HOLLYWOOD

Si Bintang 'HAMLET' Tutup Usia

Minggu, 24 Januari 2010 18:05 | 

Jean Simmons






Kapanlagi.com - Jean Simmons, aktris Inggris yang menjadi lawan main aktor Laurence Olivier di film HAMLET dalam karirnya selama 60 tahun, meninggal dunia di California Jumat (22/1) malam.

Aktris berusia 80 tahun yang menderita kanker paru-paru itu meninggal di rumahnya di Santa Monica Jumat malam waktu setempat, kata agennya, Judy Page, seperti dikutip Koran Los Angeles Times, Sabtu (23/1).

Simmons, yang dilahirkan di London, Inggris, memulai karir aktingnya di Inggris saat remaja. Belakangan ia pindah ke Amerika Serikat untuk berperan di berbagai film seperti film musikal GUYS AND DOLLS bersama Marlon Brando dan Frank Sinatra, dan SPARTACUS arahan Stanley Kubrick, bersama Kirk Douglas, pada 1960.

Simmons dicalonkan sebagai peraih Oscar untuk kategori aktris pendukung terbaik buat perannya sebagai Ophelia di film HAMLET pada 1948. Ia juga merupakan nominasi aktris terbaik buat perannya di dalam THE HAPPY ENDING, film tahun 1969 yang disutradarai suami keduanya, Richard Brooks.

Perkawinannya dengan Brooks berakhir dengan perceraian pada 1977. Ia menikah dengan Brooks pada 1960, beberapa bulan setelah bercerai dengan dengan aktor Stewart Granger.

"Sebagai siswi tari yang berusia 14 tahun, ia dipilih dari sekolahnya untuk tampil sebagai saudari Margaret Lockwood dalam GIVE US THE MOON (1944)," demikian biografi aktris tersebut di jejaring film IMDb.COM.

Sampai 1980-an, ia terutama tampil dalam mini-seri TV dan meraih Emmy untuk perannya di dalam THE THORN BIRDS pada 1983. Simmons tampil kembali di film pada 1955 melalui HOW TO MAKE AN AMERICAN QUILT bersama bintang Winona Ryder dan Anne Bancroft.

Ia terakhir bermain sebagai saudara tua Sophie di dalam versi Inggris karya Hayao Miyazaki HAURU NO UGOKU SHIRO, film animasi 2004, kata IMDb.COM.

Simmons meninggalkan dua putri, Tracey Granger dan Kate Brooks, kata Los Angeles Times. Ia tinggal di Santa Monica bersama seorang anjing dua kucing peliharaannya, kata IMDb.COM.    (ant/bun)


Nama :
Email :
Komentar :
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)


Lihat Arsip Hollywood

- - -