HOLLYWOOD

Pneumonia, Penyakit Yang Diderita Stan Lee Sebelum Meninggal Dunia

Selasa, 13 November 2018 11:20 Penulis: Sora Soraya

Stan Lee © Shutterstock

Kapanlagi.com - Meninggalnya Stan Lee menjadi kabar duka bagi kita semua. Sosok yang dikenal sebagai pencipta karakter Marvel ini dilaporkan tutup usia pada Senin (12/11) kemarin di rumah sakit bernama Cedars Sinai Medical Center, Los Angeles.

Hingga saat ini penyebab kematian Stan Lee belum juga diketahui. Namun, semasa hidupnya ternyata Stan Lee sempat berjuang melawan penyakit pneumonia. Setidaknya selama setahun terakhir, sang legenda dilaporkan menderita penyakit yang disebabkan oleh polusi udara ini.

1. Pengakuan Stan Lee

Hal ini sebelumnya sempat dikonfirmasi langsung oleh Stan Lee melalui sebuah video yang ia kirimkan melalui TMZ. Di sanalah ia menyapa para fans Marvel dan menjelaskan seperti apa kondisinya.

"Halo para pahlawan! Ini Stan Lee. Belakangan ini aku tak bisa berinteraksi dengan kalian. Aku sedang berjuang melawan pneumonia, tapi sepertinya sudah mulai membaik," jelas Stan Lee dalam video yang dirilis pada awal Maret lalu itu.

2. Salam Rindu Untuk Fans

Tidak hanya berhenti sampai di situ saja, lewat video yang sama Stan Lee juga sempat menyampaikan salam rindunya pada para fans. Secara tulus ia mengaku sangat merindukan support dan histeria fans Marvel saat bertemu dengannya.

"Aku ingin kalian semua tahu kalau aku selalu memikirkan kalian, tentu saja aku selalu memikirkan para fans, dan aku berharap kalian semua baik-baik saja, aku rindu kalian semua. Aku rindu antusiasme kalian, catatan, foto, dan juga email yang kalian kirimkan. Aku ingin kalian tahu kalau aku masih mencintai kalian semua," akunya.

Ia pun menambahkan salam favoritnya di akhir video, "Mungkin jika pneumonia ini sudah sembuh, kita pasti bisa bersenang-senang lewat internet. Sampai saat itu tiba, excelsior!"

3. Apa Itu Pneumonia?

Tentu banyak yang penasaran apa itu sebenarnya penyakit pneumonia. Dikutip dari banyak sumber, pneumonia atau yang lebih akrab disebut sebagai paru-paru basah adalah infeksi yang memicu peradangan pada kantong udara yang ada di paru-paru penderitanya.

Gara-gara peradangan itulah, nantinya paru-paru si penderita akan membengkak karena dipenuhi oleh cairan berupa lendir. Yang lebih memprihatinkan lagi, pneumonia bisa menyerang siapapun, sangat berbahaya, dan bisa mengakibatkan kematian.

Gejala yang biasa dialami oleh para penderita pneumonia awalnya berupa batuk berdahak, deman, berkeringat, menggigil, nafsu makan berkurang, detak jantung terasa cepat, hingga kesusahan bernapas. Pada mereka yang sudah mulai parah, terkadang juga disertai batuk berdarah, mual, dan muntah-muntah.

Mereka yang masih bayi di antara 0-2 tahun hingga lansia di atas 65 tahun punya risiko lebih banyak untuk terserang penyakit ini. Terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat stroke dan penyakit kronis lainnya, kebiasaan merokok, dan menjalani pengobatan kanker.

Apakah mungkin pneumonia inilah yang menjadi penyebab kematian Stan Lee? Well, simak terus update-nya hanya ada di KapanLagi.com®!

(kpl/sry)

Editor: Sora Soraya


REKOMENDASI
TRENDING