SELEBRITI

Charly Van Houten Menangis Usai Lihat Video Anggota Satpol PP Hancurkan Ukulele

Selasa, 08 Juni 2021 21:15 Penulis: Sora Soraya

Charly Van Houten © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Video salah satu anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pontianak menghancurkan alat musik ukulele viral di media sosial. Aksi tersebut mendapat kritik dari kalangan musisi, salah satunya Charly Van Houten.

Vokalis grup musik Setia Band itu mengaku sampai meneteskan air mata ketika melihat video salah satu anggota Satpol PP Pontianak menghancurkan alat musik ukulele. Menurutnya, yang dilakukan oleh petugas tersebut merupakan tontonan yang menyakitkan bagi kalangan musisi.

"Apapun alasannya, sudah menjadi tontonan yang menyakitkan bagi seniman, musisi gitu kan. Apalagi di masa pandemi seperti ini, seniman musisi sedang mati suri gitu. Terus melihat salah satu alat figur sebagai cangkul dari para musisi itu diperlihatkan, dipertontonkan, dihancurkan. Apa nggak ada cara yang lebih tepat gitu?" kata Charly Van Houten saat dihubungi, Selasa (8/6).

1. Pandangan Charly

Charly mengatakan masih ada cara lain untuk mengamankan alat musik pengamen yang terkena razia. Yang penting alat musik tersebut tidak dihancurkan begitu saja.

"Kan harusnya nggak seperti itu. Ini yakin menyinggung semuanya gitu. Ini tidak layak sekali, tidak mengedukasi, tidak baik. Bisa aja dirawat gitarnya, dikasih ke sanggar, kalau pun alasannya dua tahun tidak diambil, kan tidak mesti dihancurkan, dan itu alat musik dan alat seni," katanya.

2. Harapan Charly

Bagi Charly semua alat seni termasuk ukulele merupakan barang yang tidak ternilai harganya. Supaya tidak terjadi kejadian yang sama, Charly berharap pemerintah bisa memberikan ruang untuk pengamen jalanan supaya bisa menunjukkan bakatnya terutama di bidang musik

"Karya seni yang tidak ternilai harganya. Jadi bukan hanya ukuran sesederhana itu. Bahwa itu hanya ukulele, gitar, bukan hanya segitu. Semoga ini membuka dorongan menjadi edukasi yang baik," kata Charly.

"Bagi pemerintah juga supaya memperhatikan anak-anak jalanan, temen-temen jalanan yang ngamen, dan segala macam memberikan wadah dan ruang. Harusnya pembinaannya bener-bener harus serius gitu lho. Jangan sampai hanya sebatas seperti itu," tutupnya.


REKOMENDASI
TRENDING