri karena dia belum mencintai dirinya sendiri sepenuhnya dan tidak mau menerima siapa dia sebenarnya." imbuh Dean.

Lima pemuda pembela kebenaran dalam POWER RANGERS © screenrant.comLima pemuda pembela kebenaran dalam POWER RANGERS © screenrant.com

Sebelumnya beberapa karakter superhero seperti Ice Man dan juga Harley Quinn juga termasuk karakter yang merepresentasikan LGBT. Hanya saja dua karakter ini tidak menunjukkan orientasi LGBT mereka secara terang-terangan. Berbeda dengan pengakuan Trini dalam film yang rilis pada 24 Maret 2017 ini.

Kemunculan karakter Trini ini dianggap sebagai hal yang baru bagi para penggemar Power Rangers. Sebab dalam versi 90-an, semua ranger digambarkan sebagai karakter straight karena isu LGBT pada saat itu masih tabu. Bahkan seorang pemeran Ranger Biru dalam POWER RANGERS MIGHTY MORPHIN sempat dibully karena mengaku gay.

David Yost, pemeran Ranger Biru era 90-an yang mengaku gay di kehidupan aslinya © digitalspy.comDavid Yost, pemeran Ranger Biru era 90-an yang mengaku gay di kehidupan aslinya © digitalspy.com

"Mereka benar-benar membuat terobosan. Kupikir banyak orang dari komunitas LGBT akan sangat senang melihat representasi dalam Power Rangers." ujar David Yost, pemeran ranger biru versi 90-an dikutip dari screenrant.com. Well, Hollywood memang sekarang jadi lebih terbuka pada perbedaan ya KLovers?

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully


REKOMENDASI
TRENDING