Perjuangan Mariah Carey Melawan Bipolar Disorder Tipe II Selama Dua Puluh Tahun

Jum'at, 13 April 2018 21:23 Penulis: Rezka Aulia
Perjuangan Mariah Carey Melawan Bipolar Disorder Tipe II Selama Dua Puluh Tahun Mariah Carey. (Cr: Instagram.com/mariahcarey)

Kapanlagi.com - Pop star Mariah Carey akhirnya buka suara tentang perjuangan melawan bipolar disorder yang ia alami. Mariah telah menutupi kondisinya selama dua dekade ini.

"Aku tengah berada di kondisi amat baik saat ini, aku sudah merasa nyaman mendiskusikan perjuanganku melawan bipolar disorder tipe II," jelas Mariah pada majalah People.

"Aku berharap kita bisa melawan stigma negatif dari masyarakat tentang kondisi bipolar disorder. Perjuangan tanpa disertai dukungan orang sektar bisa sangat sulit. Aku tak ingin (stigma masyarakat) mendikte atau mengontrolku," terang Maria lebih lanjut.

Mariah Carey membagi kisah perjuangan bipolarnya melalui interview dengan People. (Cr: instagram.com/mariahcarey)Mariah Carey membagi kisah perjuangan bipolarnya melalui interview dengan People. (Cr: instagram.com/mariahcarey)

Menurut National Institutes of Mentah Health USA, bipolar disorder tipe II adalah kondisi kesehatan mental yang sering mengalami perubahan mood extrem dari bahagia ke sedih secara cepat. Berbeda dengan bipolar tipe I, yang membuat penderita mengalami perubahan dalam fase cukup lama, bipolar tipe II membuat perubahan emosi dalam waktu singkat. Namun yang pasti kondisi bipolar pasti membuat gangguan pola tidur, penurunan energi, dan perilaku bagi penderitanya.

Mariah Carey memaparkan kondisi ini pada majalah People tahun 2001 lalu. Pada kala itu ia bahkan sempat dirawat di RS karena mengalami perubahan kondis fisik dan emosi yang ekstrim. Namun ia tak mau mempercayai dirinya terkena bipolar dan terus melakukan penyangkalan.

Setelah perjuangan yang cukup panjang akhirnya Mariah Carey siap menghadapi kondisinya dan memilih melakukan perawatan.

"Aku masih bertahan dalam penyangkalanku hingga baru-baru ini, aku sangat takut bila seseorang akan membongkar kondisiku," ungkap Mariah Carey. "Hal ini adalah beban berat yang harus kutanggung dan aku tak bisa lagi menyimpannya. Aku mencari perawatan, mengelilingi diriku dengan energi positif dan kembali melakukan hal yang ku suka yaitu menulis lagu serta bermusik."

Tak hanya Mariah Carey yang akhirnya membuka kondisinya kepada publik. Baru-baru ini terdapat pula selebriti Hollywood yang berbagi kondisi kesehatan mental mereka, termasuk model Chrissy Teigen.

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia


REKOMENDASI
TRENDING