SELEBRITI

Ardhito Pramono Jalani Asesmen di BNN, Bakal Direhab Atau Tidak?

Selasa, 18 Januari 2022 18:14

Ardhito Pramono tertangkap narkoba ©KapanLagi.com/Sahal Fadhli

Kapanlagi.com - Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba, Ardhito Pramono akan menjalani assesmen di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta. Hal tersebut dilakukan demi mengetahui kondisi fisik dan psikis akibat penyalahgunaan narkoba dari aspek sosial dan medis.

"Mau ke BNNP," ucap Ardhito singkat sambil berjalan ke arah mobil, saat ditemui di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (18/1).

Selama beberapa hari ini ditahan, musisi 26 tahun ini mengaku kalau kondisinya dalam keadaan sehat. Dia tak mau bicara saat ditanyakan terkait kasus yang dihadapinya.

"Sehat, sehat," tandasnya.

1. Jalani Asesmen

Sementara itu, kuasa hukum Ardito, yakni Adityo Ramadhan membenarkan kalau kliennya akan menjalani proses asesmen.

"Dhito udah swab ya pagi ini, hasilnya negatif. Kita mudah-mudahanan hasilnya bagus assesment-nya," tutup Adityo Ramadhan.

Nantinya, setelah dilakukan pemeriksaan di BNNP, hasilnya akan diberikan kepada pihak kepolisian, apakah Ardhito bakal menjalani rehabilitasi atau ditolak dan tetap ditahan di Polres Metro Jakarta Selatan.

2. Narkoba Jenis Ganja

Seperti yang diketahui, Ardhito Pramono ditangkap polisi karena kedapatan memakai ganja. Dan saat ditangkap, beberapa barang bukti juga ikut diamankan oleh polisi, seperti ganja seberat 4,8 gram dan juga 21 pil Alprazolam dengan resep dokter.

Narkoba jenis ganja bukanlah barang baru yang digunakan Ardhito Pramono dalam hidupnya. Rupanya, suami Jeanneta Sanfadelia sudah dari tahun 2011 menggunakannya. Hal tersebut disampaikan Ardhito pada polisi saat ditanyakan tentang alasannya mengkonsumsi narkoba.

"Tersangka AP mengenal ganja sejak tahun 2011, dan mulai aktif mengkonsumsi ganja sejak tahun 2020, tersangka menerangkan bahwa mengkonsumsi ganja tersebut adalah agar merasa lebih tenang dan lebih rileks," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol E Zulpan di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/1).

3. Dipakai Sendiri

Dari penangkapan Ardhito Pramono, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa ganja dengan berat 4,8 gram serta barang bukti lainnya. Dari pengakuannya, ganja yang dimiliki itu untuk dikonsumsinya sendiri.

"Kepemilikan ganja adalah untuk dikonsumsi sendiri dan habis pakai," pungkasnya.

Seperti diberitakan, Ardhito Pramono diamankan Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat di kediamannya di kawasan Jakarta Timur. Dia ditangkap Rabu tanggal 12 Januari 2022 sekitar jam 02.00 WIB dengan barang bukti narkoba jenis ganja.

4. Barang Bukti

Dalam penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa ganja dengan berat 4,8 gram serta barang bukti lainnya.

"Dua paket plastik klip berisi narkotika jenis ganja memiliki berat brutto 4,80 gram, 1 bungkus kertas vapir, 21 butir pil Alprazolam dengan resep dokter, dan 1 buah iPhone 12 mini warna biru," katanya.

Atas perbuatannya itu, Ardhito Pramono diganjar pasal Pasal 127 ayat (1) huruf (a) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun.

5. Kronologi

Pihak kepolisian akhirnya mengungkap kronologi penangkapan artis Ardhito Pramono, yang diamankan Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat pada Rabu, 12 Januari 2022 pada pukul 02.00 WIB di kawasan Klender, Jakarta Timur.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan dilakukan tes urine dengan hasil positif ganja, status lelaki berusia 26 tahun itu naik jadi tersangka. Polisi berhasil mengamankan sang artis lantaran informasi dari masyarakat yang menyebut jika ada seorang laki-laki yang melakukan penyalahgunaan narkoba.

"Selanjutnya pada hari Rabu, tanggal 12 Januari 2022 sekitar jam 02.00 WIB, di salah satu rumah wilayah Klender Jakarta Timur, petugas mengamankan tersangka Ardhito Pramono alias AP yang diketahui public figure dan dilakukan penggeledahan badan dan rumah tersangka ditemukan barang bukti tersebut diatas," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol E Zulpan di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/1).


REKOMENDASI
TRENDING